Tentang Mesin Diesel yang salah

Tentu kita masih ingat dengan jelas bagaimana mobil dengan mesin diesel kurang dilirik pada waktu dulu, penyebabnya cukup banyak jika kita perhatikan dan hitung satu persatu. Mulai dari suara mesin yang kasar, minyak yang boros, asap hitam yang membuat polusi udara, harga spare part yang mahal dan lain-lain. Belum lagi ditambah dengan beberapa alasan lainnya.

Tapi itu dulu Sob. Mesin Diesel terus berkembang, bahkan semakin canggih dengan teknologi yang terus diperbarui. Dari disematkannya teknologi turbo ke dalam mesin Diesel yang membuat tenaga Mesin Diesel semakin gahar, sampai dengan terciptanya teknologi Common Rail generasi pertama hingga generasi ketiga yang sudah menggunakan komputasi dan lebih menyempurnakan sistem kerja Common Rail Modern. Sobat bisa baca Pompa Injeksi Common Rail untuk bisa lebih mengetahui tentang teknologi ini.


Common Rail

Banyak yang beralih ke Mesin Diesel dari tahun ke tahun, dengan berbagai alasan pula, harga bahan bakar yang lebih murah, spare part yang lebih mudah dicari daripada waktu dulu dan dengan harga yang mulai masuk di akal, ataupun karena tenaganya yang sudah mulai bisa menyaingi mesin bensin. Apalagi para produsen bahan bakar berlomba untuk menyediakan solar yang lebih berkualitas untuk memenuhi kebutuhan Mesin Diesel masa kini yang ramah lingkungan dan mulai banyak dibuat oleh produsen mobil.


Seperti yang saya tuliskan pada judul artikel ini, berikut beberapa mitos tentang Mesin Diesel yang salah.

1. Mesin Diesel itu kasar dan berisik.
Dengan hadirnya teknologi Common Rail, mitos tersebut dapat ditumbangkan. Bahkan Mesin Diesel masa kini jauh lebih senyap dari Mesin Diesel tempo dulu.

2. Mesin Diesel boros bahan bakar.
Kata siapa??? Dengan Cetane tinggi dan Torsi yang lebih besar dari mesin bensin membuat Mesin Diesel mengonsumsi bahan bakar lebih irit. Apalagi Mesin Diesel sekarang sudah sangat-sangat maju, teknologi yang digunakannya membuatnya lebih irit dengan pembakaran yang lebih sempurna dan optimal.


3. Mesin Diesel loyo alias kurang tenaga.
Dari masa dipasangkannya teknologi Turbo pada Mesin Diesel, mitos tentang kurang tenaga sudah terbantahkan. Lalu muncul teknologi Common Rail yang terus disempurnakan membuat Mesin Diesel tak lagi bisa diremehkan atau dipandang sebelah mata.

4. Mesin Diesel berasap hitam dan kotor.
Dengan hadirnya bahan bakar solar yang lebih berkualitas dan bersulfur rendah, didukung Mesin Diesel yang lebih canggih pada masa kini, mitos tentang asap hitam mulai hilang serta emisi gas buangnya pun menjadi lebih ramah lingkungan.

Jadi Sobat Bloggers...
Teknologi terus berkembang dan semakin maju, mitos-mitos ataupun persepsi-persepsi tentang Mesin Diesel pada jaman dulu kini telah bisa terbantahkan. Hal ini bisa dibuktikan dengan semakin banyaknya produsen mobil yang mulai melirik Mesin Diesel untuk dipasangkan pada mobil-mobil berkelas milik mereka.


Dan sedikit informasi dari saya diatas semoga dapat memberikan manfaat bagi Sobat dan pembaca semuanya...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Tentang Mesin Diesel yang salah"

  1. The diesel engine is an internal combustion engine that uses a piston to mengkorversi energy arising from the combustion of diesel fuel injected into the combustion chamber.
    togel sgp

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel