Checkking injection pump

Ok masbro dan mbaksis sekalian...
Kalau ada mobil yang datang (untuk konsultasi atau servis), yang harus kita perhatikan terlebih dahulu adalah suaranya, lalu asapnya, kemudian jangan lupa dibuka tutup klep (tempat biasa mengisi oli). untuk memastikan penyakit yang diderita oleh mesin / mobil tersebut.
http://kendhou.blogspot.co.id/2014/12/checkking.html
1. SUARA

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan tentang suara mesin, Apakah suaranya lembab (kurang kering), kering atau malah kasar. karena dari suara2 tersebut kita bisa mendapatkan gambaran awal keluhan pada mesin. Kemudian pada saat digas, apakah suaranya normal mengikut setiap tarikan gas yang kita lakukan.

2. ASAP

Asap pada mesin diesel seharusnya tipis kehitaman, tapi jika warnanya kelabu ataupun putih, berarti ada yang kurang beres pada mesin atau pompa injeksinya (termasuk nosel atau injector).

Sekarang kita beranggapan seolah-olah ada mobil atau mesin yang hendak kita periksa.
Pertama-tama, so pasti dihidupkan terlebih dahulu mesinnya...
JIKA....

- Hidupnya susah, asap putih dan suaranya lembab atau tidak kering sama sekali. Kalo dari Pompa Injeksi, cek derajat timing (nahpur), bisa jadi nahpurnya mundur dari standar seharusnya. Kemudian cek topnya, kemungkinan top Pompa Injeksi kurang tepat (mundur 1 mata atau lebih). Jangan lupa buka tutup klep, jika terdapat angin yang kencang dengan asap putih, perbaiki dahulu bagian blok silinder (piston, ring dan teman2nya hehehe)

- Hidupnya mudah, asap putih
kalau suaranya lembab, bisa jadi nahpurnya kurang maju.
kalau suaranya pincang, cek pada noselnya. kemungkinan ada yang kehilangan tekanan, pecah atau retak.
Sekali lagi cek blok silindernya

 - Suara kering, tetapi pincang. Hal ini bisa disebabkan oleh settingan pada Pompa Injeksi tidak rata. Ataupun bahkan Plunjer/Element sudah aus atau cacat.

- Suara kasar
Suara kasar bisa terjadi akibat nahpur yang terlampau maju, bisa pula karena top Pompa Injeksi yang kelebihan 1 mata atau lebih. jika pada Pompa injeksi jenis Rotary, coba cek pressure control valve, biasanya diketok terlalu dalam.

- Suara kasar nglatak, paling sering diakibatkan oleh nosel yang macet, bisa juga terjadi karena ada angin pada bahan bakar/solar.

- Suara dan asap normal, tetapi mesin tidak bisa mengikuti tarikan gas yang kita lakukan. maka hampir bisa dipastikan masalah terjadi pada Pompa Injeksinya.

LAIN-LAIN

- Jika mesin "ngabur" atau ngegas terus tidak bisa kecil, coba cek pada governor karena bisa jadi governor macet atau mur kancing governor pada as Pompa Injeksi kendur. jika bukan pada governor, maka ada kemacetan pada Element/Plunjer. (Hal yang paling sepele pada masalah ini adalah per tuas gas putus atau lepas)

- Pada type Rotary, jika suara dan asap normal, tetapi hidupnya susah dan rpm rendah/langsam mesin mati maka bisa dipastikan 80-90% Rotor Head/Element aus dan harus diganti.

- Pada beberapa Pompa Injeksi Rotary, jika tidak mau digas padahal hiupnya mudah, biasanya ada penyumbatan/kotor pada filter dibawah nipel masuk bahan bakar (Rhyno ET, Kijang LGX, Kuda, Ford Ranger dll). Jika tidak mau digas dengan asap putih (untuk semua type) kontrol filter solarnya.

- Pada beberapa kasus tertentu, ada Pompa Injeksi yang minta diloncatkan maju 1 mata pada top injeksinya. Hal ini bisa diakibatkan noken pada as Pompa Injeksi aus.

- Pada type Rotary Toyota Rhyno 14B, penyakit yang khas adalah ausnya As dan Camplate yang mengakibatkan suara "mbrebet" dengan asap putih yang terus muncul di rpm tanggung hingga tinggi.

- Pada Rotary Panther 2,5. penyakit khasnya adalah patahnya Spring Rotor Head, jika hal ini terjadi maka mesin tidak bisa digas dan pincang pada langsamnya.

- Pada Rotary Panther 2,3, penyakit khas adalah macetnya nosel, gejalanya seperti yang kita tulis diatas (suara ngelatak).

- Rpm rendah normal, suara dan asap normal tetapi hidupnya harus digas, bisa jadi karena governor yang diset terlalu banyak.

Jika ada yang mau ngasih tambahan, dipersilahan....
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Checkking injection pump"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel