Penyakit2 injeksi yang sering terjadi

Lagi ujan deressss... mo liat TV bosen, mana ngeri gluduk bunyi terus. sambil nyantai2 gini kayaknya mending ngisi blog lagi nih...
Mikirin bahan buat ditulis bingung sendiri, kok tau2 kepikiran buat sharing dikit2 soal pompa injeksi.

Ok masbro, mbaksis n siapa ja yang baca, kali ini saya pengen sharing tentang "penyakit" khas yang biasa terjadi pada beberapa macam pompa injeksi.

1. Colt Diesel (PS100/PS120)

Pada Pompa Injeksi jenis ini, yang paling sering terjadi adalah Plunjer / Element yang cacat, terkadang kedaan Plunjer belum aus parah tetapi sudah ada cacat (berbentuk seperti bulan sabit atau sekilas agak seperti huruf R), dan jika hal ini terjadi bisa dijamin suara mesin mbrebet pada gas tanggungnya, sedangkan disaat langsam/pelan tanpa digas normal2 saja. Serta pada putaran tinggi pun tak tampak adanya keluhan.

Kemudian pada Nosel untuk tahun lama kode P3 (PS100 1984-1987) sering patah pada kaki jarum nosel. obatnya hanya satu... GANTI he he.

2. Rhyno 115

Kelemahan Pompa Injeksi ini pada As/Shaft Drive dan Camplate yang rusak. Gejalanya adalah mbrebet pada putaran sedang hingga tinggi dengan asap putih yang tebal keluar dari knalpot. Mungkin kita bisa mengakali dengan cara kita naikkan Timing pengapian (Nahpur) untuk mengejar keterlambatan minyak yang disebabkan ausnya As maupun Camplate. Tapi jika hal ini tak membuahkan hasil, hanya ada satu obatnya yaitu GANTI.

Sedangkan pada Rhyno 115 ET, ada penyakit tambahan yang sebenarnya sepele tapi jarang mekanik apalagi orang awam yang tau. Yaitu saringan/filter pada lubang masuk minyak/solar, saringan ini terletak di bawah nipel in Pompa Injeksi. Jika terjadi mobil tidak mau digas, sedangkan stelan yang ada tidak bermasalah, kita patut mencurigai yang satu ini, bersihkan... atau bila anda tidak mau repot2 lagi, buang saringan itu, jangan Pompa Injeksinya hihihihi....

3. Panther 2,3

Bila ada keluhan suara yang ngratak saat digas, semakin digas semakin keras suaranya maka kemungkinan besar Noselnya macet, GANTI!!!! Kemudian cek filter udaranya karena Panther type ini rawan terjadinya penumpukan kotoran pada filter udaranya, hal ini karena letak lubang masuk udara pada rumah filternya sangat terbuka.

4. Panther 2,5

Yang sering terjadi pada mobil ini adalah Spring Head patah, mengakibatkan mobil tidak mau digas, terkadang pincang pada langsamnya. Tapi Pincang pada putaran rendah mobil ini bisa juga diakibatkan oleh Stanggas/Shaft Sub Assy yang rusak pada lubang pernya.

5. Kuda, Kijang dan Ford Ranger

Keduanya mempunyai saringan yang letaknya persis dengan saringan Rhyno 115 ET, hanya bentuknya yang berbeda dengan ET. jika kotor hingga mesin susah untuk mencapai RPM sedang apalagi tinggi maka bersihkan.

Untuk kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada Pompa Injeksi tipe Rotary / VE bisa bisa lihat video di bawah ya sob


Mungkin hanya ini yang bisa saya share sementara waktu ini, bila ada yang memiliki masukan lain dipersilahkan untuk menambahkan di kolom komentar, karena berbagi tak akan membuat ilmu kita berkurang, bahkan bertambah...
Semoga bisa membantu dan
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Penyakit2 injeksi yang sering terjadi"

  1. sama persis gan sma penyakit ps120 saya. klw gas tanggung suara meain putus".
    solusi baiknya gmn gan. apakah harus ganti atw gmn mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar plunger pada Pompa Injeksi PS120 sob Yudiansyah telah cacat. Ini adalah "penyakit" khas dari Colt Diesel PS 120.
      Solusi yang paling tepat adalah melakukan penggantian plunger, jangan lupa untuk memeriksa bearing pada pompa injeksi. trims

      Delete
  2. Sangat membantu sekali . Terimakasih postingannya. Sangat bermanfaat.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel