Genset Yanmar YAG25S

Beberapa hari yang lalu, adik angkat memberi tahu ada genset milik sebuah bank swasta mengalami kerusakan dan meminta tolong untuk diperiksa. Tak lama kemudian segera saya meluncur untuk memeriksa. Ternyata sebuah Genset Yanmar YAG25S, sebuah genset 4 silinder dengan turbo.

Seperti biasa Sob, mesin saya minta untuk dihidupkan untuk mempermudah diagnosa. Begitu mesin hidup normal sesaat dan langsung drop ke RPM 400-500, padahal untuk normalnya seharusnya jarum menunjuk angka 1.700-1.800RPM. Tebakan awal saya mengarah pada Pompa Injeksi, karena saat saya pompa bahan bakar bagus dan padat.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/genset-yanmar-yag25s.html


Tapi ketika saya memperhatikan lebih jeli lagi ke semua bagian, ternyata selang karet yang menghubungkan manifold dengan turbo menyempit tepat diatas klam pada manifold. Dan saat saya tekan agar bentuknya kembali seperti semula putaran mesin naik dan menjadi normal, lalu menyempit lagi bila saya lepaskan.
Beres... Penyebab dari hilangnya tenaga pada Genset sudah diketahui. Saya lepaskan selang tersebut.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/genset-yanmar-yag25s.html

Ternyata si selang sudah minta pensiun, karetnya tidak keras lagi dan ada 3 bagian yang sudah berubah menjadi sangat lembek sehingga mudah menyempit saat terhisap oleh mesin. Selang harus diganti, itu solusi yang paling benar dan Pompa Injeksi cukup diabaikan untuk sementara waktu.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/genset-yanmar-yag25s.html

Beberapa relasi dan kenalan coba saya hubungi, tak satupun yang memiliki atau menjual selang ini. Beberapa toko yang saya datangi pun tak menyediakan selang ini. Bahkan pihak bank membantu mencari melalui beberapa kenalan dan nasabah pun tak membuahkan hasil.

Karena mendesaknya kebutuhan (sebagai catatan: di daerah saya hampir setiap hari terjadi mati lampu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu). Akhirnya saya mengambil inisiatif untuk mengakalinya, sembari menanti kabar keberadaan selang baru saya memikirkan solusi alternatif.

Akhirnya ide pun keluar, saya mencari per/spring yang ukurannya persis dengan diameter lubang selang, lalu saya pasang di dalam selang sebanyak 3 pcs. Karena panjang dari setiap per tak lebih dari 12-13cm maka saya memasangkan klam tambahan untuk mengikat per di dalam selang agar tidak bergerak/berpindah posisi (akibat getaran mesin)

Selang yang sudah ditambahkan per pun saya pasang, hasilnya... JRENG JRENG... well done, masalah terselesaikan. Kabar terakhir yang saya dapatkan, selang tersebut harus inden dari singapore. Weleh...!!! bisa kelabakan para pegawai bank seandainya mati lampu tanpa ada back up daya.

OK Sob, cukup sekian informasi kali ini, semoga bermanfaat. Dan menjadikan kita lebih kreatif lagi ketika menghadapi masalah-masalah tak terduga pada saat melakukan perbaikan (apapun...).
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Genset Yanmar YAG25S"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel