Lanjutan Permasalahan2 Part 1

Lanjutan...

Seperti yang saya katakan pada artikel sebelumnya
Kita lanjutkan kembali tentang permasalahan2 yang menurut saya masih di kategori ringan sampai dengan sedang.

> Pada artikel yang lalu, ada tulisan tentang "mbrebet"
Pada mobil Rhino 115 / mesin 14B, sering terjadi mesin mbrebet pada putaran sedang sampai tinggi dengan asap putih keluar dari knalpot padahal proses hidupnya mesin mudah. Hal ini terjadi karena As (Shaft Drive) dan Cam Plate sudah rusak. Sehingga timing / saat pembakaran menjadi terlambat. Solusi paling ringan adalah memajukan timing pembakaran dengan cara Pompa Injeksi dimiringkan ke arah Blok Mesin. Jika sudah dimajukan sampai mentok masih mbrebet dan asap putih, itu pertanda bahwa As dan Cam Plate harus diganti.



> Pada mobil dengan Pompa Injeksi Distributor / VE
Posisi timing sudah dimajukan dari garis standar, kok suara masih belum bisa kering malah terkadang berat atau agak mbrebet dan baatuk2 dari knalpot...

Coba ukur mengunakan sigmat pada bagian tengah Regulating Valve, minimal adalah 1,5 mm. ketok sedikit agar masuk ke dalam, coba dulu pada ukuran 2 mm.

> Mengganti / membersihkan saringan solar
Beberapa orang belum berani melakukan hal ini, padahal sebenarnya penggantian saringan solar menurut saya cukup mudah. selama kita sudah menyediakan kunci filter (banyak dijual di toko2 alat mobil). Dan untuk memasangnya, saya biasa mengoleskan gemuk pada karet saringan terlebih dahulu.

> Pompa Injeksi Rhino 115
Kenapa saya menuliskan Pompa Injeksi?

Saya sengaja menuliskan hal ini karena untuk melepas maupun memasang Pomp Injeksi dari dan ke mesin relativ mudah. Ini dikarenakan Gear yang terpasang pada As Pompa Injeksi tidak memerlukan penepatan Top. Bentuknya lebih ke gigi suri yang mempunya satu mata dengan ukuran berbeda, jadi sobat blogger tidak perlu takut salah pada pemasangan gigi Pompa Injeksi. Bisa dipahami kan??

> Membersihkan saringan solar pada nepel inlet
Untu Feed Pump In Line, saya rasa hampir semua orang mengerti dan bisa melakukannya. So... kita langsung ke tipe Distributor.

Untuk mobil Taft, Rocky maupun Ford Ranger, gunakan kawat untuk mengambil saringannya dengan per diatasnya.

Untuk mobil Rhino 115 dan Toyota Kijang, gunakan Baut 10mm panjang, putar baut agar alur dratnya masuk di body saringan uang berbahan plastik lalu tarik keluar.
Bersihkan...

Sekian dulu deh dari saya tentang permasalahan2 dalam kategori ringan - sedang. Jika ada sobat2 bloggers yang mau menambahkan ataupun bertanya2 monggo... dipersilahkan. Semoga sobat2 bloggers yang lain dan lebih berpengalaman bisa ikut membantu.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Lanjutan Permasalahan2 Part 1"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel