Menurunkan Injeksi Colt Diesel PS

Sobat blogger, tiba-tiba saya teringat teman-teman bengkel mesin banyak yang menanyakan, bagaimana caranya menurunkan injeksi PS (100/120) dari mesin tanpa harus membongkar tutup gigi timer dan radiator?

Kalau saya perhatikan, memang tak banyak bengkel-bengkel mesin yang mengerti dengan cara yang lazim digunakan oleh kebanyakan bengkel injection pump/ bos pom. Selain menghemat waktu, sudah sangat bisa dipastikan menghemat juga di sisi tenaga karena kita tak perlu membongkar banyak komponen untuk bisa melepaskan injeksi dari mesin.

Proses pengerjaan yang biasa kami (bengkel pompa injeksi) lakukan tak memakan waktu lebih dari 1 jam dan pompa injeksi pun sudah siap dibedah (jika semua keadaan baut dan mur normal alias tidak ada yang seret). Bandingkan jika kita harus membongkar terlebih dahulu cover mesin yang berarti harus menurunkan terlebih dahulu radiator dan semua yang menutupi termasuk poli-poli yang ada.

Oleh sebab itu, pada postingan kali ini saya akan membagikan trik cara menurunkan pompa injeksi PS100 / 120 yang mudah dan cepat. Saya jamin tidak ada resiko selama sobat membongkar dan memasangnya mengikuti cara-cara yang saya tuliskan dengan benar dan teliti.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/08/menurunkan-injeksi-colt-diesel-ps.html
OK deh, nggak perlu panjang lebar lagi...Simak baik-baik ya

> Persiapan 1
kunci-kuncinya

a. Ada kunci inggris (yang besar kalau ada)
b. Kunci ringpas 10,12,14,dan 17
c. Kunci shock 12,14 dan 22
d. Obeng pipih (-)
e. Tang
f. kunci palang/T 10
g. Terakhir martabak 2 loyang (Just Kidding)

> Alas untuk kita ngolong / mengerjakan beberapa bagian di kolong mobil

> Tampang senyum yang manis hehehe... (jangan kerja sambil cemberut)

Sekarang kita langsung ke langkah pengerjaannya...
Pertama kita ngolong bagian depan, putar poli kruk as dengan kunci inggris ke posisi Top1 (bukan Top2 ya), mungkin sebagian belum paham dimana Top1 dan 2.
Kita lihat gambar di bawah ini

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/08/menurunkan-injeksi-colt-diesel-ps.html
Kita putar sampai kita lihat angka 1I4, bukan yang 2I3. Setelah angka 1I4 ada angka 0 dan garis-garis sampai angka 20. Di antara mesin dan poli kruk as ada jarum kecil, kita putar poli sampai angka 0 tepat di depan jarum.

Jika sudah coba cek klep no 1 dan 2, caranya buka tutup cover klep (tempat biasa kita mengisi oli mesin), goyang dengan obeng pipih, jika pelatuk klep 1 dan 2 bisa bergerak bebas berarti sudah tepat di top 1, jika masih ada yang tidak bergerak putar poli sekali lagi ke titik 0 di angka 1I4, pasti pas.

Apakah injeksi sudah bisa dilepas? BELUM. Lohhh!!!
Kan baru Top1, derajat injeksi belum, jika sudah menemukan Top1 kita putar sedikit hingga jarum menunjuk pada garis 16-18 derajat (2 atau 3 garis sebelum angka 20). Itu baru SIP....

Urusan Top injeksi sudah beres, sekarang kita gunakan kunci 17 untuk melepas selang nosel, kunci 10 untuk melepas colokan oli dan klem2 selang serta plat dudukan seling choke dan gas.

Gunakan kunci shock 22 untuk melepas semua baut nepel minyak, di pompa dan injeksi, lepas selang oli dengan kunci 14 dan 17. Ada yang harus ngolong lewat belakang juga ya.

Sekarang buka plat dudukan injeksi di bagian belakang dengan kunci 14, pastikan semua menempel pada injeksi dan menutupi injeksi sudah dilepaskan, mulai dari selang, seling, baut nepel maupun plat dudukan.

Sekarang tahap terakhir, yaitu melepaskan injeksi dari mesin. Gunakan kunci shock 12 untuk melepas 5 buah baut yang mengikat injeksi ke tutup gigi timer.
JANGAN DILEPASKAN DULU INJEKSINYA!!!!
Loh, kenapa???!!!!

Ini adalah tahapan yang terpenting, harus teliti!!!
Di cover Timer Injeksi (Cover yang ada garis untuk penyetelan derajat timing) bagian depan/sebelum gigi timer ada tanda dengan panah di tengah nya, goyang bagian belakang injeksi ke arah mesin, ingga sedikit terlihat gigi timernya.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/08/menurunkan-injeksi-colt-diesel-ps.html

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/08/menurunkan-injeksi-colt-diesel-ps.html
Perhatikan pada gambar, ada coakan di salah satu mata gigi timer, dan hanya ada 1 mata yang menggunakan tanda ini diantara semua mata gigi. Pastikan coakan tersebut tepat di jarum pada cover saat bagian belakang injeksi dimiringkan kedalam. Dan ketika Injeksi dicabut, dengan perlahan mata gigi akan berputar naik hingga coakan tersebut tepat disisi atas kotak dimana tanda panah berada.

Jika anda berhasil seperti yang saya gambarkan maka anda telah bisa melepaskan injeksi tanpa harus membongkar tutup gigi timer depan dan radiator.

Untuk pemasangan pompa injeksi, sobat harus melakukan langkah kebalikannya. Yang terpenting adalah perhatikan tanda coakan pada gigi timer ketika memasangkan pompa injeksi ke cover mesin. Posisikan coakan pada tepi atas sehingga ketika pompa injeksi masuk ke dalam cover mesin, coakan tersebut akan turun dan berada tepat di tanda panah pada cover PI.
Semoga Sukses!!
Salam pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menurunkan Injeksi Colt Diesel PS"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel