Menurunkan Injeksi Traktor TS90

Injeksi Traktor TS90

Hari ini pukul 06:30 pagi meluncur ke rumah seorang pelanggan yang memiliki beberapa Traktor (3 type TS90 dan 2 type TS6000). Karena sudah membuat janji untuk membongkar pada hari ini maka meskipun masih pagi sudah berangkat, semakin cepat lebih baik agar bisa memiliki sisa waktu untuk kerjaan yang lain (itu alasan yang paling utama, hehehe...)

Setelah sampai, beginilah gambarnya
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/menurunkan-injeksi-traktor-ts90.html


http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/menurunkan-injeksi-traktor-ts90.html
Injeksi harus diturunkan dan dibongkar untuk penggantian gasket kit/ packing set, dikarenakan ada beberapa bagian yang mengalami kebocoran sehingga ada rembesan minyak yang menetes, selain cukup mengganggu visual juga mempengaruhi pemborosan bahan bakar karena terbuang sia-sia.
Alat2 yang harus disiapkan adalah:

1. Kunci ringpas 11,13,14,16,17 (semua dalam ukuran mm)
2. Kunci shock 13mm, 22mm.
3. Obeng

Alat2 sudah siap, sekarang kita lepaskan semua selang minyak yang menempel pada injeksi menggunakan kunci pas 16mm dan 17mm, kemudian selang nosel dengan kunci pas 17mm. sebagai catatan, agar lebih mudah untuk melepaskan selang nosel, terlebih dahulu kita lepaskan filter udara dan selang2nya menggunakan kunci 13mm (pas dan shock).

Setelah semua selang sudah terlepas, kita buka penutup timing gear injeksi. agar tidak mempersulit kita, lepaskan dahulu semua plat dan jaring yang menutupi di sebelah radiator, ada yang menyambung dengan tuas penahan kap mesin serta jangan lupa melepaskan fan beltnya.

Sekarang tinggal langkah terakhir, gunakan kunci shock 22mm untuk melepaskan mur pengikat as injeksi pada gear. Lalu gunakan kunci pas dan shock 13mm untuk melepaskan 3 baut pengikat injeksi pada cover mesin. Kunci shock untuk membuka baut bagian dalam.
Dan injeksipun siap untuk dipisahkan dari mesin.
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/menurunkan-injeksi-traktor-ts90.html
Seperti inilah bentuknya, dan ini adalah gasket kitnya. untuk pengerjaan injeksinya sendiri akan kita ulas pada topik khusus tentang bongkar injeksi TS90, OK...
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/menurunkan-injeksi-traktor-ts90.html
Jika kita ragu membongkar tanpa melihat Top Timing gear, kita bisa melepaskan Cover Timing mesin dan Radiator. Mungkin untuk pertama kali membongkar Cover timernya akan menemui sedikit kesulitan, harap diingat, sekali lagi INGAT!!!.

Pada Cover Timer terdapat beberapa baut 13mm di bagian depan Cover, dan ada 4 baut 14mm di bagian bawah Cover (hanya bisa dilepaskan dengan kunci ringpas). Lalu ada 2 pin sebagai "nok" cover pada mesin, kedua pin inilah yang membuat Cover menjadi sedikit susah untuk dilepaskan, congkel secara hati2 cover bagian atas kanan dan kiri hingga di kedua sisi pin ada celah, jika sudah terlihat sedikit terbuka tinggal digoyang2kan Covernya.

Untuk Top timing, ada yang sedikit berbeda. Pada gear Kruk As dan Gear As Klep terdapat tanda titik (.) yang bisa dipertemukan dengan tanda titik pada Gear Penghubung. Kalau di Injeksinya?
Tidak ada tanda titik (LOH!!!!), tenang dulu sobat blogger, coba perhatikan pada Gear Timer Injeksinya, ada angka 4 dan 6. kita jadikan angka 4 sebagai titik Top Injeksi. mudah bukan...

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/menurunkan-injeksi-traktor-ts90.html
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/09/menurunkan-injeksi-traktor-ts90.html

Selamat Mencoba....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Menurunkan Injeksi Traktor TS90"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel