Mengganti Stanggas Injeksi Panther 2,3

Stanggas Panther 2,3

Salah satu keluhan pada injection pump adalah terjadinya rembesan solar pada Stanggas/As Gas (Shaft Sub Assy). Dampak yang pasti adalah terjadinya pemborosan pada bahan bakar yang disebabkan oleh terbuangnya solar secara sia-sia, dan dampak yang berikutnya adalah keadaan Injection Pump menjadi kurang enak dipandang dikarenakan mudahnya kotoran/debu menempel pada body yang basah oleh solar, dan dampak yang lainnya adalah bantalan mesin menjadi mudah rusak karena terus terkena tetesan solar.

 Jika ini yang terjadi segera lakukan penggantian pada unit stanggas tersebut, kalau untuk Injection Pum tipe VE yang lain akan lebih mudah pada proses bongkar pasangnya karena bentuk stanggasnya berbeda dengan Stanggas Panther 2,3.
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-stanggas-injeksi-panther-23.html


http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-stanggas-injeksi-panther-23.html
Contoh Stanggas Tipe VE selain Panther 2,3


http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-stanggas-injeksi-panther-23.html
Stanggas Panther 2,3
Sebelum dibngkar dan diperbaiki, beginilah penampakan dari Pompa Injeksi yang bocor pada stanggasnya.
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-stanggas-injeksi-panther-23.html
Perhatikan pada body Pompa Injeksi yang mengkilat akibat adanya solar yang membasahi, dan kita juga melihat sumber rembesan berasal dari stanggas, "Ah... Masak sih bisa tahu kalau dari stanggas?"
Kita gunakan logika teori gravitasi, tinggal kita cari dimana bagian teratas yang basah. betulkan? Dan dari sini sudah hampir bisa dipastikan berasal dari stanggasnya.

Berarti harus diturunkan dong Pompa Injeksinya? Tidak perlu, untuk mengatasi hal seperti ini cukup kita buka Cover Injeksinya saja, yaitu bagian dimana Stanggas bertempat. Kalau istilah bengkel-bengkel di daerah saya disebut "dikodok" yaitu hanya melepaskan bagian tertentu tanpa harus membongkar seperangat lengkap.

Caranya adalah lepaskan terlebih dahulu fan belt pada dinamo AC, lalu leaskan Dinamo AC dengan cara melepaskan 4 baut 12mm seperti pada gambar dibawah ini
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-stanggas-injeksi-panther-23.html
Lalu lepaskan selang minyak masuk dan keluar kemudian lepaskan juga seling gas. Jika sudah sekarang lepaskan Mur 10mm yang mengikat Tuas Gas pada As Stanggas.
Sudah selesai?. Terakhir kita lepaskan 4 baut 10mm  pada Cover Injeksi menggunakan Obeng Ketok Pipih, sambungkan gagang Obeng Ketok menggunakan sambungan kunci Shock yang panjang agar lebih mudah menjangkau baut-baut tersebut.

Angkat Cover dan... TARA... terlepas sudah.

Jika pada kasus anda terjadi keausan pada As Stanggas dan verbos pada Cover Injeksinya, sebaiknya lakukan penggantian pada kedua part tersebut. Pindahkan plat dudukan baut setelan gas dan plat dudukan seling gas serta Baut Fuel Load ke Cover yang baru. (Jika pelanggan minta untuk diganti O Ring saja, sebaiknya berikan pengertian bahwa hal itu tidak akan bertahan lama, dan jika terjadi kebocoran lagi bukan kesalahan mekanik maupun bengkel...).

Sekarang kita pasang kembali semuanya. Pasang O Ring baru pada As Stanggas, Cover dan Baut Fuel Load.

Pasang Stanggas pada Tension Lever, lalu masukkan As Stanggas ke Cover Injeksi, lakukan perlahan karena bagian Stanggas di Tension Lever bila goyang akan mudah lepas dari Tension Lever (kendurkan baut Fuel load agar lebih mudah pemasangan Cover).

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/mengganti-stanggas-injeksi-panther-23.html
Yang bertanda panah merah adalah baut Cover (Gunakan obeng pipih), dan yang bertanda panah biru adalah Baut Fuel Load.

Selesai,  tinggal pasang kembali Tuas Gas dan selingnya, selang minyak masuk, keluar beserta nepelnya, kemudian dinamo AC dan Fan Belt. Terakhir adalah stel Baut Fuel Load kembali.
Semoga Berhasil...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Responses to "Mengganti Stanggas Injeksi Panther 2,3"

  1. mas...bagaimana cara stel baut fuel loadnya mas...apa tanda di mesin bahwa baut stelannya belum pas,,.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara stel baut fuel load adjuster pada ispan 2,3/2,5 menggunakan kunci 13mm dan obeng minus, masukkan baut setelan untuk memboroskan dan sebaliknya. Indikator paling mudah adalah asap knalpot dan suara yang dihasilkan oleh mesin.
      Pompa injeksi VE/Distributor/rotary adalah yang paling mudah diketahui bila settingan minyak (fuel load) belum pas. Akan terasa lambat kembali ke posisi idle setelah digas jika terlalu banyak / boros. jika kurang / terlalu irit maka gas menjadi kurang responsive serta asap tidak terlihat dari knalpot.

      Delete
  2. ada ni mas,mobil ps 100,masalahnya ketika kita gas,lalu lepas gas mesinjadi mati...ngak bisa langsam dia...
    kira kira apa masalahnya ya mas...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar plunger sudah lemah sob

      Delete
    2. padahal plunggernya masih baru mas....asli lagi...

      Delete
    3. Jika plunger keadaannya masih baru tapi tidak bisa langsam, periksa beberapa kemungkinan ini

      - Debit minyak terlampau kecil
      - Tekanan nosel terlalu tinggi
      - Mesin ngobos
      - Start Spring Pompa injeksi lepas / putus

      Delete
  3. kronologisnya gini mas...
    pompa ini sudah saya kalibrasi...trus ketika saya pasang ke mesin,pas saya stater,hidupnya enak,dan bisa langsam,cuma masalahnya pas kita gas lalu lepas gas,mesinnya jadi mati,ngak bisa dia langsam...
    kira kira apa masalahnya ya mas...
    padahal plunggerny baru yg asli,trus pegas staternya bagus...
    apakah kalibrasi saya tidak pas ya mas..???
    memang pada saat proses kalibrasi saya lihat,ketika rpm 400 nozel kan menyemprotkan minyak ya mas,trus pedal gasnya saya naikkan lalu saya lepas,ketika saya lepas itu saya perhatikan minyaknya ngak keliar lagi dari nozelnya,,,cuma agak beberapa saat baru minyaknya keluar lagi...agak lama dia mas batu keluar minyak nya...

    ReplyDelete
  4. kira kira apa masalahnya ya mas..???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dilihat dari kronologisnya, saya lebih penasaran pada governornya. Bongkar habis govenornya sob, cuci sampai benar-benar bersih (saya biasa menggunakan minyak tanah / minyak lampu ) untuk mencuci komponen pompa injeksi.

      Delete
  5. kalau racknya macet bisa jadi ngak mas...????

    ReplyDelete
  6. soalnya governornya sudah benar benar bersih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo macet kemungkinannya kecil, kalau seret bisa jadi.
      seret juga bisa dari plunger, control pinion + rack kurang bersih dll

      Delete
  7. Persis dengan mobil 2,3 saya yg sekarang ini,solar rembes dari stanggas nyampe deres ngalirnya, mohon infonya dimana saya mesti beli part tetsebut ,dan kisaran harganya brp..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sobat bisa langsung menanyakannya di bengkel-bengkel pompa injeksi/bospom terdekat. harganya bervariasi tergantung merk, kisaran harga antara 300 - 600 rb

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel