Nozzle pada Injection Pump

Nosel alias Injector
Sobat Bloggers sekalian, masih ingat dengan ulasan saya tentang komponen2 dasar dalam sistem pembakaran mesin diesel kan??? yang belum tahu bisa baca di komponen sistem bahan bakar diesel. Disini saya akan menerangkan tentang Nosel / Nozzle.

Sebagai salah satu komponen dalam sistem pembakaran, khususnya berbahan bakar solar. Nosel atau yang dikenal juga dengan nama injector memiliki peran yang penting pada hasil akhir pembakaran. Ibarat penyerang atau ujung tombak pada permainan sepakbola.
Nozzle pada injection pump
Berawal dari bahan bakar yang dipompa dari tangki melewati filter bahan bakar bersendimenter untuk memisahkan air dari solar, menuju filter kedua yang menyaring kotoran dalam bahan bakar sebelum masuk ke dalam Pompa Injeksi atau Injection Pump.

Kemudian dipompa dengan tekanan tinggi oleh Plunger / Rotor Head dengan dibantu oleh Delivery Valve untuk menjaga bahan bakar bertekanan tinggi dalam selang nosel tetap padat. Hingga akhirnya menujuj Nosel yang menyemprotkan bahan bakar dalam bentuk kabut halus sehingga mudah untuk dibakar oleh kompresi dalam ruang bakar mesin.

Bagaimana seandainya Nosel dalam keadaan rusak dan tidak bisa mengabutkan bahan bakar?
Akibatnya adalah pembakaran menjadi tidak sempurna atau mentah, yang berdampak pada menurunnya performa mesin, proses menghidupkan mesin menjadi lebih susah dari seharusnya dan asap pembakaran pada knalpot menjadi berwarna putih serta pedas/pedih di mata.

Seperti yang sudah kita ketahui Sob, Nosel ada beberapa macam dan varian, Nosel rasa nanas, Nosel rasa coklat, kacang, strowberry dan LAHHHHH....!!!!
Sorry sob ngaco, ini efek karena lagi lapar kali ya????

1. Nosel untuk Pompa Injeksi In Direct Injection
Nosel untuk tipe ini sering kita jumpai berbentuk datar pada bagian ujung Noselnya, dengan hanya memiliki satu (1) lobang penyemprot.

Nozzle Injector
Segera lakukan penggantian saat sobat menemukan nosel dalam keadaan..:
-Tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan baik (ngencing/netes), apalagi jika pada bagian ujung nosel telah cekung.
- Jarum Nosel macet, hindari usaha untuk mengakalinya karena kemacetan pada jarum akan kambuh lagi tanpa menunggu waktu lama (sering terjadi pada Nosel Panther 2,3, Chevrolet LUV dan Trooper).

2. Nosel untuk Pompa Injeksi tipe Direct Injection.
Rata-rata Nosel tipe ini berbentuk lancip pada bagian ujung Nosel dengan lobang penyemprot yang bervariasi, 4 lobang, 5 lobang hingga 6 lobang.

Nozzle Direct Injection


Kapan Nosel sebaiknya dilakukan penggantian?
- Nosel ngencing / menetes
- Terjadi penyumbatab / kebuntuan pada lobang penyemprot
- Terjadi kemacetan pada jarum Nosel
- Nosel retak / pecah (gompel) pada bagian ujung (biasa terjadi pada Fuso FM, Fighter, Hino Ranger dan sejenisnya)

Penyetelan Nosel
Secara garis besar, Nosel terbagi menjadi 2 cara dalam segi penyetelan
1. Dengan menambahkan / mengurangi shim (washer adjuster) pada pegas penekan
2. Dengan memutar baut setelan (sekrup pengatur) yang terdapat di belakang / pangkal Nosel


Diagnosa kerusakan pada Nosel

1. Jika jarum Nosel macet, akan menimbulkan suara nglatak yang keras menyerupai suara metal. semakin digas suara yang ditimbulkan akan semakin keras.

2. Jika Nosel ngencing / menetes akan menimbulkan asap putih yang pedas pada saat mesin masih dingin (pagi hari), terkadang proses hidup menjadi agak susah.

3. Jika Nosel retak / pecah, akan mengakibatkan kepincangan pada suara mesin (mbrebet) yang disertai asap putih terus menerus.

Trik saya...
-Saya sering melakukan penggantian Nosel dengan nosel yang memiliki lobang penyemprot lebih banyak, conntoh Nosel Rhino saya ganti dengan Nosel Colt Diesel PS.

-Untuk penyetelan Nosel Fuso Built Up, lepaskan/buang terlebih dahulu ring penahan pada spindle. Karena ring ini membatasi tekanan nosel pada tekanan tertentu.

Mungkin saya cukupkan sampai disini dulu postingan tentang Nosel, semoga ada manfaat yang bisa diambil dari artikel ini.
Salam Pintar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

100 Responses to "Nozzle pada Injection Pump"

  1. Makasih banyak mas, sangat bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa memberikan manfaat bagi orang lain, jangan sungkan untuk tanya2, selagi masih dalam batas kemampuan saya, saya siap sharing kok Sob...
      BTW, salam kenal Sob Gilang

      Delete
  2. mas, ispan 2001 om saya kalo awal hidup mesin pincang, trus setelah panas normal dan saat di ac, rpm naik sesaat, trus pincang lagi bahkan sampai mati. pompa injeksisudah dikalibrasi. kira2 apanya ya yang bermasalah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau mesin sampai mati bisa karena setelan langsam yang kekecilan, bisa juga karena Rotor Head yang sudah lemah (aus).
      Untuk gejala pincang hanya ketika mesin dingin, paling sering dikarenakan Nosel yang kurang bagus.
      Saat AC dihidupkan seharusnya RPM naik sedikit untuk membantu mesin mengangkat beban tambahan, tapi tidak turun lagi kecuali AC dimatikan. Coba tanyakan kembali ke bengkel service PI nya, bagaimana kondisi keseluruhan PI ketika diperiksa.
      Salam kenal

      Delete
  3. Mas,mau tanya nosel panther 2,5 di,test,standart kencing kuda ,diganjal shim,katanya sdh lumayan berkabut,tapi mesin mobil,kalau lansam menjadi lebih bergetar kencang,apa penyakitnya dari sana,soalnya saya juga melakukanvpergantian delivery valve.terima kasih mas ken dhou.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya Nosel "ngencing" itu sudah bermasalah. Diganjal shim gunanya untuk menaikkan ukuran tekanan nosel. Kalau hanya waktu mesin dingin bergetarnya kemungkinan besar karena noselnya.
      Kalau dari Pompa injeksi, pada 2,5 sering terjadi karena lobang dudukan per gas pada stanggas sudah oblak (semakin besar}. Dan yang terakhir spring rotor head patah sob.
      Silahkan dicek kembali satu persatu, jangan sampai ada "kencing"/tetesan yang keluar dari nosel.
      Salam kenal

      Delete
  4. bilangnya sih dari bengkel pompa injeksi bagus semua g perlu ada pergantian gt,.anehnyapada saat di ac itu, rpm naik cuma sesaat aja mungkin gk sampek 10 detik, hbs itu langsung pincang, bahkan mati..kalo diperhatikan dari vacum ac juga bergerak dan diam(tidak kembali seperti saat tidak di ac), baru saat mesin mati, posisi tuas vacum ac itu kembali seperti semula kayak tidak di ac. apa dengan kalibrasi nosel semua penyakit sembuh ya mas kira?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sob Trio Margo
      Untuk lebih memastikan lagi, buat tekanan nosel di angka 200 pada tester nosel. Jika proses hidupnya masih tokcer (tidak panjang), kita bisa berasumsi bahwa Rotor Head PI masih FIT.
      Tapi bagaimana dengan Stanggasnya??? pada Is Pan 2,5 hal ini sudah biasa terjadi sob, dimana lobang dudukan per pada stanggas sudah melebar.
      Dari sisi mesin, periksa kompresi. Buka tutup Cover klep, apakah ada asap putih yang keluar ketika mesin dalam keadaan hidup, jangan lupa untuk melihat juga pada selang yang menghubungkan cover klep dengan selang filter udara.

      Delete
    2. trima kasih banyak mas ilmunya, semoga lancar usahanya, dan lancar pahalanya berbagi ilmu.
      iya mas kalo ada waktu nanti saran darimas akan dilaksanakan. kalo boleh minta nomer hp mas biar gampang untung tanya, sapa tau butuh informasi lagi. trimakasih banyak

      Delete
    3. Ukuran mesin 2.0. 75p. 4silinder kira tekanan nozzle berapa mazzz

      Delete
    4. Kalau yang paling mudah, cek bentuk noselnya aja Sob Nunun.
      kalau bentuk lancip noselnya, tekanan antara 175 - 200, sedangkan yang bentuknya tumpul tekanan antara 110 - 125.

      Delete
  5. Mlam , kalau mesin lagi hidup , tiba2 keluar air disela sela nosel. Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya ? Trimahkasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mobil apa dulu ni sob?
      Kalau sejenis mobil fuso fm, bisa jadi karena selongsong (biasa disebut juga kondom) nosel pada deksel (silinder head) terangkat/lepas.
      Tapi jika terjadi pada deksel yang tidak menggunakan selongsong nosel, bisa jadi karena paking deksel bocor, dan ring kuningan pada ujung nosel sudah aus.

      Delete
  6. Mlam , kalau mesin lagi hidup , tiba2 keluar air disela sela nosel. Apa penyebabnya dan bagaimana solusinya ? Trimahkasih

    ReplyDelete
  7. Mobil saya l300 tahun 2013,kalo langsam keluar asap biru bau dan perih.

    ReplyDelete
  8. @sahat_asap biru bau putih itu dari solar yang tidak terbakan bos,coba di cek nozzle siapa tahu ada yang bocor/pengabutan tidak sempurna

    ReplyDelete
  9. selamat pagi om..mga hari ini makin cerah dari kmren..saya mau tanya om.mobil saya ford everest th 2005..klo hidup pagi atau setelah mesin mati selalu pincang dan berasap putih..utk star masih tokcer..apa kira2 masalahnya om.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sob Zuhar, sobat sudah benar masuk ke halaman tentang nosel ini. kemungkinan terbesar terjadi pada noselnya. Mngkin ada yang pengabutannya kurang sempurna. cek juga tekanannya, bisa jadi sudah terlalu rendah dari yang seharusnya.

      Delete
  10. Gan, kuda2000 boros lebih enaknya di tuneup apa cek injektornya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek semuanya sekalian sob Naxs, Pompa Injeksi dan Nosel (Injector).
      Keduanya memiliki pengaruh terhadap boros tidaknya bahan bakar yang dikonsumsi oleh mesin.

      Delete
  11. maaf bos mau nanya, ispan 2.3 dari nozel ada rembes solar dari atas sambungan pipa yg dari bospam itu kenapa
    dan apa bisa di servis aja saya cek baut kencang semua stater jadi panjaang baru hidup. Terima Kasih banyak Semoga sukses selalu Amiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksudnya selang yang mana Sob Kanster??
      * Kalau yang dimaksud adalah selang noselnya, buatkan ring khusus yang berbentuk mangkok untuk ditempatkan diantara selang dengan nosel.
      * Kalau dari selang pengembalian, periksa semua ring kuningan berukuran 12mm. Ganti ringnya jika diperlukan.
      * Untuk masalah starter panjang baru hidup, harus diperhatikan terlebih dahulu kapan atau disaat bagaimana starter selalu panjang. Karena rembesan solar jarang berpengaruh terhadap starter kecuali rembesan terjadi pada selang dari tangki sampai selang pemasukan PI.
      Trims

      Delete
  12. Terimakasih responya sobat, rembesnya di bodi nozel diatas overflo sob, getaran mesin tambah dan suara kasar, apa mugkin lubang nozel tersumbat sehingga solar mencari jalan keluar lain?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi karena lubang nosel tersumbat, jika benar tersumbat akan menimbulkan suara nglatak (mirip suara metal).
      Jangan lupa untuk memeriksa ring kuningan pada ujung nosel, satu ini juga kerap mengakibatkan rembesan solar keluar pada bodi nosel (lewat celah antara nosel dengan silinder head)

      Delete
  13. Brother kl mau cari nozel asli toyota dimana ya harganya yg asli brp ya sobat,Makasih

    ReplyDelete
  14. Malam brother mau tanya sobat kijang solar saya, setelah tak ganti nozel malah suaranya brebet kayak solar nya telat kaya terlalu irit tiap di injak pedal gas pertama kali getaran mesin kuat suara mbrebet padahal nozel baru waktu itu harga nozel nya satu biji nya 130 ribu,sampai saat ini masih bingung kira kira apa masalah nya dan tenaga nya kurang power.mohon pencerahanya sobatku maturswunn

    ReplyDelete
  15. Malam brother mau tanya sobat kijang solar saya, setelah tak ganti nozel malah suaranya brebet kayak solar nya telat kaya terlalu irit tiap di injak pedal gas pertama kali getaran mesin kuat suara mbrebet padahal nozel baru waktu itu harga nozel nya satu biji nya 130 ribu,sampai saat ini masih bingung kira kira apa masalah nya dan tenaga nya kurang power.mohon pencerahanya sobatku maturswunn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jika gejala mbrebet muncul setelah pergantian Nosel, saran saya coba untuk diperiksa kembali noselnya. Apakah tekanannya sudah benar atau malah noselnya yang kurang bagus (meskipun baru).
      Kalau dari harga masih ada kemungkinan menggunakan yang kw,tapi saya tidak berani memastikan karena harga bisa berbeda-beda di beberaa daerah.

      Delete
  16. Sob. misal mau cek dan bersihkan nozel sendiri ispan 2.3 cara bongkarnya gimana dan pakai kunci apa coz letaknya sempit kalo dibuka tutup atasnya saja bisa gk ya misal holder yg nancap di blok mesin tidak di lepas kira2 injektornya bisa diangkat?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo sobat selamat beraktivitas.

      Delete
    2. Melepas Nosel Ispan 2,3 gunakan kunci pas 30mm. Kalau sobat rasa posisi nosel cukup sulit untuk dibuka, lepas saja tutup klep agar posisi lebih mudah dan lebih banyak ruang untuk melepas noselnya.
      Jangan hannya melepas bagian atas saja (tutup setelan nosel) karena tidak ada jaminan bisa mensetting tekanan nosel menjadi rata.
      JANGAN LUPA Sob!!!! Ini adalah mesin dengan silinder lebih dari 2, jadi semua harus sama / rata. Dan jika Mur holder yang menempel di blok mesin (30mm) tidak dilepas, maka unit injector pun tidak akan bisa dilepas.
      Mudah2an bisa mengerti dengan bahasa saya yang mungkin membingungkan, hehehe...

      Delete
    3. Oke Terimakasih sobat jelas bisa dipahami bahasanya semoga jadi amal yg baik.

      Delete
  17. ikut menyimak ..informasi yang sangat bermanfaat ..maturnuwuuun

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo dibaca-baca, semoga memberikan manfaat
      terima kasih kembali

      Delete
  18. mau tanya gan, mobil kuda disesel saya, kalau digas pelan bodi mobil agak goyang...apa krn pengaruh nozle yg blm diservis...mohon pencerahan..sblmnya trm ksh atas artikelnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba diperiksakan noselnya, karena gejalanya lebih mirip dengan nosel yang bermasalah. Ada gejala "pincang" saat angkatan gas, tetapi normal di rpm tanggung hingga tinggi.
      Semoga berhasil sob...

      Delete
  19. Pagi bos, saya punya ispan 2,3.
    Ada masalah ketika jalan kadang dr knalpot keluar asap putih tebal dan banyak, tapi hilang lagi.apa lagi ketika pas keluar asap putih trs saya gas penuh asapnya banyak sekali, dan itu bisa normal lagi. Dan itu cuma kadang-kadang, g setiap jalan kaya gitu.
    Kalo mesin hidup selang pernafasan mesin tdk ada asap, begitu juga dari tutup oli mesin ketika saya buka jg tidak keluar asap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sangat memungkinkan penyebabnya dari nosel yang sudah minta dicek sob. bisa jadi noselnya sudah tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan baik.
      Apalagi ispan 2,3 memang rawan pada noselnya.
      Semoga membantu

      Delete
  20. Malam booos.klo isuxu panther asapnya tebal kira2 apanya ya bos?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asap tebal bisa karena filter udara yang kotor/minta diganti, setelan debit minyak yang terlalu boros dan klep yang terlalu renggang.
      Silahkan diperiksa point-point diatas sob.

      Delete
  21. Malam booos.klo isuxu panther asapnya tebal kira2 apanya ya bos?

    ReplyDelete
  22. Benar2 bermanfaat info dari sam satu ini..
    Ane mau tanya sam tekanan nozzle pda mesin perkins 4,4 berapa psi sam..?
    Maturnuwun..

    ReplyDelete
  23. Ini mesin pada traktor landini 85 hp nuwus sam...

    ReplyDelete
  24. Halo mas, kl ganti nozelnya Rhino 115 bisa pake nozelnya ps berapa. Apa bisa punya canter.terus apakah tarikan jadi lebih yahud ya mas. Trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sob baru balas...
      Untuk Rhino 115 atau 14B, bisa menggunakan PS100 dengan seri nosel P50, juga bisa menggunakan PS120 no seri P84. Jangan gunakan Nosel PS100 lama yang bernmor seri P3, karena hanya cocok untuk Rhino 100 atau 13B.
      Kalau tarikan pastinya ada perbedaan, karena lobang penyemprotnya berbeda, Rhino 115 memiliki lobang berjumlah 4 sedangkan PS 5 lobang.
      Semoga membantu...

      Delete
  25. Malam mazz,sy mau tanya untuk masalah pada isuzu bison KAD (mesin c223),kronologisnya kemarin mesin sy hidupkan stasioner dgn rentang waktu lumayan lama karena sedang set lampu2, lalu mesin sy matikan untuk lanjut besok pengesetan,tapi ternyata saat mau lanjut mesin gak bisa hidup,sy pompa manual masih bisa sampai keras pompanya saat cek tangki ternyata solar ditangki sangat minim,sy tarik kesimpulan ada masuk angin,sudah sy coba buang angin tapi masih blum bisa hidup juga tapi sewaktur di sudah seperti ada ledakan mau hidup tapi turun lagi putaranya,apakah bisa jadi ada angin juga di dalam injector hingga susah hidup ?,atau ada hal lain pada PI mengingat sblmnya mesin hidup seperti biasa walaupun ketika dimatikan ternyata solar sangat minim di tangki,sebelumnya terima kasih untuk solusi pengetahuan yg diberikan..dan sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba lepas selang nosel yang terpasang diantara PI dan Nosel... Coba distart PInya, apakah solar bisa keluar dari holder PI? jika keluarnya kuat berarti PI sehat dan bisa "menendang" bahan bakar degan normal... Bisa diambil langkah buang angin di PI.
      Jika PI tidak bisa menendang solar dengan kuat atau bahkan tidak bisa keluar solar, PI harus turun untuk diperiksa lebih lanjut sob.

      Delete
    2. Terima kasih utk solusi pengetahuannya mas..,alhamdulillah permasalahan dirunut hingga akhirnya ketemu solusinya walau akhirnya sampe OH jga..diantaranya ganti liner+ring piston+kalibrasi nozzle ..kompresi bocor krna ada ring piston patah..tapi hasil lebih maksimal dan DIY saja mas..sukses selalu

      Delete
  26. mazz numpang tanya, bgmn cara setel nozzle isuzu giga dengan menggunakan tester nozzle standart?

    ReplyDelete
  27. Isuzu Giga menganut sistem Commonrail, pastinya noselnya pun berbeda dengan nosel biasa pada umumnya. Ada soket pada body/housing nosel yang bekerja untuk membuka dan menutup jalur minyak masuk ke dalam nosel.
    Gunakan arus DC yang sesuai untuk membuka swicth pada nosel, sisanya kurang lebih sama dengan nosel pada umumnya, semoga membantu...

    ReplyDelete
  28. Mo tanya sob, mobil saya bus canter 110ps ketika dihidupkan mobil saya getaran mesin nya keras banget dan ada asap putih keluar dari kenalpot, ketika mesin sudah panas agak mendingan getaranya, waktu kita gas gak ada gejala merebet(normal) tenaga ok.
    Saya pernah cek turbonya turbinya agak oblak dan keluar oli pada kait westage dibawah keong.
    Gimana caranya biar kembali normal lagi?
    Trims sob.

    ReplyDelete
  29. Mo tanya sob, mobil saya bus canter 110ps ketika dihidupkan mobil saya getaran mesin nya keras banget dan ada asap putih keluar dari kenalpot, ketika mesin sudah panas agak mendingan getaranya, waktu kita gas gak ada gejala merebet(normal) tenaga ok.
    Saya pernah cek turbonya turbinya agak oblak dan keluar oli pada kait westage dibawah keong.
    Gimana caranya biar kembali normal lagi?
    Trims sob.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari sisi Pompa Injeksi, kemungkinan ada nosel yang sudah kurang bagus pengabutannya. Bisa juga karena tekanan noselnya rendah.

      Delete
  30. Mau tanya sob...penyebab keluar air pada lubang injector saat di torn kenapa?

    ReplyDelete
  31. Sobat mau tanya.. mobil isuzu bison minibus saya udah lebih sebulan nongkrong di bengkel blm ketemu solisinya.. masalahnya sangat susah hidup saat di starter sampe di tarik baru hidup mesin tidak bertenaga, saat hidup masalah lain dtang yaitu mesin tetep hidup meski posisi kunci di off.. Apakah hal seperti iniada kaitanya dengan nozel mohon pencerahan

    ReplyDelete
  32. Mau Tanya sob,ketika fuel atau solar yg keluar dr hole injector ketika mesin hidup itu penyebabnya apa sob ?.dan untuk ring kuningan bantalan berpengaruh untuk permasalahan tersebut?.masalahnya jg ring kuningan sering pecah ketika di torq terlalu kencang apa kah Ada ukuran torq untuk pengencangan ring kuningan tersebut?.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling sering yang mnjadi penyebab masalah diatas adalah ring yang sobat tanyakan.
      Saya selama ini hanya mengandalkan feeling untuk pengencangan, dan maaf karena selama ini saya belum pernah mengalami ring pecah ketika dikencangkan.

      Delete
  33. Dan yg di sebut selongsong pada nozzle itu yg mana yah sob?

    ReplyDelete
    Replies
    1. selongsong yg mana dlu sob?
      ada yang menyebut housing nosel sbg selongsong. ada juga selongsong nosel yang terpasang pada cylinder cup (deksel), selongsong jenis ini biasanya ada pada mitsubishi fm (fuso) dan sekelasnya (6 silinder keatas)

      Delete
  34. Sorry sob numpang tanya klu seri nozzle untuk ispan turbo th 2012 berapa ya sob?

    ReplyDelete
  35. Suara mesin holden gemini,pertama kali di hidupkan nglatak..setelah rpm di naikan suaranya berangsur menghilang.dan nozle no.1 rembes solar.
    pertanyaan saya apakah penyebab suara nglatak itu gara2 nozle no.1 yg rembes it om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi sob
      karena suara nglatak bisa disebabkan oleh nosel yang macet, bisa juga karena adanya angin yang tercampur pada bahan bakar

      Delete
  36. Mau tanya mas, Ford Everest TDCI saya kalo mesin panas trus dimatiin kemudian distatee lagi ghak.mau hidup, baru mau hidup jika tunggu mesin dingin, atau bisa hidup jika di intake disemprot carb cleaner...apakah ada masalah diinjectornya kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masalah susah hidup saat mesin panas sering disebabkan oleh mesin yang sudah tidak sehat sob.
      coba periksakan ke bengkel mesin, ada kemungkinan kompresi berkurang

      Delete
  37. met malam mas,mobil saya triton HD-x tahun 2013 keluar asap hitam tebal trus nossel ama FIPnya mau saya kalibrasi tapi saya dikasih saran untuk terlebih dahulu mengganti ring tembaga untuk tip nossel pada cylinder headnya, apakah memang ring tembaga tersebut yang menyebabkan asap hitam tebal?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba dikurangi setelan debit minyaknya sob

      Delete
  38. Mau nanya mas, mobil isuzu d max tahun 2015 nozel nya kurang sempurna pengabutannya,nozel nya udah diganti yang baru tapi tetap juga kurang sempurna,trus kalau di hidupin dia hidup tapi suara mesin kasar dan gas nya tinggi sendiri.
    Sekian trima kasih

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  41. Bos mesin sy noselnya sll macet. Sll di gntibaru. Apa y kndalanya

    ReplyDelete
  42. Mas,apakah bisa rotor head taft GT bosch pump inline di ganti punya Rhino / L300? Trus untuk nozzle bisa pakai punya apa?

    ReplyDelete
  43. Sya mau tanya mas mobil sya cevrolet luv thn 85 solar klau jln pelan loncat loncat, di tanjakan kurang tenaga dan kalau hbis jln mesin di matiin kira2 20 mnit pas mau di hidupkan lgi harus nyalin busi pemanas dlu walau pun mesin masih panas trimakasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah mesinnya dalam keadaan sehat?
      Saaran saya periksakan terlebih dahulu kondisi mesinnya sob. Karena jika nosel bermasalah seharusnya proses penyalaan mesin akan mudah saat mesin sudah/masih panas (keculai nosel benar-benar tidak mengabutkan minyak, hal inipun akan menimbulkan gejala asap putih terus menerus)

      Delete
  44. Trimakasih mas responnya .memang di jalur pernapasan mesin ada keluar asap tipis.apakah itu sangat berpengaruh di tenaga mesin .kalau nozel sdah di kali brasi di ganti semua nozel nya tpi bos pom nya blum.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup berpengaruh sob, karena asap yang keluar dari selang pernapasan adalah tanda bahwa ada kebocoran kompresi dari ruang bakar melalui ring / piston.

      Syarat mesin diesel normal adalah kompresi dan suntikan bahan bakar yang tepat, jika salah satu berkurang tenaga ikut berkurang.

      Delete
  45. Memang klau di gas ada asap hitam dan putih tpi oli gk pernah kurang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asap kelabu (hitam dan putih) pertanda pembakaran belum matang karena seharusnya hanya berwarna hitam.
      Selain mesin, bisa sobat periksakan bospomnya (diaphragm/membran dan derajat timing)

      Delete
  46. numpang tanya... kalo kijang diesel 2L apaka nozzlenya ada yg lebih baik dari standart/ ada substitusinya?


    sya baca2 di forum katanya ada yang versi 4 lubang...
    nah itu luang bagian mana? karena stau saya nozzle kijang modelnya lubang 1 di tengah...

    trims

    ReplyDelete
  47. Sebenarnya saya pernah baca mengenai nosel tipe "kompetisi" atau bisa dibilang sebagai "tipe racing" tapi saya sudah lupa karena sudah sangat lama. Tapi lobangnya tetap 1 sob...

    Jelas lebih baik dari versi standar

    ReplyDelete
  48. Saya mau nanya dlu brother, apa penyebabnya truck canter turbo 125, menjadi bunyi mesin kasar dan bergetar di saat mesin panas dan setelah muat muatan yg berat. Mksh brother

    ReplyDelete
  49. Saya mau nanya dlu brother, apa penyebabnya truck canter turbo 125, menjadi bunyi mesin kasar dan bergetar di saat mesin panas dan setelah muat muatan yg berat. Mksh brother

    ReplyDelete
  50. Saya mau nanya dlu brother, apa penyebabnya truck canter turbo 125, menjadi bunyi mesin kasar dan bergetar di saat mesin panas dan setelah muat muatan yg berat. Mksh brother

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Periksakan ke mekanik mesin, lihat apakah mesin sudah "ngobos" keluar asap putih dari tutup klep, selang pembuangan hawa mesin.

      2. Cek gigi timer

      Delete
  51. terima kasih artikelnya, sangat membantu saya, btw saya pelihara taft diesel F50, ketika mesin dinyalakan pada pagi hari asap sangat tebal dan berwarna putih, namun ketika mesin sudah panas, asap tsb hilang, apakah ini bertanda nosel perlu service ? dan jikalau pengen ganti nosel yg lebih banyak lubangnya, pakai nosel milik mobil apa ya ? . terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar asap putih dan tebal karena nosel yang sudah tidak bagus. sebaiknya diganti jika memang bermasalah...
      Taft masih menggunakan mesin tipe indirect jadi menggunakan nosel tipe single hole. coba cari single hole yang tipe kompetisi

      Delete
  52. Mau tanya mas,,kalau nozzle udah kencing bisakah cuma di ganti jarumnya saja?untuk ispan 2001..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau yang sobat maksudkan adalah noselnya (bukan seperangkat sama housing/rumah nosel) jawabannya adalah BISA
      Tapi jika yang sobat maksud dengan "jarum" adalah needle dari nosel, saya tidak menyarankan karena ukurannya sudah pas (antara jarum dengan body) untuk tiap nosel

      Delete
  53. Mas penyebab timer pecah apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Timer pecah bisa karena usia, pompa injeksi yang kurang kencang terpasang pada mesin / dudukan tak terpasang, material bahan (rahasia pabrikan ya kalo ini...), gigi penghubung kocak dan karena pemakaian yang kurang benar.

      Delete
  54. Mau nanya mas ku... excavator/bhego mesin cummim ketika lg di hidupkan dan saat kerja angkat beban berat mesin mengeluarkan asapnya hitam pekat. Untuk Mesin tidak drop tetapi Kurng tenaga, boros solar dan suara yg krg garing. Saat ini ukuran nosel nya 190..mohon petunjuk nya mas... dan trimkasih sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh adekku, hehehe...
      Tenaga kurang, suara mesin kurang kering dan asap hitam pekat...
      Coba sob Dony Agung Rubiyanto baca-baca kembali artikel mengenai Dongkrak tenaga dan Tune Up PI mesin diesel.
      Tapi sebelum dilakukan langkah tuning up, sebaiknya sobat periksa terlebih dahulu filter solar dan jalur-jalur bahan bakar dan juga filter udara.
      Untuk ukuran tekanan nosel segitu sudah cukup kok... Semoga berhasil

      Delete
  55. Mau tanya om ku... Semoga tejawab...
    Saya punya mobil kuda diesel 2,5 dijalan lurus jalan mulus atau mesin normal...
    Tetapi disaat tanjakan mesin seperti hilang nafas walaupun pedal gas full kita injak... Mohon solusinya om? Terimakasih banyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba jawab ya keponakanku... hehehe...
      Dari kendala yang disebutkan, sepertinya masalahnya adalah adanya ketidak lancaran pada bahan bakar atau udara.
      Bahan bakar : Coba periksa dari tangki, selang-selang, filter hingga saringan yang ada di bawah nipel pemasukan bahan bakar pada pompa injeksi. Bisa juga karena ada nosel yang kurang bagus tekanan ataupun pengabutannya.
      Udara : Periksa filter udara dan setelan klepnya
      Good Luck....

      Delete
  56. Malem mas mau nanya nih..
    1. Bagaimana cara sederhana mengetahui nozzle yg bermasalah?
    2. Misal cuma salah satu saja yg rusak apakah bisa di ganti 1 saja krn truk saya dyna 115 dan misal ganti punya ps100?
    3. Apakah asap putih ke biru-biruan dr knalpot karena nozzle yg bermasalah (habis turun mesin ganti piston set tp msh berasap)?
    Makasih mas atas jawabannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba jawab sob, semoga bisa dimengerti
      1. Mesin lebih susah hidup disaat pagi atau mesin dingin, asap putih, pincang. kalau macet akan ada suara nglatak dari mesin saat digas, semakin digas semakin kencang suara yang timbul.
      2. Bisa sob, untuk nosel bisa diganti hanya pada bagian yang rusak saja.
      3. Bisa jadi karena nosel, apalagi Toyota Dyna 115... Nosel sering tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan optimal setelah cukup berumur (noselnya)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel