PS2

Tentang Pompa Injeksi sudah saya share sebagian, kali ini saya ingin share tentang PS (Playstation) 2
Dan saya hanya share tentang software (Booting, OPL, HDLoader dll...) sedangkan hardware hanya sebatas pemasangan Modbo, tak lebih... karena saya ingin mengshare apa yang telah/pernah saya kerjakan, untuk menghindari rasa sok tau padahal belum pernah melakukannya.

Hal yang pertama adalah BOOTING

Booting menurut saya adalah proses awal dari kerja PS itu sendiri, kita bisa milih dari kaset (DVD/CD), Memory Card, Harddisk internal maupun USB drive, Tak ubahnya pada PC.
Kalo pada PS2, untuk kaset rasanya tak perlu dibahas, sedangkan booting melalui MC bisa dibedakan menjadi 2, PS seri SCPH 90006 dan seri selain SCPH 90006. Adapun SCPH 9006 ada 3 versi... GH 070-42, GH 071-42 dan GH 072 42.
Untuk versi GH 070-42, booting MC tidak harus menggunakan modbo sama dengan versi dibawahnya yaitu mengunakan program yang disebut FMCB atau Free Memory Card Boot.

SCPH 90006 2 versi terbaru harus menggunakan ic modbo, kenapa bisa begitu???
Hal ini dikarenakan pihak Sony selaku pembuat konsol Playstation menutup "celah" bagi para "opreker" PS2 yang melakukan perubahan pada ic bios agar melakukan booting melalui slot MC.
Tetapi dengan adanya IC Modbo 3/4/5 bios PS2 masih bisa "dikelabui" dengan booting melalui MC, bedanya adalah jika menggunakan IC MODBO maka MC Booting dipasang pada slot 1 sedangkan FMCBoot  MCnya dipasang di slot 2.

Booting melalui HD internal (PS2 Tebal) harus dengan IC Mobo, dengan tambahan NA (Network Adapter) sebagai konektor antara harddisk dengan konsol. untuk pengaturan pada matrixnya kita bahas nanti saat kita membahas tentang IC MODBO.

Booting melalui USB Drive (HD External maupun Flashdisk) hanya bisa dilakukan jika kita menggunakan IC Modbo 5.0.
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/02/ps2.html

Selanjutnya Program yang akan digunakan untuk membuka/membaca game yang ada pada Harddisk/Flashdisk.

-Untuk FMCBoot dan USB Drive kita bisa menggunakan OPL (Open Loader), versi 7, 8, ataupun 9 atau versi2 yang lain tidak terlalu penting selama masih bisa digunakan untuk main game hehehhe....

-Dan bila kita menggunakan HD di dalam konsol (HD Internal dengan NA) maka program yang kita pakai adalah HDLoader.

-Dan yang terakhir adalah game itu sendiri
Disini kita membedakannya menjadi 2 file, yaitu file ISO yang digunakan pada HDLoader, dan UL yang digunakan pada OPL. kita bisa mengconvert game yang ada pada DVD Game PS2 dengan program USBUtil ataupun USB Extreme.

File2 yang biasa saya gunakan adalah

FMCB
FMCB10 untuk SCPH 10k
Boot dengan 3 folder booting, OPL, ULaunch dan Padtest
OPL
Dev2install untuk HDLoader
System untuk mobo5.0, sudah saya lengkapi dengan Padtest
USBUtil
HP USB Formatter
USB Extreme
Editan bahasa jawa untuk OPL lang
dan versi bahasa indonesia

Dan satu hal lagi, jika kita ingin bisa untuk install OPL, servis stik, HDLoader maupun pasang IC Modbo, minimal kita harus punya 1 MC Boot Ulaunch (itu cara yang saya gunakan), Flashdisk yang telah diisi dengan file2 diatas dan konsol yang sudah dipasang Modbo tentunya. Siapa tau bisa membawa peruntungan sendiri buat kita, amiiin.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PS2"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel