INTRODUCING

Untuk pertama kalinya, saya membuat blog dan saya mengisi blog ini dengan hal2 yang bersangkutan dengan profesi saya yaitu sebagai mekanik bengkel injeksi (injection pump) diesel. Tetapi bukan berarti saya akan mengisi blog ini hanya dengan materi2 tentang dunia injection pump mesin diesel, karena masih sangat banyak hal-hal lain yang ingin saya obrolkan dan bagikan disini.
Tapi terlebih dahulu saya ingin memperkenalkan diri saya.
Nama saya Ali Chaedar, terlahir di kota Jombang, Jawa Timur.

http://kendhou.blogspot.co.id/2014/12/introducing.html
Saya hanyalah seorang pekerja dengan status tamatan pendidikan yang tidak terlalu tinggi atau belum cukup untuk dibanggakan. Tetapi saya yakin ilmu pengetahuan bukan hanya didapatkan di dalam gedung sekolah, dan pengalaman yang akan menempanya menjadi lebih matang. Karena masih sangat banyak "guru-guru" tanpa titel di luar sana yang bisa kita jadikan pengisi dahaga kita akan ilmu.

Saya mengenal dan mempelajari injeksi bukan lewat kursus maupun "sekolah", tetapi belajar langsung dari bengkel tempat saya bekerja pertama kali (masih milik keluarga). Selanjutnya pengalamanlah yang mengajarkan saya lebih jauh.

Selain dunia Injeksi, saya termasuk orang yang selalu haus akan pengetahuan, meskipun tidak sampai level profesional, hal yang lain pun akan tetap berguna bagi kita dan saling berbagi adalah kunci agar ilmu-ilmu yang baru bisa "menghampiri" kita.

Di sela-sela waktu luang saya (di luar jam kerja), terkadang saya menservis Playstation meskipun hanya sebatas yang saya bisa, terkadang juga melayani Home Recording untuk band-band lokal (lagi-lagi dengan segala keterbatasan saya) ataupun yang lainnya.

Dari hal-hal itu, hati saya tergelitik untuk ngeblog dengan harapan blog ini bisa menjadi wadah bagi saya untuk berbagi beberapa hal yang pernah saya pelajari dan tentunya ilmu-ilmu lain yang ingin saya ketahui. Lebih tepatnya saya ingin menyebut blog ini sebagai tempat "CANGKRUK AN" dimana saya bisa berbagi dan belajar dengan lebih banyak orang, terutama master-master yang banyak ngeshare ilmunya di dunia maya.

Mungkin cukup segini kali ya perkanalan dari saya...

TIADA KATA TERLAMBAT UNTUK BELAJAR
SALAM PINTAR....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

7 Responses to "INTRODUCING"

  1. Kalo daihatsu hiline ga mau hidup padahal timingx sudah benar dan kompres sdh ad knp ya? Saya coba noksel diluar nembam semua tetapi begitu dipasang di headx mesinx tidak ad selh hidup sama sekali dan tidak ad asap pitihx seperti tidak nembak minyakx klo noksel dimasukka kedalam head? Kira2 apa yang harus dilakukan ya? Mohon penverahanx om broo heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau memang kompresi bagus, bisa dari rotor head yang lemah. Coba didorong, kalau lebih mudah hidupnya berarti head memang bermasalah.
      Cek busi pemanas, kalau ada yang sudah "mati". Lalu jangan lupa cek switch selenoid (yag ada di rotor head) pompa injeksi, pastikan tidak putus.
      susunan atau urutan selang yang tidak tepat juga bisa menjadi penyebab. Terakhir setelan derajat timing.
      Itu semua kalau dari faktor pompa injeksi sob, semoga membantu n salam kenal

      Delete
  2. Makasih sob infox salam kenal jg,blogx sangat bagus untuk sharing pengetahuan teknik! saya belum bisa mendorong mobilx karenamesin mobilx belum terpasang di rangka mobilx dan untuk busi pemanas sudah bagus semua,dan derajat rotor head jg sdh saya rubah" namun tidak ad selah hidupx jg, bahkan saya pancing dengan bensin pun tidak ad selah hidupx padahal rotor headx klo dicoba diluar nembak semua dan pemasangan selang"x jg sudah benar semua saya yakin karena saya nyontoh mesin hikine punya teman yg masih utuh dan hidup

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek ulang timingnya, kalau pemasangan tepat semua seharusnya bs hidup bila dipancing bensin. Meskipun rotor head dalam keadaan lemah.
      O iya, pompa injeksi dibongkar (servis) nggak sebelumnya?

      Delete
    2. Cek ulang timingnya, kalau pemasangan tepat semua seharusnya bs hidup bila dipancing bensin. Meskipun rotor head dalam keadaan lemah.
      O iya, pompa injeksi dibongkar (servis) nggak sebelumnya?

      Delete
    3. Ok bro mesinx sudah bisa hidup ternyata satuan timingx yg untuk crankshaft selisih satu mata, tapi knp ya hidupx berasap pedas dan hidupx harus dipancing bensin klo dingin susah sekali hidupx tp klo sdh panas aga gampang hidupx ? Pompa injeksix belum pernah bongkar tapi sebelumx pompa itu terpasang dimobil yang masih hidup dan hidupx normal dan gampang?

      Delete
    4. Proses hidup susah saat mesin dingin paling sering disebabkan oleh nosel yang kurang ngabut (karena memang sudah minta ganti, bisa juga karena tekanannya yang terlalu rendah).
      Untuk pompa injeksi coba dimajukan sedikit lagi setelan timingnya (menggeser pompa injeksi). Suara khas dari taft agak kasar saat langsam (idle), jika halus suaranya berarti timing pembakaran memang kurang maju. Semoga bisa dimengerti, Good Luck

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel