Pompa Injeksi Daihatsu Taft

Pada judul saya tuliskan Daihatsu Taft, karena pada dasarnya antara Daihatsu Taft, Rocky dan Delta tak jauh berbeda. Meskipun pada Noselnya ada perbedaan kode tapi bisa saling bertukar pakai, serta rumah Noselpun bentuknya sama saja.

Daihatsu Rocky
Orang yang hobi adventure pasti kenal dengan 2 mobil ini, Daihatsu Taft dan Daihasu Rocky, selain bodynya yang memang sudah bertampang penjelajah segala medan dengan ukuran roda yang besar, tenaganya memang sesuai untuk medan-medan yang cukup sulit sekalipun, ditambah lagi adanya gardan depan sehingga lebih leluasa untuk melahap daerah yang terlalu susah untuk dilalui mobil biasa.

Di daerah saya, mobil ini selain diminati pecinta offroad adventure. Para pemilik lahan-lahan sawit pun tak mau ketinggalan untuk bisa memiliki kendaraan jenis ini, bahkan beberapa menggunakan Hi Line tipe Pick Up untuk melansir atau memindahkan sawit-sawit panenan mereka dari areal-areal yang sulit keluar menuju truck2 pengangkut yang sudah menunggu di area bebas lumpur.

Alasannya sudah jelas dan pasti, ketangguhan dan perawakannya sangat sesuai untuk melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan lumpur, jalan yang bergelombang, dengan lobang2 yang bak ranjau menghadang. Kalau pakai mobil sekelas Avanza, Xenia maupun Ertiga... siap2 aja nginep akibat nyangkut.

Langsung aja deh ke Inti topik, Pompa Injeksi.
Daihatsu Taft, rocky, Delta ataupun Hi Line, seperti yang saya kemukakan diatas pada dasarnya sama. Untuk keluaran awal-awal Pompa Injeksi masih bertipe In Line dengan sistem pengatur angin, menggunakan Membran / Diaphragm sebagai penggerak as rack plunger.

Diaphragm/Membran

Mendeteksi kerusakan pada Membran sangatlah mudah, pastikan keempat baut penutup Membran sudah terpasang kuat. Lepaskan selang dari skep manifold (yang menuju tutup membran). Tekan tuas choke (arah mematikan mesin) lalu tutup ujung selang dan lepaskan tuas choke. Jika tidak ada kebocoran maka membran masih bagus, tapi jika terdengar bunyi membran bergerak di dalam tutup itu tandanya membran sudah retak atau sobek.

Diaphragm sobek

Gejala yang timbul akibat bocarnya membran adalah putaran mesin menjadi ngabur atau tinggi tanpa perlu digas, dan tidak bisa dikecilkan dengan asap putih yang terus menerus keluar dari knalpot.

Untuk menambahkan tenaga, bisa dengan digeser injeksinya untuk merubah timing (saat) pembakaran. Bisa juga dengan menyetel tekanan pada governornya (menambah RPM) dengan menyetel baut di bawah penutup membran.
Sedangkan untuk keluaran-keluaran terbaru, telah menggunakan Pompa Injeksi tipe VE/Distributor.

Pada tipe ini, kerusakan yang sering ditemui adalah mobil/mesin tak bisa hidup tanpa dipompa, dan setelah hidup mesin akan mati dengan sendirinya tak berselang lama. Ini karena mesin hanya hidup dengan mengandalkan bahan bakar yang ada di dalam Pompa Injeksi. Sedangkan Pompa Injeksi sudah tidak bisa menghisap lagi bahan bakar dari tangki yang disebabkan oleh melemahnya fungsi dari Feed Pump.

Feed Pump

Tetapi sebelum kita memvonis Feed Pump yang belum tentu bersalah (hihihihi...), alangkah baiknya jika kita terlebih dulu memeriksa body Pompa Injeksi, karena ada kemungkinan telah ada kerusakan/aus pada sisi dalam (sisi yang bersinggungan langsung dengan Feed Pump), jika benar ini yang terjadi maka penggantian body adalah langkah yang paling tepat, bila perlu sekalian ganti Feed Pumpnya.

Ada karakter yang berbeda dari Pompa Injeksi tipe VE Daihatsu dengan mesin lain (Toyota dll). Jika kita menambahkan Fuel Load Adjuster agar asap bertambah dan mesin lebih bertenaga, akan ada efek RPM akan turun melambat setelah digas, sedangkan pada mesin lain normalnya akan kembali/turun dengan cepat. Saya sebutkan "normalnya" karena jika pada selain Daihatsu setelah digas kembalinya lambat bisa jadi stelan minyaknya terlalu boros/banyak.

Dan pada suara mesinnya, akan terdengar agak kasar di stasionernya setelah timing pembakarannya dimajukan. seperti halnya Toyota Kijang dan Mitsubishi L300 serta Kuda.

Pada artikel yang lain akan saya tuliskan tentang menurunkan Pompa Injeksi Daihatsu Taft/Rocky dari mesin.
Semoga bermanfaat, dan Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

25 Responses to "Pompa Injeksi Daihatsu Taft"

  1. Mas, mau tanya kalo 'fur' atau pembakaran sesudah tma dengan menyetel injector akan menyebabkan temperatur mesin lebih panas atau dingin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. OK Sob Okky
      Begini, kalau kita set pembakaran sesudah TMA (biasa disebut Nah) akan berdampak tidak membuat mesin cepat panas, tapi efeknya adalah proses hidup menjadi lebih susah karena terlambat pembakarannya. Asap pun akan menjadi putih dan pedih di mata.
      Kalau Pur/Fur adalah penyetelan pembakaran sebelum TMA, dampak yang ditimbulkan adalah mesin menjadi cepat panas dan suaranya kasar (ngratak)

      Delete
  2. Mas... utk ngetopin mesin taft yg sudah pake timing belt bagaimana... tanda-tandanya yg sbg patokan dimana aja..
    Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sob Adham...
      Ada tanda titik pada gigi timer (Pompa Injeksi, Noken As Klep maupun Kruk As). dan pada bagian Cover mesin akan ada tanda yang cukup jelas untuk dilihat.
      Sobat hanya perlu meluruskan tanda-tanda tersebut. Good Luck

      Delete
  3. mas mohon pencerahannya,berapa derajat pengapian taft f70,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sob baru bisa balas...
      Untuk derajat pengapian saya tidak bisa memberikan angka pastinya, karena ada beberapa hal yang mempengaruhi. Keadaan shaft drive PI (meskipun sangat jarang terjadi pada Taft/Rocky), kondisi Timing Belt juga punya andil.
      Patokan paling mudah adalah suara, asap dan temperatur mesin. Pastikan suaranya bisa kering (bukan kasar), temperatur tidak cepat panas, jika mesin cepat panas dan kasar tandanya terlalu maju derajat pengapiannya.
      Good Luck

      Delete
  4. Mas.. Spertinya Taft saya juga memiliki kendala sama, hidup tapi kemudian mati, mungkin feed pumpnya yah.. posisi feed pump dimana? Di toko berapaan harganya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Feed pump berada di dalam PI, harga bervariasi sob. berada di kisaran 250 - 450.

      Delete
  5. Bang nanya, mobil saya f70 pick up. Mobil bunyi tdk ada tenaga utk jalan dan asapnya ngepul putih, mesin kasar tdk bisa stasioner, makasih. Supriyanto sorong papua barat

    ReplyDelete
    Replies
    1. F70 punya sob Priyo masih menggunakan PI In Line atau sudah rotary??
      Kalau In Line coba periksa Diaphragm atau membrannya, ada kemungkinan retak atau sobek sehingga bocor.
      Untuk kedua tipe, periksa noselnya apakah ada yang sudah kencing sehingga asap menjadi putih.
      Suara kasar bisa dari timing terlalu maju, bisa juga karena Nosel yang macet. Dan satu lagi bisa juga karena regulating valve yang pernah diketok terlalu dalam.
      Semoga membantu

      Delete
  6. mas rino 115 saya kalau stasioner bunyi tik2 pada bospump trus injakan pedal gas berat saat mesin idup

    ReplyDelete
  7. Bunyi tik2 (nglitik) pada saat stasioner disertai gas yang terasa berat, apakah ada gejala mbrebet dengan asap putih yang keluar sob?
    Jika benar, maka periksa As (Shaft Drive) dan Camplatenya. Karena 2 komponen ini yang menjadi kelemahan khas pada Rhino 115 atau 14B. Semoga sukses

    ReplyDelete
  8. mas mau nanya, taft f70 saya tahun 89, itu kenapa ya padahal mobil habis dibawa jalan, setelah dimatikan, mau dinyalakan lagi, mesin nya ga nyala2,, sebelumnya mobil kalo dibawa jalan diatas 2000 rpm, mesin nya seperti habis minyak,, lama kelamakkan penyakit nya jadi parah gini, seperti anginan, padahal normal ga ada angin palsu di filter nya, dicoba dipompa, sama starter panjang baru nyala, kadang mesin nya nyala normal, terkadang mesin nya nyala seperti anginan, padahal ga anginan, apakah membran di injektor saya bermasalah ya, mohon jawabannya ya mas, makasih banget udah ada waktu buat ngejawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. oia mas type injector nya VE distributor,

      Delete
    2. Seperti yang sudah pernah saya bahas di salah satu artikel saya, Daihatsu Taft memiliki penyakit "bawaan" pada Feed Pump PI nya. Kemungkinan besar masalah disebabkan karena faktor ini sob.
      Jika sobat menanyakan "apakah membrannya?" berarti PI sobat tipe In Line. Tapi karena sobat Andre bilang tipenya adalah VE, sobat layak untuk mencurigai Feed Pump sebagai biang keladinya.
      Kalau mau nyari yang ringan terlebih dahulu, bisa dilangsungkan sementara jalur minyak dari tangki ke Pompa Injeksi tanpa melalui pompa dan filter solar (By Pass). Good Luck

      Delete
  9. Mau nanya kalo plungernya keluar minyak terus menerus apa penyebabnya?mobil jalannya pincang,tiap 50 mter mati...di pompa lagi...mati lagi

    ReplyDelete
  10. Mau nanya kalo plungernya keluar minyak terus menerus apa penyebabnya?mobil jalannya pincang,tiap 50 mter mati...di pompa lagi...mati lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. mobil sobat tipe PInya InLine atau Rotary (VE)?
      kalau Daihatsu Taft dengan PI tipe VE sering bermasalah pada Feed pumpnya, paling parah adalah body PInya. sehingga supply bahan bakar tidak maksimal dan harus dipompa secara manual.

      Delete
  11. Mas.. taft sy digas berat, cuman sampai 3rb rpm... diatas itu sudah gak bisa(mesin meraung?) Kira2 masalahnya dmna ya? Boschpump rotary.. trims🙏

    ReplyDelete
  12. Pagi mas ken,,,
    Sy rizal di Pangkalpinang, Bangka Belitung. Baca ulasan mas ken nambah wawasan saya tentang pompa injeksi solar. Mantap..!!!

    Saya punya taft Hiline tahun 1987 mesin DL41 PI inline. Secara umum tidak masalah, cuma klo gas tanggung sedang jalan 40km/jam perseling 4 suka ndut-ndutan. Tapi klo RPM tinggi tidak masalah. Saya coba kurangi load solar (putar baut belakang PI berlawanan jarum jam 1/4 putaran), hasil lumayan, ndut-ndutan berkurang asap kurang, getaran sedikit berkurang dan bonus akselerasi sedikit berkurang juga.

    Sebelumnya saya sudah ganti 4 nozzle sekaligus (karena ada 1 yg sudah kencing) dengan gejala khas pincang hebat ketika hidup awal mesin dingin, tapi tanpa kalibrasi PI. Odometer saat ini sudah lebih dari 350.000 km (saya tidak tahu riwayat pemilik sebelumnya apakah PI sudah pernah turun).

    Iddle mesin masih sangat normal, tidak ada gejala telat solar, dalam kondisi apaapun dan RPM berapapun selalu kondisi stabil.

    Cuma yang menjadi gajelan saya, mesin rada bergetar ketika RPM tanggung, ketika tinggi tidak masalah. Saya coba raba selang solar dari PI menuju nozzle, nomor 1&2 (hitung dari belakang) getaran tekanan plunger lebih kelar dibanding 3&4. Sangat kerasa banget diraba getaran tersebut.

    Saya menduga-duga secara awam saja, apakah perlu dilakukan kalibrasi ulang terhadap tekanan masing2 plunger ya mas? karena ketika hidup awal pagi2 (mesin dingin), sekali star langsung hidup setelah glow, namun 4 detik pertama mesin seperti mengayun-ngayun gitu mas,,setelah itu normal. Kadang sebelum panas suara mesin bletak2 mirip suara metal/nozzle macet. Namun ketika suhu mesin sudah 1/5 indikator suara tsb hilang.

    Mohon pencerahannya mas ken,,,,
    Teriakasih
    Salam Pintar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali sob. Jika gejala mbrebet (beberapa orang bilang pincang) terjadi pada RPM tanggung, lebih banyak disebabkan tembakan minyak pada plunger tidak rata (sama) dan harus dikalibrasi untuk diratakan kembali.
      Good Luck..

      Delete
  13. Mas mesin daihatsu roky kq suaranya kasar (ada kayak benturan Besi) dan asap putih mohon petunjuk apanya ya yg rusak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suara kasar nglatak bisa karena Nosel macet. Bisa juga karena klep bermasalah dan yang paling fatal adalah Metal pada mesin sudah kena.
      periksa nosel adalah saran pertama saya sob

      Delete
  14. Mas mau nanya punyaku hiline thn 89 asepnya putih, padahal bbm sama oli normal, mohon pencerahannya trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. asep putih bisa karena nosel (tekanan terlalu rendah atau juga sudah "ngencing"), dan bisa juga karena derajat timing injeksi yang kurang tepat

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel