Hino Dutro

Cara Menurunkan Pompa Injeksi Dutro


Injection Pump Dutro

Seorang sobat ada yang request tentang cara menuunkan Pompa Injeksi Dutro dari mobil/mesin. Karena belum adanya waktu luang yang tepat, saya jadikan permintaan tersebut sebagai PR yang harus saya lakukan suatu saat nanti.
Dan kali ini saya akan menjawab PR atau bisa dibilang membayar hutang saya untuk menuliskan artikel tentang hal ini. Yaitu tentang cara menurunkan injecion pump Dutro dari mesin.

Kita persiapkan alat-alatnya dulu Sob....
Kunci Ringpas 10mm, 12mm, 14mm, 17mm, 22mm.
Kunci Shock 12mm, 14mm, 17mm, 22mm dan 24mm
Obeng, kunci T 10mm dan Tang.
Langkah pertama sobat lepas semua selang-selang yang ada.
Selang hawa dari manifol ke filter udara, gunakan obeng.
Selang pembuangan nosel dengan kunci ringpas 10mm.
Selang Nosel + klam (kunci 17mm dan kunci T10mm).
Selang bahan bakar dan Filter Solar (kunci rngapas dan shock 22mm, kunci 14mm)
Selang Oli gunakan kunci ringpas 14mm, untuk bagian bawah (ngolong) gunakan kunci shock biar lebuh mudah.
Seling gas.
Jika semua selang dan seling yang menempel pada Pompa Injeksi sudah dilepaskan, sekarang kita lepas sambungan ujung manifol menggunakan kunci shock 12mm untuk melepas 4 buah bautnya.
Pompa Injeksi sudah dapat terlihat jelas hampir tanpa ada penghalang, sehingga akan mempermudah kita saat akan mengeluarkan Injeksi dari mesin nantinya.
Lepaskan penutup Cover timing gear yang di depan Pompa Injeksi (ada 3 buah baut 12mm), hal ini sebaiknya kita lakukan agar tidak mengalami kesulitan. saat pemasangan kembali. Kemudian lepaskan plat dudukan injeksi ke blok mesin (2 buah baut 12mm dan 1 buah mur 12mm).
Sekarang kita memposisikan agar tepat Topnya. Caranya sobat buka plat penutup "roda gila", letaknya di bagian belakan tepat diatas roda gila. Jika sudah terlepas gunakan obeng pipih yang tebal dan kuat untuk memutar roda gila .
Putar terus hingga sobat menemukan tulisan pada roda gila seperti gambar di bawah ini.
Pastikan Sobat bloggers melihat angka 1 4, jika sudah benar sekarang buka tutup pada Cover Timer Pompa Injeksi menggunakan kunci Shock 24mm, lalu kita kembali ke roda gila, putar sedikit sambil sobat memperhatikan lobang yang terbuka pada Cover Timer hingga tanda strip tepat lurus di tengah lobang.

Selesasi, Pompa Injeksi sudah siap untuk dicabut dan dioperasi, hehehe...
Sekarang bagaimana cara memasang kembali ke mesinnya???
Teorinya sederhana, lakukan dengan urutan kebalikan dari membuka / melepaskan Pompa Injeksi dari mesin. Tapi ada satu hal yang perlu diingat bila menangani Dutro.
Masih ingat dengan tutup pada Cover Timing Gear set depan??? yaitu tutup dengan 3 baut yang ditengahnya ada bearing untuk Timer Injeksi.
Disinilah pentingnya kenapa tutup itu harus dilepaskan, agar kita bisa menahan Gigi Timer injeksi untuk tidak berputar / bergerak saat kita memasang kembali Pompa Injeksi.Gunakan kunci T 12mm pendek untuk menahan Timer (masukkan kunci T ke baut pangancing Timer).
Berbeda dengan Colt Diesel PS maupun Canter yang memiliki Pin pada Cover Timer sehingga saat pemasangan bisa lebih mudah tanpa ada resiko Injeksi bergoyang. Pada Dutro tidak terdapat Pin dan akibatnya akan cukup merepotkan dengan besarnya kemungkinan Pompa Injeksi bergerak naik turun, dan proses pengetopan pun ikut sulit, kecuali anda menahan Gigi Timer dan memastikan Top pemasangannya tepat.
Jika Top Gigi Timer Pompa Injeksi sudah tepat posisiya (perhatikan kembali lobang pada Cover Timer), masukkan Injeksi perlahan sampai Cover Timer menempel rapat pada Cover Timing Gear mesin.
Pasang plat dudukan, semua selang, seling dan klam yang dilepas tadi. Serta tutup kembali plat penutup Roda Gila, kemudian lengkapi semua.
Beres, pekerjaan telah selesai.... Sekarang tinggal minum kopi sebentar lalu hidupkan mesin.
Jika ada kesalahan maupun kekurangan dalam penulisan saya, saya mohon maaf dan saya menunggu saran serta kritik dari sobat bloggers sekalian.
Salam Pintar....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Hino Dutro"

  1. Salam kenal saya punya dutro x pawer kendalanya mesin susa idup keadan panas pas oper gigi mesin tiba2 mati dan gas lamba turun
    Dan solar campur oli kira2 apanya ya makasi pa

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel