Bagaimana membuat Artikel Berkualitas

Sobat-sobat blogger sekalian, ada alasan sederhana kenapa saya membuat postingan tentang bagaimana membuat artikel berkualitas. Kita sama-sama tahu bahwa blogging tak bisa lepas dari yang namanya konten ataupun artikel, karena bagaimanapun juga aktivitas blogging adalah aktivitas tulis menulis. Meskipun itu hanyalah sebuah blog toko online sekalipun. kalau tidak percaya coba sobat cek...hehehe...

Kenapa tulisan harus berkualitas?

Mari kita kesampingkan semua alasan dan semua tujuan selain tujuan awal dari pembuatan sebuah tulisan, sebuah tulisan dibuat untuk dibaca. Dan apakah si pembaca akan tetap meneruskan membacanya atau langsung berhenti dan tidak meneruskan bacaannya tergantung dari menarik atau tidaknya tulisan yang dibacanya.

Tulisan yang menarik adalah tulisan yang berisikan konten-konten yang dapat memikat hati pembacanya, menghibur mereka, bisa menjawab keingin tahuan mereka atau bisa juga membuat minat mereka tergugah untuk lebih mengetahui tentang isi konten tersebut.

Tapi yang terpenting dari semua itu adalah...
Apakah tulisan itu dapat memberikan manfaat bagi pembaca atau tidak? serta dapatkah tulisan itu 'menghipnotis" mereka untuk terus "melahap" habis seluruh isi artikel hingga tek tersisa dan bahkan tak segan untuk mengulangnya kembali hingga tertanam cukup dalam isi tulisan tersebut ke dalam pikiran mereka atau justru sebaliknya?.

Ketika sebuah tulisan dapat melakukan hal yang saya sebutkan diatas, sudah bisa dikatakan sebagai tulisan atau artikel yang berkualitas. Tak hanya sekedar tulisan bagus, menarik atau menghibur semata.

bagaimana membuat artikel berkualitas
Tulisan berkualitas

Saya yakin tak sedikit dari sobat yang pernah atau bahkan sering membaca tentang Artikel Berkualitas pada blog-blog maupun forum-forum yang sobat kunjungi, baik itu blog/forum yang membahas tentang blog(blogging), tentang SEO ataupun tentang Google Adsense dsb.

Dari beberapa blog yang sering menjadi rujukan maupun bacaan pengisi waktu luang saya seperti juragan cipir, portal uang, mas sugeng, strukturkode dan lain-lain. Semuanya menjelaskan tentang peran artikel yang berkualitas bagi blog, khususnya bagi blog yang sekaligus publisher dari google adsense.


'Kualitas dari sebuah artikel sangat mempengaruhi ketertarikan dan kepercayaan pembaca terhadap sebuah blog'

Dan sekarang saya akan memberi beberapa tips yang saya ketahui tentang bagaimana cara membuat artikel menjadi berkualitas.

1. Topik

Buatlah artikel dengan topik yang anda kuasai, sehingga anda dapat menjelaskan apapun yang berkaitan dengan topik tersebut dengan sedetail-detailnya. Pun jika ingin membuat artikel yang mungkin bukan bidang sobat, pelajarilah terlebih dahulu dari berbagai sumber agar dapat menambah pengetahuan dan wawasan sehingga bisa lebih mengerti tentang topik yang akan dibawakan dan tidak mengalami kesulitan ketika menuliskannya.

2. Pelengkap Artikel

Sebuah artikel sebenarnya sudah dapat dimengerti oleh pembaca cukup dengan tulisan yang gamblang dan secara jelas menjabarkan apa yang menjadi topik maupun yang ada dalam benak si penulis. Tetapi akan lebih menarik lagi ketika ada suara, video atau sekedar gambar yang dapat mengilustrasikan isi artikel hingga lebih mudah dicerna oleh pembaca.

Bayangkan sobat mendapati dua artikel berbeda yang sama-sama membahas tentang handphone, yang pertama menggunakan gambar dari handphone yang dimaksud dan yang satunya (kedua) tidak menggunakan gambar. Mana yang akan sobat pilih?

3. Tatanan kata dan bahasa

Sebuah artikel akan lebih bisa dinikmati jika kata-kata yang digunakan dapat dimengerti oleh semua kalangan dan dengan tata bahasa yang baik dan benar. Tak harus baku dan formil karena hal itu akan membuat tulisan sobat terkesan kaku. Meskipun begitu jangan abaikan keluwesan dalam mengatur kata dan bahasa agar pembaca mendapat kesan yang santai dan tidak cepat jenuh.

Buatlah artikel dengan penyusunan kata yang benar dan tidak membuat pembaca bingung karena harus menyusun sendiri (dalam pikirannya) untuk dapat memahami maksud dari tulisan sobat. Atau si pembaca malah berpikir "jangan-jangan ini hasil dari google translate..."

4. Tanda baca

Tanda baca menurut saya penting karena berperan sebagai "rambu-rambu" bagi kalimat, sebuah kalimat akan terasa janggal jika semua kata-katanya berjalan terus tanpa ada tanda koma ataupun titik sebagai pembatas. Atau tanda tanya yang tidak digunakan pada kalimat yang menanyakan tentang suatu hal. Pastinya akan menyusahkan pembaca bagaimana mengartikan kalimat tersebut.

Jangan lupakan format huruf tebal, huruf miring dan lainnya untuk mempertegas/memperjelas apa yang menjadi topik pembahasan dan sebagai kata pembantu dalam menerangkan maksud dari sebuah artikel.

5. Style

Style atau gaya bahasa yang dimiliki seorang penulis sangat berpengaruh terhadap pembaca. Seorang penulis yang telah memiliki gaya bahasa dan penulisan tersendiri akan memiliki nilai lebih dibandingkan mereka yang sering berubah-ubah dalam cara penulisan karena tidak mempunyai style.

6. Yakinlah dengan kemampuan sendiri

Ini adalah kunci paling penting, karena sebagus apapun materi yang ingin kita tulis tak akan lagi menjadi bagus ketika kita sendiri tak yakin dengan diri kita sendiri. Dan saya yakin sobat-sobat saya yang ganteng2 dan cantik2  memiliki potensi sebagai penulis yang hebat dan tak ingin selalu mengandalkan orang lain.

Konten=Magnet

Bagaimana dengan saya yang tak pandai menulis?
Don't Worry alias tenang, santai kayak di pantai sambil makan satai lalap petai, hehehe...

Jika itu permasalahan sobat, tak perlu khawatir karena sobat tidak sendiri. Saya sendiri bukanlah penulis yang baik, tapi saya dan sobat harus yakin bahwa kemampuan menulis kita akan terus berkembang dan menjadi lebih baik seiring semakin banyaknya artikel yang kita buat dalam blog kita.

Sebagai kalimat penutup saya, walaupun saya belum mengerti tentang SEO, saya tetap mengakui bahwa SEO memang penting. Tapi saya tidak ingin penulisan artikel saya menjadi terhambat karena harus memikirkan SEO dan akhirnya malah menjadi kurang beraturan (saya rasa hal ini tak akan terjadi pada seorang ahli SEO).

Yang harus kita ketahui adalah, bagaimana kita bisa membuat pembaca tertarik dengan konten yang kita tulis dan betah berlama-lama dalam blog kita serta memberikan manfaat nyata bagi mereka. Karena pembaca adalah "konsumen" blog serta pihak yang dapat menjadi tolok ukur seberapa bagus dan berkualitas artikel kita. Semoga bermanfaat dan
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Bagaimana membuat Artikel Berkualitas"

  1. If you are looking for a good contextual ad company, I recommend you check out Clicksor.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel