Pengalaman adalah guru terbaik

Sebenarnya (menurut saya)... Pompa Injeksi kalo mau dibilang susah ya susah, mau dibilang mudah ya mudah. Tapi saya sakin pasti ada yang namanya pekerjaan yang terkadang membuat kita memutar otak sampai rasanya kepala ini pengen pecah. pokoknya pusing dah...

Dalam beberapa kasus, hal yang merepotkan dalam pengerjaan yang saya lakukan disebabkan oleh faktor-faktor non teknis, contohnya kurang bersihnya komponen, ataupun adanya kotoran yang masuk saat proses pemasangan.

Sebenarnya (menurut pribadi saya) dalam mengerjakan perbaikan pompa injeksi, hal yang terpenting adalah kita mengerti dasar kerja governor, gerak element dan putaran mesin.
Kenapa putaran mesin saya catat?

Karena untuk Pompa Injeksi type Distributor (Rotary), jika kita salah memasang Feed Pump maka Pompa Injeksi tidak akan bisa memompa minyak dari tangki ke Pompa Injeksi. Contohnya adalah PI Toyota (Kijang ataupun Rhyno) putaran mesinnya adalah kanan/R, dan Isuzu (Panther/Elf) putarannya kiri/L. Pemasangan yang terbalik pun akan merubah arah bahan bakar saat as pompa injeksi berputar.

Governor yang kurang bersih pun bisa sangat mengganggu, karena dapat membuat sentrifugal governor kurang bisa bergerak dengan lancar (membuka/menutup). Pngaturan putaran mesin akan terganggu jika hal ini terjadi

Terlebih lagi jika terjadi masuk angin pada minyak, hal ini terkadang bisa sangat melelahkan. kita harus meneliti semua jalur minyak mulai dari tangki hingga pompa, apakah ada klam selang yang kurang kencang, ada lobang pada selang (terluka/keropos), ring solar pada nipel sudah rusak dan karet o ring pada filter solar kurang pas dalam pemasangannya.

Idealnya... asap knalpot pada mesin/mobil diesel adalah hitam (tipis), jika berwarna selain itu berarti ada yang tidak beres dengan mesin atau pompa injeksi. Kita harus jeli memperhatikan asap knalpot ketika memeriksa mesin diesel sehingga tidak terjadi kesalahan diagnosa.

Apa yang kita pelajari dari orang lain, adalah modal pengetahuan kita. Sebagai dasar untuk kita bisa mengerjakan sesuatu hal, dan seiring berjalannya waktu, pengalaman-pengalaman baru akan mengajari kita lebih banyak, sehingga kita bisa melakukan yang lebih baik lagi bahkan kita bisa menemukan cara kita sendiri yang terkadang bisa lebih memudahkan pekerjaan kita.

Terus belajar, karena pengalaman2 baru akan terus datang dan menjadi pengetahuan bagi kita. Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pengalaman adalah guru terbaik"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel