Tahapan penting dalam perbaikan

Sebelum melakukan perbaikan pada pompa injeksi, akan lebih baik lagi jika kita melakukan beberapa langkah pemeriksaan, dan mencocokkan dengan apa yang dirasakan oleh pelanggan. Beberapa langkah sederhana namun akan memberikan dampak yang sangat positif bagi kedua belah pihak, mekanik dan pelanggan.

Hal-hal yang menurut saya cukup penting untuk dilakukan pada tahapan-tahapan servis atau perbaikan adalah sebagai berikut:

http://kendhou.blogspot.co.id/2014/12/pmeriksaan.html
1. Hidupkan mesin terlebih dahulu (jika "pasien" membawa mobil) untuk mendeteksi kerusakan pada mesin, dengarkan suara mesin dan sekitarnya, cek dan rasakan setiap putarannya (rendah, tanggung, hingga tinggi), perhatikan asap yang keluar dari knalpot, cek selang pernafasan mesin (breather).

2. Tanyakan keluhan yang dirasakan pelanggan, riwayat pemakaian dan lain2nya. walaupun kita sudah memeriksa dengan menghidupkan mesinnya, tak ada salahnya kita mengetahui lebih jelas lagi agar kita juga bisa lebih pasti dalam menganalisa apa penyebab kerusakan dan mengambil langkah2 yang harus kita lakukan.

3. Coba pompa, untuk memeriksa keadaan priming pump (check valve/mata kucing, spring), nipel out (karena pada pompa injeksi in line, nipel ini dilengkapi dengan per dan pelor/bola baja), dan saluran minyak (selang maupun filter solar) apakah terjadi penyumbatan ataupun masuk angin.

4. Jika Pompa Injeksi telah dilepas dari mesin, pastikan anda mencucinya dengan bersih, karena komponen2 pada PI sangat sensitif terhadap kotoran, bahkan oli yang telah mengental ataupun kering bisa mengganggu kinerja PI.

5.  Saat kalibrasi, saya tidak hanya mengandalkan gelas yang ada pada mesin tester Pompa Injeksi, terkadang saya masih memasangkan Nosel di setiap masing2 holder untuk melihat pengabutan di setiap noselnya. untuk menjamin bahwa stelan/kalibrasi benar2 rata.

6. Dan yang paling penting... buatkan estimasi biaya sebelum dimulai pembongkaran (nota bayangan), agar tidak timbul kesalah pahaman dengan pelanggan. Karena pelanggan terkadang datang bukan untuk memperbaiki Pompa Injeksi/mobilnya, tetapi hanya sekedar konsultasi agar tahu perkiraan biaya yang harus disiapkan kelak.

Tapi... Lain orang lain pula isi kepalanya, jadi belum tentu anda memiliki pemikiran dan cara yang sama, disini saya hanya share yang biasa saya lakukan. yang pasti... Do'a adalah modal pertama kita dalam bekerja

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tahapan penting dalam perbaikan"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel