Syarat-syarat Pengajuan Google Adsense

Bagi sobat yang sudah lama bermain blog atau bahkan sudah memiliki akun Adsense mungkin bertanya-tanya, kenapa saya membuat artikel dengan topik ini. Jujur saya katakan bahwa sudah sangat banyak blog maupun forum diluar sana yang telah dengan sangat jelas membahas tentang Syarat-Syarat Pengajuan Google Adsense. Tapi faktanya adalah masih banyak Sobat-sobat bloggers yang masih belum tahu apalagi mengerti tentang hal ini, khususnya yang masih baru memulai membuat blog.

Syarat pengajuan Google Adsense
Make Money With Google Adsense

Bukan maksud saya untuk mematahkan semangat sobat yang lagi berkobar begitu besar untuk secepatnya dapat menjadi publisher (Penayang) dari iklan Google Adsense. Jika Sobat benar-benar ingin bisa mendapatkan dollar melalui internet khususnya Adsense alangkah baiknya jika sobat tahu terlebih dahulu apa itu Google Adsense, baru mempertimbangkan untuk daftar menjadi Publisher Adsense.

OK... Saya anggap sobat sudah "ngeh" alias mengerti tentang Google Adsense, sekarang sobat hendak mencoba peruntungan dengan mengajukan blog sobat sebagai Penayang iklan Adsense. Kok peruntungan? Karena tidak semua yang mendaftar bisa diterima sebagai Publisher.

Kenapa bisa ditolak?
Ada beberapa persyaratan dan kriteria bagi sebuah blog untuk bisa mengajukan permohonan ke Google untuk dapat menayangkan iklan Adsense. Sebagaimana yang disebutkan oleh pihak Google dalam halaman tentang Kelayakan untuk berpartisipasi di Adsense.

1. Harus memiliki Website atau Blog

Bagaimana sobat akan menayangkan iklan dari Google jika tidak memiliki Web atau Blog, karena sobat harus memiliki akses untuk mengedit kode sumber laman web yang sobat akan gunakan untuk menampilkan iklan.

2. Usia minimal18 tahun

Jika sobat belum berusia 18 tahun, pengajuan dapat diwakilkan oleh kakak atau orang tua menggunakan akun google mereka.

3. Usia blog/Web minimal 6 bulan

Dengan usia blog yang leih dari 6 bulan, google dapat melihat bahwa blog tersebut adalah blog yang "serius". Sebagaimana kita yang lebih mempercayai hasil kerja orang dewasa dibandingkan anak-anak, iya kan???

4. Blog mematuhi semua kebijakan Google

Kebijakan disini adalah tentang materi konten yang terdapat dalam blog sobat, dan beberapa contoh konten yang melanggar pedoman konten google adalah konten yang bersifat dewasa, konten tentang kekerasan dan mengandung unsur SARA.


Sekarang timbul pertanyaan, Lalu bagaimana dengan blog saya yang baru berusia 3 bulan?

Kita abaikan sebentar Poin 2 - 4 diatas. Karena poin pertama itu mutlak dan harus dipenuhi (bagaimana iklan dapat ditayangkan jika tidak ada blog sebagai media penayangnya) hehehe...

Dari beberapa pengalaman sobat-sobat yang telah sukses diterima sebagai penayang iklan Google Adsense. Ada beberapa Poin penting untuk sobat ketahui dan dapat dijadikan trik untuk lebih mudah diterima oleh Google.

1. Usia Blog

Umur 6 bulan yang diminta oleh pihak google bukanlah "harga mati" karena pada kenyataannya ada yang pangajuannya diterima oleh Google, padahal sobat kita ini menggunakan blog yang baru berusia 3 minggu. Tapi sebagai saran dari saya sebaiknya sobat menunggu hingga blog berusia 2 atau 3 bulan sembari terus mengisi blog dengan konten-konten yang orisinil tentunya.

2. Konten

Ada beberapa pernyataan yang mengatakan bahwa untuk bisa mendaftar Adsense harus memiliki artikel minimal 50, bahkan ada yang menuliskan minimal 60 sampai 70 artikel. Waduh... punya saya baru sedikit.

Jangan percaya "katanya" Sob, pengajuan saya diterima bermodalkan kurang dari 30 artikel. Bahkan Mas Sugeng dalam sebuah artikel blognya mengatakan pengajuannya diterima hanya dengan 5 artikel (usia blog 6 bulan).

3. Tampilan Blog

Tampilan blog yang layak adalah "wajah yang jelas" dari blog sobat, dimana pengunjung atau pembaca dapat mengetahui pasti mana hidung, mana bibir, mana mata, mana telinga, mana kelanjutannya..??? kok jadi ngomongin mana terus, hehehe... maaf ya Sob, suka keterusan kalau lagi asyik nulis.

Yang saya maksudkan disini adalah blog yang dapat memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk dapat menjelajah dan melihat seluruh isi dari blog sobat, contohnya adalah:

  • Laman pendukung seperti About, Contact, Home, Daftar Isi dan lain-lain. Hal ini untuk menunjukkan bahwa blog sobat adalah blog yang profesional.
  • Menu Navigasi yang berfungsi untuk memudahkan pembaca untuk menemukan konten yang sedang mereka cari di blog sobat.
  • Widget, yang dianjurkan untuk sobat pasang adalah Widget Profile, Popular Post, dan Arsip.

Dan akan lebih baik lagi jika Sobat menggunakan template bawaan dengan template yang responsive dan mobile friendly. Untuk lebih jelasnya sobat dapat membaca tentang pentingnya Template Responsive bagi blog kita.

4. Pengunjung

Sekali lagi jangan percaya "katanya" karena pada kenyataanya banyak yang di terima pengajuannya dengan jumlah visitor yang masih sedikit bahkan sangat sedikit. Meskipun hal itu mungkin mempengaruhi penilaian google terhadap sebuah blog.

Approved





Kesimpulan saya adalah...

Apa yang telah menjadi persyaratan dari Google bagi siapapun yang ingin mengajukan permohonan sebagai Publisher Adsense, tidak semuanya mutlak harus dipenuhi oleh Blogger.

Konten yang berkualitas dengan tetap mengedepankan originalitas serta tampilan blog yang memudahkan pembaca untuk menavigasi seluruh isi/konten blog akan lebih memuluskan jalan menuju diterimanya permohonan.

So... Bagi Sobat yang pernah ditolak pengajuannya tidak perlu berkecil hati dan berputus asa, apalagi sampai berniat guling-guling lalu membanting laptop (mending buat saya aja laptopnya hehehe...).

Mari kita ambil hikmahnya, karena dengan penolakan tersebut akan membuat kita lebih semangat dalam memperbaiki blog kita dan mungkin menjadi lebih baik dari yang lebih dulu diterima pengajuannya. Semoga bermanfaat dan tetap semangat
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Syarat-syarat Pengajuan Google Adsense"

  1. Get daily ideas and instructions for generating THOUSANDS OF DOLLARS per day ONLINE for FREE.
    GET FREE INSTANT ACCESS

    ReplyDelete
  2. If you're looking for a good contextual ad network, I recommend you take a peek at ExoClick.

    ReplyDelete
  3. QUANTUM BINARY SIGNALS

    Get professional trading signals sent to your cell phone every day.

    Start following our trades NOW & earn up to 270% a day.

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel