Menambah Performa Mesin Diesel

Mendongkrak tenaga Mesin Diesel
Alhamdulillah... Akhirnya bisa menulis lagi untuk blog kecil tercinta ini, semoga Sobat Bloggers bisa memahami apa yang saya tuliskan dengan bahasa yang sederhana ala saya, dan dapat memberikan manfaat serta menambah teman sesama pecinta "oprek" maupun tune up mesin.
 Tak semua orang bisa peka merasakan bahwa mobil yang mereka kendarai telah mengalami penurunan tenaga, konsumsi bahan bakar berubah, atau ada perubahan pada mesin kendaraan mereka. Apalagi jika perubahan tesebut begitu kecil.

Tapi saya yakin, semua orang menginginkan "tunggangan" mereka bisa lebih bertenaga dari aslinya (bawaan dealer) tetapi dengan konsumsi bahan bakar yang lebih kecil (bingung-bingung kan...?)

Karena saya adalah mekanik Bengkel Injection Pump (Pompa Injeksi) maka saya hanya akan menerangkan tentang menambah tenaga mesin dari sisi Pompa Injeksi, sedangkan dari sisi engine masih banyak Sobat2 pakar engine yang lebih menguasai dan lebih pantas untuk menjelaskan.
Apa sajakah yang bisa kita rubah untuk melakukan itu????

Tancap Sob...!!!

Seperti yang kita tahu, bahwa Pompa Injeksi dari sananya diset untuk menembakkan bahan bakar sesaat sebelum titik mati atas kompresi.

Agar pembakaran bisa benar-benar matang maka kita majukan saat pembakaran agar bisa menginjeksikan bahan bakar bersamaan dengan TMA. Akan ada efek suara mesin menjadi lebih kering, tetapi jika suara berubah menjadi kasar (beda lho dengan kering) itu tandanya saat pembakaran terlalu maju (terlalu ngepur).

Timing yang terlalu maju harus segera dikoreksi lagi, jika tidak maka akan ada harga yang harus dibayar yaitu mesin menjadi lebih cepat panas, dan beberapa komponen mesin menjadi lebih pendek umurnya.

2. Setelan Minyak
Siapapun tahu teori ini, semakin boros minyak maka mesin akan semakin bertenaga. Tetapi hal itu bisa menjadi boomerang jika kita menambahkan terlalu banyak (boros), karena mesin malah akan menjadi kurang bertenaga karena komposisi bahan bakar dan udara tidak sesuai. kalau istilah mekanik jalanan biasa bilang "mblebek".

3. RPM

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/10/menambah-performa-mesin-diesel.html

Yang dimaksud menambah RPM disini adalah menambahkan tekanan Governor sehingga putaran mesin akan diajak oleh Pompa Injeksi untuk bisa berputar lebih kencang lagi dari standarnya. Nafas mesinpun menjadi lebih panjang dan lebih mudah untuk menyemburkan tenaga pada angkatan pertama mesin.

Tetapi berhati-hatilah jangan sampai Sobat menambahkan RPM terlalu banyak, karena akibatnya bisa sangat fatal yaitu bisa memcu terjadinya patah Kruk As. Dan tidak semua Pompa Injeksi memiliki setelan RPM.

4. Nosel
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/10/menambah-performa-mesin-diesel.html

Setel ulang Nosel, dan hal ini harus lebih diperhatikan karena seperti yang kita tahu bahwa Nosel adalah "ujung tombak" penginjeksian bahan bakar. Lebih baik lakukan pemeriksaan maupun perawatan Nosel secala berkala.

Apalagi jika mengingat Nosel memiliki lobang yang sangat kecil hingga beresiko terjadi kebuntuan akibat kerak pembakaran ataupun kotoran yang terbawa dalam bahan bakar.

Sepertinya hanya 4 poin diatas yang dapat kita otak atik dari sisi Pompa Injeksi, sedangkan Poin yang ke 2 biasanya saya lakukan terakhir kali, karena semakin bertenaga mesin maka ,otomatis konsumsi bahan bakar menjadi berkurang. 
KOK BISA???!!!!

Logikanya begini sob, untuk mendapatkan power yang sama seperti saat sebelum ditune up kita tidak perlu menekan gas sama dalamnya. Dan itu artinya pembukaan bahan bakar pun lebih kecil dari sebelumnya. Semoga bisa dimengerti ya, hehehe....
Jadi kalau si empunya kendaraan masih ingin tambah lagi tenaganya, baru deh saya borosin sedikit minyaknya. 

Saya rasa cukup disini dulu ya Sobat sekalian...
Pada artikel berikutnya, saya akan coba mengulas beberapa  hal sepele  yang sering kita abaikan. Yang ternyata tanpa kita sadari hal-hal tersebut cukup berpengaruh terhadap penambahan tenaga meskipun sedikit. (Jangan sepelekan yang sedikit lho sob....)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

45 Responses to "Menambah Performa Mesin Diesel"

  1. Mantap mas, ada pertanyaan, kalo injector inline taft gt ada setelan rpm?

    ReplyDelete
  2. Mantap mas, ada pertanyaan, kalo injector inline taft gt ada setelan rpm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sekali Sob Okky karena baru bisa balas
      Pompa Injeksi Taft tipe In Line ada setelan RPM nya, tepat di bawah Cover Diaphragm. Akan tampak adanya baut 12mm dan hanya ada 1 baut tersebut.
      Untuk menambahkan baut diputar masuk. Good Luck...

      Delete
  3. sob kendhou,emang perbedaan setelan minyak dengan setelan rpm gimana, bukannya setelan minyak jika di tambah,rpm akan naik..kalau beda, perbedaanya apa, trus letaknya sebelah mana..trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah sangat jelas Sob Trio
      Setelan minyak untuk menambah debit minyak pada pompa injeksi, sedangkan setelan RPM untuk menaikkan putaran mesin melalui tekanan pada governor pompa injeksi.
      Perbedaan paling jelas adalah "nafas" mesin, jika yang ditambah adalah RPM maka nafas mesin akan semakin panjang, sedangkan minyak lebih menambah tenaga dengan resiko konsumsi minyak bertambah boros.
      Kalau tentang letak setelan, sangat bervariasi tergantung jenis pompa injeksi.

      Delete
    2. trimakasih sob khendou..
      untuk panther 2.5 ,setelan minyak itu yang pakai mur pengikat ukuran 13 ya sob? trus setelan rpm yang pake mur 10? benar apa tidak sob,mash bingung

      Delete
    3. Benar Sob, setelan minyaknya ada pada baut 13mm di bagian belakang cover atas injeksi.
      Sayangnya Pompa Injeksi Rotary (2,5) tidak menggunanakan setelan rpm, baut 10mm hanya untuk setelan langsam/idle. bisa dibilang rpmnya diset mati dari "sononya" hehe...

      Delete
    4. oo, begitu critanya..kalo pompa injeksi rotary yang ada setelan rpm punyanya apa sob? masih penasaran dengan yang namanya setelan rpm..

      Delete
    5. Kalau beberapa macam pompa injeksi yang umum beredar di indonesia... Tidak ada setelan untuk RPM.
      Tapi ada solusi yang pernah saya praktekkan dan berhasil. Yaitu dengan menggunakan ring yang lebih tebal pada governor, bisa juga dengan mengganti pendorong lever pada governor dengan yang lebih panjang.

      Delete
    6. mau tanya lagi sob kendhou,,maaf banyak tanya..semisal ada pompa injeksi bocor,trus ganti seal kit tanpa kalibrasi pada tesbench,tetapi sebelum pembongkaran dilakukan pengukuran baut2 setelan dengan mikro meter dengan tujuan agar setelan sama dengan sebelum di bongkar..kira2 bisa apa tidak sob?

      Delete
    7. mau tanya lagi sob kendhou,,maaf banyak tanya..semisal ada pompa injeksi bocor,trus ganti seal kit tanpa kalibrasi pada tesbench,tetapi sebelum pembongkaran dilakukan pengukuran baut2 setelan dengan mikro meter dengan tujuan agar setelan sama dengan sebelum di bongkar..kira2 bisa apa tidak sob?

      Delete
    8. sebenarnya bisa saja sob, tapi saya tidak yakin hasilnya akan kembal 100% seperti semula hehehe...
      Tetapi dari pengamatan dan "seingat" saya, jarang o ring/seal yang terletak di baut setelan kecuali o ring setelan minyak.
      Menurut saya sebaiknya dikalibrasi untuk hasil yang lebih memuaskan.

      Delete
  4. Boleh minta kontak personnya mas...biar bisa tanya2 langsung...fast respon gitu..hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini juga g apa2 kok Sob, biar sobat-sobat kita yang lainnya bisa ikut tahu.
      Apaagi jika ada sobat yang punya pengalaman atau pengetahuan ebih, bisa ikut bantu kasih solusi. hehehe...

      Delete
  5. 100%TERPERCAYA TOKO ONLINE RESMI BUKAN PENIPUAN DI DELIMA PONSEL 100% KAMI JAMIN UANGX KAMI KEMBALIKAN APA BILA BARANGX TIDAK SAMPAI DALAN JANGKA 2 HARI ATAU KUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI DI http://delima-ponsel.blogspot.com
    PONSEL:HUB/SMS:0852-4004-4475 PIN BB:5B3C6CE6
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.5.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.700.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 I9500 Putih Rp.2.200.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note 3 PUTIH Rp.3.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Gold Rp.3.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 A300H 16GB Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 A500F Silver Rp. 2.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.700.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.900.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 4 16GB - Black Rp.1.800.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel) Rp.2.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.1.200.000
    Ready Stock ! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB-64GB Rp.2.700.000,

    ReplyDelete
  6. mau nanya sob....... mobil saya ford everest 2004..... kalo pagi asapnya cukup banyak....... apa sudah perlu penyetelan ulang...... konsumsi solar dalam kota 1:7 kalo luar kota 1:9,7.... mohon pencerahannya agar asapnya kurangdan bisa lebih hemat lagi...... makasih masukannya

    ReplyDelete
  7. mau nanya sob....... mobil saya ford everest 2004..... kalo pagi asapnya cukup banyak....... apa sudah perlu penyetelan ulang...... konsumsi solar dalam kota 1:7 kalo luar kota 1:9,7.... mohon pencerahannya agar asapnya kurangdan bisa lebih hemat lagi...... makasih masukannya

    ReplyDelete
  8. mau nanya sob....... mobil saya ford everest 2004..... kalo pagi asapnya cukup banyak....... apa sudah perlu penyetelan ulang...... konsumsi solar dalam kota 1:7 kalo luar kota 1:9,7.... mohon pencerahannya agar asapnya kurangdan bisa lebih hemat lagi...... makasih masukannya

    ReplyDelete
  9. Mau tanya gan utk stel timming, minysk dan rpm di kijang diesel 2l posisi dmn ya?

    ReplyDelete
  10. Mau tanya gan utk stel timming, minysk dan rpm di kijang diesel 2l posisi dmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk stel timing cukup kendurkan 2 mur yang mengikat PI dengan Cover Timer serta baut pada plat dudukan yang mengikat PI dengan blok mesin.
      Untuk stel minyak gunakan baut dengan mur 12mm di bagian belakang tutup PI, tepat diatas Switch Otomais (selenoid)
      Untuk stel RPM... mohon maaf, tidak ada baut ataupun mur untuk melakukan hal ini, hehehe....
      Good Luck sob Kurniawan

      Delete
  11. numpang nanya maz kendhou.
    klo setelan govarnor untuk canter letaknya dmna y maz.???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk penyetelan Governor (RPM) pada Canter, sama saja dengan metode yang digunakan pada Colt Diesel PS100/120. Posisinya terletak di belakang tutup samping dengan cekungan (-) di bagian tengahnya.

      Delete
  12. uwh sg iku ta, mutery k kanan ap k kiri maz.??? biar tarikany enteng

    ReplyDelete
  13. Misi mas bro, saya punya mobil kia travello klo di rpm tinggi brebet trs keluar asap putih, kira kira apa'y? Tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar supplai minyak dari tangki sampai ke pompa injeksi kurang lancar atau terhambat.
      Saran pertama dari saya adalah periksa filter solar, jika memang diperlukan lakukan penggantian. Kemudian periksa dan bersihkan semua jalur minyak/bahan bakar, mulai dari selang-selang hingga tangki. Semoga berhasil sob...

      Delete
  14. Makasih mas solusi'y, cuma sekarang klo di gas keluar asap hitam dan susah hidup pagi hari( star panjang) tenaga jg berkurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keluar asap hitam bisa bermacam-macam sebabnya, setelan miyak yang trlalu boros, filter udara yang kotor atau bahkan sudah lembab dan setelan klep yang sudah renggang.
      Susah hidup di pagi hari, periksakan noselnya apakah sudah tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan maksimal atau tekanannya terlalu rendah. Dan jangan lupa untuk memeriksa apakah bahan bakar di dalam pompa injeksi berkurang di kala pagi.

      Delete
    2. mlam bro klo untuk canter untk setwlan minyak mutar ke kiri apa ke kanan...dan dan untuk besarin stasionernya ke kiri apa ke kanan ya...

      Delete
  15. Numpang tanglet maz kendhou..aku punya l300 solar 97 cm tenaganya trlalu berat n suaranya kasar , mohon pencerahan supaya kembali normal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertama cari dulu penyebab suara kasarnya, bisa bermacam2... dari sisi Nosel bisa jadi karena macet noselnya. dari sisi injeksi bisa karena terlalu maju setelan timingnya (pur), regulating valve yang terlalu dalam.
      Nosel macet pun berpengaruh pada tenaga, begitu juga dengan penyetelan timing yang kurang tepat. Pastikan dahulu mesin dalam keadaan "sehat wal afiat" ya sob

      Delete
  16. Postingan yg sangat membantu, khususnya buat kita yg masih belajar.

    Ditunggu postingan barunya mas ken dhou. Salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap sob dan salam kenal balik...
      semoga bisa secepatnya menambah postingan

      Delete
  17. Mas bro,, mau nanya setelan timing dan governor letaknya disebelah mana untuk ps120??? Terimakasih.

    ReplyDelete
  18. Setelan timing di bagian depan PI,ada beberapa garis yang terlihat jelas di Cover Timer PI.
    Setelan Governor di bagian belakang, buka tutup yang berbentuk lingkaran dengan. Setelan tepat di dalamnya. semoga berhasil

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf mas,, bisa di perjelas lagi penjelasan nya??
      Klo stel governor tepat nya dgn tutup lingkaran dengan apa mas?? Trus setel nya putar keluar apa masuk?? Terimakasih.

      Delete
  19. malam bro klo stel minyak untk canter di putar ke kiri apa kanan..dan untuk ngebasarin stasionernya ke kiri apa ke kanan ya...

    ReplyDelete
  20. Mau nanya mas...kalau mau setel timing ps120 apa harus turunin pompa injeksi atau bisa tetap dimesin...mohon penjelasanx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk stel timinh tidak perlu menurunkan Pompa Injeksi sob.

      Delete
  21. Mas bro...klo setelan governor ps120 kemana arah putarannya dan kira kira berapa putaran biar mesin aman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Putar searah jarum jam sob, setengah putaran saja untuk hasil aman.

      Delete
  22. Malam sob. untuk menambah hentikan pada truk hino 500, apanya yang perlu di setel, Rpm udah di tambah, minyak juga, tapi kok hasil gas kayak ngambang sih, tenaga akan muncul jika RPM turun ke 1500??? Tolong pencerahanya sob

    ReplyDelete
  23. Mau tanya governor canter ap bisa pakai buat ps120? Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ukurannya sudah berbeda sob, jadi governor Canter tidak bisa digunakan pada Pompa Injeksi Colt Diesel PS (100/120/135)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel