SCPH 10000 dan trik FMCB

Trik Free MC Boot & SCPH10000

Sebelum kita mulai, saya mau cerita dikit tentang SCPH 10000...
Berawal dari curhatan seorang teman yang sering mengeluh tentang layanan dan kualitas jasa servis di daerah kami yang nggak jarang mengecewakan, yang ongkos jasanya kemahalan lah... baru berapa hari kumat lagi lah... bahkan sering pula sampai rumah masih kurang bener lah... ada juga mulan jami lah... serta banyak lagi lah-lah yang lain lah... ha lah... kok ngelantur ma lah... jiah... lah...
Saya berpikir saat itu, bagaimana caranya saya bisa sedikit membantu keluhan teman saya itu (bukan bantu mengeluh lho...), mengingat di tempat kami hanya ada 1 tempat yang menyediakan jasa perbaikan PS.
Tidur tak nyenyak, makan pun tak enak, hingga akhirnya saya teringat dengan wejangan guru saya, "jika ada hal yang membuatmu bingung dan ingin mengetahuinya, bertanyalah pada MBAH GOOGLE, aku rasa... di masa sekarang ini, dialah yang paling tepat untuk dimintai petunjuknya..." seketika itu juga guru saya terbatuk2 dan menghembuskan nafas terakhirnya. (ha ha ha... lebay amat saya ya).
singkat cerita, saya beranikan diri untuk membeli 2 konsol PS2, Slim SCPH 7000X dan Fat SCPH 10000. Bak kalong, setiap malem kerjaan saya cuma mantengin monitor PC, bermodal paket flash di modem ditemenin kopi susu nyusurin satu2 blog dan web yang ngebahas tentang PS (khususnya PS2).

Dapetlah saya ilmu tentang Free MC Boot, percobaan awal sukses walaupun harus ngetrim optik PS yang sudah mulai loyo biar bisa baca CD Ulaunch buatan sendiri. PS2 Slim saya lancar digunakan, tetapi giliran PS Fat SCPH 10000... kepala saya rasanya mau pecah, pusing bolak balik nyariin blog yang benar2 tepat, dari blog domestik sampai blog mancanegara.
Masih belom ketemu juga... "sebodo teing lah toh bukan tukang servis PS ini" kata batin saya. Kebetulan banget, PS2 teman saya mulai bermasalah pada FMCBnya. Sebenarnya sih masalah di MCnya, folder boot OPL yang terhapus, ada juga yang konfigurasi FMCBnya berubah, lumayan buat praktek itung2 bisa dapet bahan plus rokok gratisan, he he he...
Tapi bagai mimpi buruk, bayang2 PS2 SCPH10000 terus melayang2 dalam benak saya, sebenarnya solusi hampir beres 100% secara teori, sayangnya... bahan2 yang harus saya sisipkan dalam folder2 FMCBoot susah ditemukan, hingga akhirnya saya menemukan di forum luar negeri, buru2 saya sedot sebelum linknya raib.
Lagi2 trim optik, putar kanan putar kiri dan jreng jreng... CD Ulaunch sukses terbaca, saya hampir tak percaya... untuk sesaat saya bengong. Bismillahirrohmaanirrohiim...tangan pun beraksi memainkan stik PS, proses beralan dan akhirnya... SAYA BERHASIL...
Mungkin para pembaca serius baca cerita saya, atau bahkan geli... tapi kalo ada yang sampai menangis terharu, saya ucapkan beribu-ribu terima kasih. Anda bisa merasakan susahnya jerih payah saya he he...
Tapi kalian nggak perlu cemas, takut bakalan sesusah saya dalam pembuatan FMCBoot buat PS2 Fat SCPH 10000 kalian ataupun teman2 kalian, sodara2 kalian atau mungkin tetangga kalian...
Saya sudah menyimpan rapi-rapi, jaga2 kalo PS Fat saya error MCnya atau ada PS SCPH 10000 orang lain yang ingin dirubah ke OPL. unduh disini mas mbak, om tante...
Saya anggap kita sudah bisa menginstall FMCBoot untuk MC di konsol PS2, versi SCPH 10000 maupun yang lainnya. Sekarang giliran trik FMCB termudah yang saya dapat dari pengalaman2 saya, simak ya...

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/02/trik-free-mc-boot-scph10000-sebelum.html

Saya melakukan ini untuk menghindari gagalnya FMCB jalan di konsol yang berbeda tipe walaupun beberapa referensi mengatakan bisa. Kita sudah membuat MC Boot FMCB dengan konsol SCPH 10000, buka direktori MC Boot kita (MC0 jika di slot1, MC1 bila di slot 2) dengan Ulaunch, kopi semua isinya (ada folder BIEXEC-SISTEM, BOOT,OPL,SYS-CONF,dan folder yang berisi Openloader.ELF yang sudah kita rename menjadi BOOT.ELF) ke folder yang kita beri nama SCPH10000 di Flashdisk kita, untuk apa...?
ini gambar contohnya

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/02/trik-free-mc-boot-scph10000-sebelum.html


Ini gunanya membackup FMCBoot SCPH 10000 kita dengan format folder/file, sehingga kita bisa membuat MC Boot untuk konsol SCPH 10000 yang lain menggunakan sembarang konsol. Kita tinggal menggunakan Ulaunch (CD/MC Boot Ulaunch), kita kopikan semua folder dalam folder SCPH10000 di Flashdisk kita ke dalam MC yang akan kita gunakan/install. very2 easy is'nt it??
Harap diingat!!!! yang dikopikan adalah folder2 dalam folder SCPH10000, bukan folder SCPH10000nya, jadi yang akan terbaca dalam MC setelah pengkopian adalah folder2 tersebut, bukan satu folder yang berisi folder2 itu.
Kita hanya tinggal mengikuti cara diatas untuk konsol tipe yang2 lain, benar-benar sederhana setelah kita mengetahuinya.
SILAHKAN MENCOBA DAN SEMOGA BERHASIL...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

16 Responses to "SCPH 10000 dan trik FMCB"

  1. gan,kok gak ada menu mc boot nya kalo di ps2 nya gak ada cd ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah diinstall belum sob FMCB 10k yg sobat dwnload tadi?
      kalau sudah diinstall dengan benar di MC seharusnya akan muncul FMCBoot saat konsol dihidupkan.

      Delete
  2. Replies
    1. Link sudah diperbaiki sob, silahkan disedot

      Delete
  3. kenapa tidak bisa mas cumu free mc boot aja masuk setelah itu muncul menu browserx mas solusix mas...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sobat FX Game sudah berhasil membuat MC Boot nya, karena sudah bisa keluar menu Free MC Boot. PRnya sekarang adalah OPL nya.
      Pastikan OPL sudah sobat masukkan ke dalam MMC, lakukan penyetelan Bootongnya agar otomatis ke OPL di MMC sobat. Jangan lupa untuk menyimpan setelan.
      Untuk cara-caranya bisa sobat cek di artikel2 saya yang membahas tentang FMCB dan OPL.
      Selamat mencoba

      Delete
  4. gan mau nanya saya punya ps2 fat seri 10000 optik nya rusak. gimana cara nya agar saya bisa menginstall MCBOOT untuk ps2 seri tersebut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ikuti saja tutorial diatas sob, kalau ada link yang bermasalah. Akan saya perbaiki/ganti link baru.
      Jika masih ada yang belum faham bisa dipertanyakan kembali

      Delete
  5. kang masalahnya sama kayak fx game.udah ada logo fmcb tapi setelah itu tampilan layar ps2 nya cuman keluar menu browser sama system configuration aja.mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  6. Dalam folder utama terdapat folder BOOT yang berisi file BOOT.ELF. Lalu ada folder FMCB-CNF berisi beberpa file.
    Buka FMCB-CNF, klik FMCB-CNF.ELF untuk mengkonfigurasi Booting OPLnya, arahkan ke file BOOT.ELF di dalam folder BOOT.
    untuk lebih jelasnya buka disini

    ReplyDelete
  7. gan, aq sudah instal FMCB ke MMC. tapi pas di restart tidak muncul menu FMCB nya. gimana caranya agar bisa muncul menu itu.
    terimakasih

    ReplyDelete
  8. kalo menggunakan fmcboot, mmc harus dislot 2 sob.

    ReplyDelete
  9. gan ko sy donlod isi folder td sesuai dgn SS diatas

    ReplyDelete
  10. Gan, bisa upload Simple Media System buat SCPH-10000 gk ? kalau sms yang biasa malah freeze atau gk support di console SCPH 10K

    ReplyDelete
    Replies
    1. SMS yang biasa saya gunakan bisa didownload disini sob
      https://www.4shared.com/rar/MfNQvSjqei/SMS.html

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel