Kalibrasi Injeksi Ala Saya

Kalibrasi Ala Saya

Stel atau Kalibrasi Pompa Injeksi sebenarnya semua Bengkel Injeksi pasti sudah tahu cara-caranya, serta tahapan-tahapannya. Karena memang penyetelan Injeksi pada Mesin Tes atau Tes Bench harus dilakukan sesuai urutan tahapan masing-masing Pompa Injeksi.

Alat untuk Kalibrasi pun bermacam-macam modelnya, dari yang digital sampai model "jarum jam", yang menggunakan handle rpm rendah-tinggi sampai otomatis (tanpa gigi rendah-tinggi) dan lain-lain.


https://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/kalibrasi-injeksi-ala-saya.html

https://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/kalibrasi-injeksi-ala-saya.html
https://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/kalibrasi-injeksi-ala-saya.html


Pada intinya semua sama, untuk meratakan debit minyak yang dikeluarkan setiap plunger pada Pompa Injeksi, Untuk menyesuaikan stelan stasioner, dan melihat keadaan Plunger (masih bagus atau sudah lemah) serta untuk melihat kerja governornya masih normal atau tidak.

Untuk penyetelan Injeksi tipe Inline model lama, contohnya Colt Diesel PS, Fuso Fighter / FM dan lainnya. Stel terlebih dahulu Racknya, baru kita ratakan minyaknya pada gelas ukur Test Bench. Untuk menyetel stasioner, usahakan pada putaran tanggung (450 pada alat saya) nosel tidak mengeluarkan minyak, dan pada putaran stasioner (200) nosel mengeluarkan kabut minyak dengan kuat.

Untuk Pompa Injeksi tipe VE, tidak perlu meratakan minyak karena hanya menggunakan satu buah Plunger untuk semua nosel. Standarkan saja ukurannya lalu stel stasioner seperti yang diatas.

Untuk Pompa Injeksi Traktor dan beberapa alat berat, stelan stasioner agak berbeda, akan menutup atau nosel tidak mengeluarkan kabut minyak pada putaran 300RPM.

LOH....!!! yang ala Ken nya mana??
He he he.... akan saya beritahukan, woles Sob.

Pada awalnya, saya melakukan penyettingan /  kalibrasi persis seperti yang saya pelajari dahulu, tetapi seiring waktu... Dengan banyaknya kasus pada Colt Diesel PS120 yang mengalami mbrebet pada gas / putaran tanggung (biasanya disebabkan oleh plunger yang cacat), ditambah lagi sebagian pemilik mobil minta untuk diakali saja, akhirnya saya memperoleh satu solusi pada tahap penyetelan minyak.

Begini cara saya....
> Pertama kali masih tetap sama, kita stel rack terlebih dahulu
> Kemudian kita standarkan ukuran minyak pada gelas ukur
> Pasang Selang Nosel dan Noselnya ke semua Holder Pompa Injeksi
> Kita ratakan dengan melihat Kabut minyak yang keluar dari nosel, pada beberapa kecepatan RPM, dan pada saat berhenti keluar semua harus sama.

Bagian yang saya tebalkan hurufnya, itulah solusi yang saya dapat dan masih terus saya pakai hingga sekarang.
Selamat mencoba, dan Salam Pintar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Kalibrasi Injeksi Ala Saya"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel