tips membuat artikel bagi pemula

Postingan  saya pada perjumpaan kali ini adalah tips membuat artikel bagi pemula, yaitu tips tentang bagaimana membuat konten/artikel bagi yang masih baru mengenal dan belum mengerti dunia blog. Saya hanya berbagi tentang dasar-dasar ngeblog yang memang seharusnya kita ketahui untuk lebih memudahkan kita dalam mengenalkan isi post kita.

Saya sangat tergugah untuk berbagi hal ini karena banyaknya sobat-sobat kita yang baru memiliki blog dan telah mengisi blognya dengan artikel-artikel yang tak bisa dibilang sedikit. Tapi sebagian dari mereka masih belum bisa memaksimalkan artikel mereka dengan tampilan yang ada pada blog.

Sebagai sesama pemula mungkin tak banyak yang bisa saya jelaskan disini karena diluar sana banyak yang lebih mengerti tentang topik ini. Semoga sedikit penjelasan yang akan saya kemukakan bisa dipahami oleh sobat-sobat sekalian.

Dasar-dasar pembuatan artikel bagi pemula seperti kita, sangatlah penting agar kita bisa mengoptimalkan artikel kita. Selain mengasah kemampuan kita agar bisa membuat artikel yang berkualitas pada akhirnya. Tapi sebelumnya ada beberapa hal yang akan saya tegaskan untuk diingat-ingat oleh sobat...
  • Jangan terlalu memikirkan SEO (kecuali sudah bisa membuat artikel yang baik)
  • Jangan memikirkan Adsense (Utamakan untuk memberikan konten yang bermanfaat bagi pembaca)
  • Jangan takut salah
  • Teruslah belajar memperbaiki kekurangan
  • Jangan membuat artikel sambil tidur (saya jamin tidak akan pernah jadi artikelnya...)
Perhatikan gambar di bawah ini

tips membuat artikel
Halaman Entri

Diatas adalah beberapa komponen utama dalam halaman entri, dimana komponen-komponen tersebut sebaiknya kita gunakan dengan baik sesuai kepentingan kita.

1. Jenis tulisan yang akan kita buat.
Gunakan Compose untuk membuat teks biasa, dan gunakan Menu HTML untuk memasukkan script-script tertentu (form contact atau lainnya, kotak script/text, Sitemap/daftar isi dan banyak script-script lainnya)

2. Menu Insert
  • Link untuk memberikan tautan menuju url yang sesuai dengan text yang kita tautkan
  • Image untuk memasukkan gambar pada postingan, untuk mendukung artikel yang kita tulis agar lebih mudah dipahami
  • Video sama dengan Image hanya dengan format yang berbeda
  • Jump break untuk "memotong" artikel sehingga artikel tak akan muncul utuh pada laman homescreen/preview. Biasa disebut juga Read more...
3. List yang berbentuk numerik dan bullet, seperti yang saya gunakan pada point nomer 2

4. Berikan jarak antara paragraph yang satu dengan yang lainnya, agar teks dapat dibaca dengan lebih jelas dan terkesan rapi dan teratur.

5. Gambar, Video atau Audio adalah komponen pendukung bagi artikel agar isi arikel lebih mudah dipahami, serta menghilangkan kesan monoton pada konten sobat.

6. Label
Untuk menyusun artikel-artikel yang kita posting sesuai dengan kategorinya, dan dapat kita jadikan sebagai url tujuan pada navigasi menu sehingga pembaca akan dengan mudah menemukan artikel yang mereka cari menurut kategorinya.

7. Tautan permanen atau disebut juga permalink, yaitu URL yang mengarahkan ke halaman postingan kita. Baik itu halaman postingan biasa atau halaman statis.

Saya rasa cukup sampai disini dulu penjelasan singkat saya, dan saya berharap dapat memberikan penjelasan yang lebih detail dan dalam pada postingan-postingan yang akan datang.

Artikel adalah Raja, karena apapun orientasi ngeblog kita tak akan lepas dari mutu artikel kita. Semakin banyak orang yang menyukai postingan kita, blog kita semakin dikenal dan menjadi semakin mudah bagi kita meraih tujuan kita.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "tips membuat artikel bagi pemula"

  1. Seeking to join additional affiliate networks?
    Visit this affiliate directory to see the ultimate list of affiliate networks.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel