Permasalahan Part 1

Permasalahan - permasalahan part 1

Untuk bagian yang pertama ini, saya ingin berbagi tentang permasalahan - permasalahan yang saya kategorikan dalam permasalahan2 mudah sampai sedang. Bisa dibilang beberapa adalah hal sepele yang sebenarnya bisa ditangani sendiri oleh driver, pemilik maupun mekanik bengkel mesin.
Dan untuk diketahui sebelumnya, bahwa artikel ini akan selalu diperbarui dengan tambahan - tambahan yang mungkin terdapat kelupaan pada diri saya sehingga tidak saya tuliskan.
Langsung saja sob...

> Masuk Angin (Keanginan)
Pada intinya, masuk angin terjadi karena adanya celah untuk udara masuk ke bahan bakar. Dan permasalahan ini terjadi pada saluran bahan bakar dari tangki sampai pompa bahan bakar (Priming pump/Feed Pump tipe In Line).

Solusinya, urutkan saluran bahan bakar (selang besi dan karet) dari tangki bahan bakar sampai pompa, kemungkinan ada keretakan, korosi, ataupun pecah.
O ring nepel selang bahan bakar, jika ada yang rusak, Ganti.

Dan pada beberapa mobil Colt Diesel, sering terjadi pada rumah saringan bahan bakar  bawah (samping tangki), cara mengetahuinya dengan dilangsungkan selangnya tanpa melewati saringan tersebut. Jika benar, Ganti.

> Mbrebet
Hal ini terjadi karena aliran bahan bakar tidak lancar, dan bisa juga karena bahan bakar pada Pompa Injeksi kurang padat.

Tidak lancar karena ada sumbatan pada saluran bahan bakar, cek saringan solar, jika sudah kotor, Ganti. Cek selang - selang minyak, Perbaiki jika masih bisa diperbaiki, jika sudah rusak, Ganti. Dan bersihkan jika ada kotoran yang menyumbat. Untuk Kijang, Rino ET, Taft/Rocky, Ford Ranger periksa saringan yang ada pada inlet Pompa Injeksi. Untuk Feed Pump In Line periksa saringan pada nepel inlet pada unit Feed Pump.

Bahan bakar kurang padat, bisa terjadi karena pelor pada nepel out Pompa Injeksi In Line hilang atau sudah aus, Ganti. Bisa juga terjadi akibat Pompa bahan bakar kurang bagus, periksa klep pompa.

- Mbrebet dengan asap putih dan susah hidup.
Terjadi karena timing / saat pengapian kurang tepat, hal ini karena penyetelan derajat pengapian kurang maju. Bisa juga karena pemasangan gigi timer tidak tepat topnya. Betulkan jika hal ini terjadi.

- Mbrebet dengan asap hitam tebal.
Periksa saluran udara pada jalur hisap, saringan udara kotor / lembap bisa mengakibatkan hal ini, bersihkan atau ganti. Bisa juga selang dari intake manifold ke saringan udara.

> Penyetelan bahan bakar
Hal ini sebenarnya bisa dilakukan oleh hampir semua orang, hanya keberanian yang menentukan karena beberapa orang takut untuk melakukannya.

> Rembesan pada selang pembuangan Nosel
Ganti O ring nepel pembuangan jika rusak, Ganti nepel jika alur drat pada nepel sudah rusak, ganti selang atau perbaiki jika selangnya mengalami kerusakan. Tapi jika kerusakan terjadi pada alur drat nut cup / tutup nosel, jangan perbaiki sendiri karena rentan ada perubahan pada tekanan nosel itu sendiri.

> Susah hidup karena seling choke macet
Sering terjadi pemilik maupun driver mobil tidak mengetahui bahwa engine tidak bisa dihidupkan hanya karena seling choke seret atau macet. Untuk memastikannya lepaskan seling dari tuas choke, jika tuas choke bisa digerakkan dengan mudah ganti selingnya.

> Ngabur dengan asap putih.
Istilah "ngabur" disini untuk menggambarkan keadaan engine tidak bisa langsam / stasioner, tetapi langsung berputar pada Rpm tinggi tanpa digas. Hal ini lazim terjadi pada Pompa Injeksi tipe In Line yang masih menggunakan angin dari intake manifold untuk sistem gasnya (contohnya Taft/ rocky, Chevrolet LUV, DA dan lain-lain). Bisa dipastikan kerusakan terjadi pada Diaphragm atau Membran, kalau tidak retak bisa juga karena berlubang, Ganti. Harap diperhatikan pemasangannya.


Diaphragm bagus

Diaphragm retak


Sementara mungkin sampai disini yang bisa saya share, mudah - mudahan dilain waktu bisa disambung lagi dengan artikel yang lain. Semoga bermanfaat...
Lanjut Sob...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Permasalahan Part 1"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel