Mitsubishi Canter Part 2

Mitsubishi Canter

Okay Sobat Bloggers, mumpung sudah bisa santai saya akan sedikit berbagi tentang Mitsubishi Canter.

Masih tergolong keluarga Colt Diesel, dengan berbagai type. 110PS, 125PS, Superspeed, HD, Super HD dan lain-lain. Tetapi sebagaimana pada keluarga Colt Diesel PS100 dan PS120 maupun 135. Pompa Injeksi pun komponen isinya setali tiga uang antara yang 110 dan 125.

Untuk gigi Timer, lebih halus dari Colt Diesel biasa karena jumlahnya pun lebih banyak. Baca Menurunkan Injeksi Colt Diesel PS... Jadi disaat melepaskan Pompa Injeksi dari Cover Mesin harus sangat berhati-hati agar tidak terjadi kesalahan Top ketika memasang kembali ke mesin/engine. Untuk lebih jelasnya akan saya bahas di artikel yang lainnya ya....
Pertama kali yang harus dilakukan pada proses pembongkaran Injeksi Canter adalah

Buka semua bagian Cover (belakang) Injeksi setelah terlebih dahulu Gigi Timer plus Cover Timer dilepaskan. Dimulai dari bagian atas (Tempat Fuel Load) diikuti tutup belakang (dengan 2 buah baut 10mm) dan terakhir semua baut Cover belakang.

Lepaskan Governor, jika tidak punya kunci khusus kita bisa membuat sendiri dari plat bekas per shock belakan mobil dengan alasan bahan platnya tebal dan lebih kuat dibandingkan plat besi biasa.

Terakhir melepaskan Plunger, lepaskan dulu tutup As Rack di sisi depan menggunakan kunci 22mm. keluarkan ring As yang berlubang huruf L), tujuannya agar As Rack bisa bergerak lebih bebas saat hendak mengeluarkan Rack dan Plunger.

Gunakan Tang Lancip untuk mengeluarkan Rack dan Plunger dari dari dalam body Injeksi, gunakan perasaan agar bisa menemukan "sela" untuk mengangkat keluar kedua bagian tersebut. Selesai, keluarkan Valve dari rumah Plunger.

Agar lebih menjamin bahwa Pompa Injeksi benar-benar bersih dan terbebas dari sisa oli yang membandel, saya selalu membongkar semua bagian Governor.
Governor

Damper Govenor

Siap dipasang
Pada 1 gambar dari 3 gambar diatas, ada yang saya lingkari warna biru, itu adalah Damper (Rubber), Bushing (warna kuning, periksa apakah retak atau tidak), dan Mur pengancing Governor dan Ring (warna merah).

Setelah semua terbongkar habis, beginilah penampakannaya. Plus dengan Plunger dan Delivery Valve yang telah di lepaskan.
Pompa Injeksi Canter
Dan ini adalah part utama dari jantung mobil alias Injection Pump.
Mitsubishi Canter
Plunger + Valve
Tinggal pemasangan, lakukan kebalikan dari pembongkaran yang tadi Sobat lakukan. Jangan lupa untuk selalu mencelupkan part yang akan dipasang ke dalam wadah berisi solar serta ukur semua ring Governor dan samakan antara kanan dan kiri. Serta periksa kembali Spring Fleiweight/Start Spring.
Seperti yang saya tuliskan pada artikel sebelumnya, Part 1.

Pastikan Governor telah terpasang dengan benar, kencangkan mur kancingnya dan coba gerakkan Governor ke kanan dan ke kiri lalu congkel dengan obeng untuk melihat apakah Governor bisa maju mundur. Aman...
Pompa Injeksi siap untuk dikalibrasi di Test Bench.
Keerusakan yang sering dialami pada Canter adalah

Delivery Valve sudah tidak bisa menutup rapat dan harus diganti (cara memeriksanya dengan dipompa dalam keadaan semua selang Nosel dilepaskan, jika ada solar yang keluar dari Holder Valve berarti minta diganti).

Nosel yang tersumbat sehingga tidak bisa mengeluarkan bahan bakar dari lobang penyemprotnya (ada 6 lobang). Lakukan pengecekan berkala pada Nosel secara teratur.
Salam Pintar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Responses to "Mitsubishi Canter Part 2"

  1. Salam,
    Kebetulan colt diesel ps100 saya ada masalah pada injektor.
    Mohon rekomendasi bengkel injektor yang bagus.
    Terima kasih.

    ReplyDelete
  2. Daerah mana sob?
    keluhannya bagaimana pada mesinnya?

    ReplyDelete
  3. penyakit injek pump canter adalah tercampurnya oli ke solar bagaimana mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya kebalikannya sob, solar tercampur ke oli (oli bertambah banyak dan encer karena tercampur dengan solar).
      Hal ini bisa disebabkan oleh 3 hal, Nosel, Plunger/Element dan Pompa (Feed Pump).
      untuk lebih jelasnya sobat Thoo bia baca di artikel <a href="http://kendhou.blogspot.co.id/2016/01/mengatasi-oli-mesin-tercampur-solar.html>Solar ke Oli</a>

      Delete
  4. beli plunger daerah semarang dmna ya

    ReplyDelete
  5. Di bagian governoor dimana tempat stelannya mas dan gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pada mur pengancing cover spring governor (2 pcs) kanan dan kiri.
      Cara penyetelannya dengan memutar mur tersebut masuk atau keluar, masuk untuk menambahkan RPM dan sebaliknya.
      Good Luck...

      Delete
  6. mas kalo bisa buat video tentan bagaimana cara mengganti plunger bosch pump canter. apakah bisa tanpa melepaskan bosch pump dari mesinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya usahakan untuk membuatkan videonya, ditunggu saja sob.
      Untuk mengganti plunger canter harus melepaskan pompa injeksi dari mesin, karena harus membuka cover governor.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel