Traktor Kubota

Siapapun tahu dong Traktor, yatu kendaraan atau alat yang dibuat untuk membantu pekerjaan petani membajak sawah maupun ladang mereka. Ada yang kecil seperti iklan yang sering kita lihat di TV, menggunakan mesin diesel 1 silinder dan ada pula yang berukuran besar dengan mesin 3 silinder atau lebih. Seperti Traktor Kubota, Ford, John Deer dan lain-lain.

Beberapa saat yang lalu saya pernah menulis tentang Traktor TS90, sekarang saya ingin memberikan sedikit informasi tentang Traktor keluaran Kubota. Dengan mesin 4 Silinder menjadi sumber tenaganya, karena untuk yang 1 silinder, tidak akan jauh berbeda dengan pembahasan kita pada artikel Pompa Injeksi 1 Silinder yang terdahulu.

Jujur, pertama kali saya melihat Traktor Kubota yang ini saya terkejut. Sumpah...!!! karena saya tak menyangka bentuknya cukup imut, tidak seperti Traktor kebanyakan, dan kurang pantas (kalau nggak boleh dibilang sayang) seandainya dipakai untuk membajak ladang apalagi sawah. it's so cute...

Terlebih lagi ketika saya melihat dan membongkar Pompa Injeksinya, sangat berbeda dengan Pompa Injeksi yang umum kita lihat. Sangat sederhana dan kompak, tetapi mungkin akan memberikan sedikit kesulitan pada awal pembongkaran bagi yang belum tahu triknya.

Langsung aja Sob ke proses pembongkaran Pompa Injeksi
Gambar-gambar yang akan saya tampilkan merupakan gambar yang saya peroleh dari http://www.kubotaman.co.uk (thanks for the images), karena saya lupa untuk mengambil gambar saat mengerjakan perbaikan pada Traktor ini.

Langkah pertama adalah buka penutup samping berbentuk bulat (ini adalah trik yang sebenarnya), pada Injeksi ini kita tidak perlu membongkar cover belakang (tempat governor set) untuk melepaskan plungernya seperti yang biasa kita lakukan pada Pompa Injeksi kebanyakan.

Didalamnya akan kita lihat ada semacam pin dengan mur kancing, dan terdapat spring yang terpasang pada pin tersebut, lepaskan light spring kemudian buka mur pengancingnya menggunakan kunci T10 (mur ini mengikat rack pada governor).

Jika sudah terlepas murnya, Sobat dorong perlahan tuas choke ( yang berfungsi untuk mematikan mesin) dan lepaskan rack dari as governor menggunakan tang lancip.

Sekarang Sobat lepaskan mur pada rumah plunger (atas), lakukan secara silang. Perlahan-lahan Sobat bisa mengangkat rumah plunger sambil menahan light spring dan as governor untuk tidak terkancing kembali dengan rack. Done...
Sebagai ilustrasi Sobat bisa lihat pada gambar di bawah ini

Persis seperti yang saya katakan sebelumnya, kompak dan sederhana sesederhana konstruksinya dimana plunger menjadi satu unit dengan rumahnya, berbeda dengan Minimec ataupun Pompa Injeksi sawmill dan beberapa Pompa Injeksi Industri/Genset (Sobat bisa baca tentang Pompa Injeksi Industri di artikel saya tentang Pompa Injeksi Genset) lainnya yang tappetnya tertinggal dan berada pada Body Utama Injeksi.

Pada Pompa Injeksi ini semuanya menjadi satu seperangkat utuh seperti yang terdapat pada Pompa Injeksi 1 silinder. Semua bagian mulai dari Tappet, spring plunger, control sleeve, rack, plunger hingga delvery valve dan holder berada pada satu wadah terpisah dari Body utama Injeksi.

Kita bisa membandingkan pada gambar di bawah.

Untuk Plunger dan Delivery Valve bisa kita dapatkan dengan membeli secara terpisah maupun langsung membeli Pompa lengkap seperangkat seperti gambar di bawah.


Sebagai catatan...
Saat melepaskan light spring, jangan sampai spring tertarik kuat sehingga memanjang. Hal ini akan membuat proses menghidupkan menjadi sulit dan suara mesin tidak bisa kering serta kehilangan tenaga.

Spring yang telah memanjang dari ukuran aslinya segera Sobat perbaiki atau pendekkan (biasanya karena kesalahan pada prosedur pembongkaran) agar Pompa Injeksi bisa normal kembali dan mengmbalikannya ke performa yang seharusnya.
Ini saja informasi yang bisa saya tuliskan tentang Traktor Kubota, semoga bermanfaat dan seperti biasanya...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Traktor Kubota"

  1. mat siang mas saya mau cerita sedikit soal pengalaman kemaren waktu buka pompa injeksi traktor kubota...setelah buka terus dipasang kembali ternyata gasnya sangat tinggi kira2 apa penyebabnya mohon bantuan...thanks

    ReplyDelete
  2. mat siang mas saya mau cerita sedikit soal pengalaman kemaren waktu buka pompa injeksi traktor kubota...setelah buka terus dipasang kembali ternyata gasnya sangat tinggi kira2 apa penyebabnya mohon bantuan...thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. sudah benar belum posisi control pinion pada rack? ada tanda pada pinion dan rack
      2. Cek pada governor (semua spring yang ada, centrifugal dan lain2)

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel