Penjelasan tentang Google Adsense

Mungkin topik yang saya angkat kali ini hanyalah sebuah topik yang ringan bahkan sudah sangat banyak blog-blog yang telah membahasnya. Tapi bukan tanpa alasan jika saya menulis Penjelasan tentang Google Adsense dan mencoba membuat sebuah analogi dari Gogle Adsense, dan semoga bisa dimengerti oleh sobat-sobat yang masih setia mengunjungi blog kecil saya ini.

Saat ini hampir setiap blogger mengenal yang namanya Google Adsense, bahkan yang baru membuat blog pun sudah tergiur untuk bisa menikmati pundi-pundi dollar dari Adsense. Tapi kenyataannya tak semudah itu untuk bisa mengais dollar dari Adsense karena Google mempunyai peraturan dan persyaratan tersendiri dalam menerima pengajuan para blogger.

Google Adsense itu apa?
Bukan jajanan pasar, bukan pula salah satu jenis masakan tradisional hehehe... Google Adsense adalah sebuah program periklanan yang dimiliki oleh Google dengan cara kerjasama antara Pengiklan (Advertiser), Google dan Penayang (Publisher). Jadi Adsense adalah sebuah fasilitas yang disediakan oleh Google selaku perusahaan internet terbesar serta memiliki jumlah pengguna terbanyak di dunia.



Cara kerjanya begini Sob...
Para pemilik usaha/bisnis dalam bentuk apapun ingin bisnis atau produk bisnis mereka dapat lebih dikenal oleh sebanyak-banyaknya orang/calon konsumen, dan Google membantu mereka dengan adanya fasilitas Adsense (layanan iklan internet) melalui sebuah tool yang disebut Adword.

Dengan Adword para pebisnis yang kemudian disebut sebagai Pengiklan (Advertiser) dapat memilih jenis iklan yang akan mereka gunakan dan tentunya dengan membayar sejumlah biaya sesuai dengan kesepakatan antara mereka dengan pihak Google sebagai pemilik layanan.

Siapa yang menayangkan iklannya? Google kah?
Bukan Sob, disini Google melakukan sebuah kerjasama dengan pemilik blog (Blogger) untuk menayangkan iklan-iklan dari Advertiser, dengan cara memasangkan iklan-iklan tersebut pada blog mereka. Jadi syarat mutlak untuk dapat menayangkan iklan Adsense adalah harus memiliki blog, baik itu yang gratis ataupun berbayar.

Berarti semua blogger bisa menjadi penayang Adsense dong??
Harap diketahui bahwa tidak setiap blogger dapat memasang iklan Adsense, karena ada beberapa syarat dan peraturan yang diajukan oleh google kepada setiap blogger yang ingin bergabung sebagai publisher dari iklan Adsense. Tak sedikit blogger yang ditolak karena tidak memenuhi persyaratan dan tak sedikit pula yang di putus kerjasamanya karena melanggar peraturan yang telah menjadi ketentuan Google.


Bagaimana Publisher mendapatkan bayaran dan berapakah bayarannya?
Seperti yang di gambarkan dibawah, Penayang mendapatkan bayaran dari Google dengan prosentase yang telah ditetapkan yaitu 68% dari yang diberikan pihak pengiklan kepada Google. 


Penayang mendapatkan bayaran dari jumlah klik yang dilakukan oleh pengunjung (selaku Konsumen bagi Pengiklan) di dalam blognya, tetapi tidak semua klik mempunyai nilai harga yang sama alias bervariasi. Masih ingat dong bahwa pengiklan akan membayar sesuai dengan kesepakatan antara mereka dengan pihak Google dan bukan berdasarkan "tarif paten" dari Google.

Kalau masih bingung analoginya begini...
Anggap saja blog yang sobat kelola sebagai sebuah Stasiun TV, Pengiklan adalah pemilik jasa/produk bisnis dan Google adalah pihak penghubung antara Stasiun TV dan Pebisnis. bisa dimengerti?

Ada harga-harga yang bervariasi untuk jasa yang diberikan oleh Google yang harus dibayarkan oleh Pengiklan agar produk bisnisnya dapat ditayangkan oleh Stasiun TV yang bekerja sama dengan Google. Dan sejumlah uang tersebut akan dibagi sesuai ketetapan antara Google dan Stasiun TV (68% untuk penayang).

Bisa dibilang Google adalah "makelar" dalam bisnis periklanan internet, meskipun hanya mendapatkan 32% dari harga kesepakatan, sobat tidak akan bisa menghitung hasilnya jika dikalikan dengan semua Penayang  di dunia. WOWWWW....

Bagaimana Sob? Saya rasa sudah bisa dimengerti dengan sangat jelas kan tentang Adsense?

Lalu bagaimana caranya agar dapat menjadi Publisher atau Penayang dari iklan Adsense?
Sobat bisa membaca tentang cara daftar google adsense lewat blogger yang pernah saya bahas beberapa waktu yang lalu, semoga informasi kali ini dapat memberikan manfaat bagi sobat dan
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Penjelasan tentang Google Adsense"

  1. If you're looking for a reputable contextual ad company, I recommend that you take a look at ExoClick.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel