Penyebab Oli Mesin Tercampur Solar

Apa kabar sobat-sobat saya yang selalu semangat untuk belajar dan mencari tahu, postingan kali ini saya ingin berbagi tentang beberapa penyebab oli mesin tercampur solar. Karena hal ini meskipun tak sering tapi tak bisa dibilang jarang terjadi.

Beberapa hal bisa menjadi penyebab terjadinya kasus ini, dan jika tidak segera ditangani maka hasilnya sudah bisa diprediksi. Kerusakan pada komponen mesin itu sudah pasti dikarenakan oli yang telah tercampur oleh solar menjadi berkurang sifat pelumasnya, sehingga gesekan antara komponen-komponen mesin (bahannya dari besi lho sob...) tanpa pelumasan akan mengikis semua komponen tersebut.

Karena bahan bakar solar adalah hal yang berkaitan dengan kerja Pompa Injeksi, maka kita hanya perlu mencari penyebab-penyebabnya dari komponen-komponen dalam sistem kerja Pompa Injeksi itu sendiri.

Langsung sob kita cekidot



http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/kenapa-oli-tercampur-solar.html

Pada pompa injeksi tipe ini, kita cukup memeriksa 2 bagian yaitu Nosel dan Seal pada As/Shaft Drive.

Nosel... solar bisa bercampur dengan oli apabila nosel tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan sempurna, Yang paling sering terjadi adalah hilangnya tekanan pada nosel sehingga solar mentah tidak terbakar lalu masuk ke dalam mesin melalui celah antara ring piston dan liner.

nosel kehilangan tekanan bisa dikarenakan adanya retakan atau bahkan pecah (gompel) pada bagian ujung nosel. Bisa juga karena ujung nosel yang sudah cekung terlalu dalam (tipe indirect injection).

Seal As/shaft drive... karena seal inilah yang menjaga agar bahan bakar di dalam pompa injeksi tetap dalam keadaan padat dan tidak menyeberang ke area mesin (gigi timer).

Jika seal ini rusak atau keras (mati) maka tidak akan bisa menahan sehingga bahan bakar di dalam pompa injeksi bisa dengan mudah masuk ke dalam mesin melewati celah antara as dengan seal (yang mati).

2. Pompa injeksi In Line

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/kenapa-oli-tercampur-solar.html

Pada pompa injeksi tipe ini, solar bisa masuk ke dalam mesin dan bercampur dengan oli karena 3 hal, nosel, feed pump dan plunger.

Nosel... persis seperti yang saya jelaskan diatas.

Feed pump... pada alat ini terdapat piston didalamnya yang terus bekerja menghisap dan mendorong bahan bakar, ketika piston mengalami keausan akibat gesekan yang terus menerus maka bahan bakar akan melewati bagian yang cacat/aus dan masuk ke dalam pompa injeksi tepat di area noken as/camshaft.

Plunger... Solar dapat melewati silinder plunger dan masuk ke area dimana spring plunger dan control sleeve berada jika pemasangan plunger tidak tepat/kurang bersih sehingga ada sisa kotoran yang mengganjal silinder.

Selain faktor pemasangan, bisa juga disebabkan oleh silinder plunger yang sudah tidak rata dan solusinya adalah melakukan penggantian pada plunger.

Ok sob, sepertinya sudah cukup penjelasan saya tentang penyebab oli tercampur bahan bakar pada mesin diesel. Semoga dapat memberikan manfaat dan jangan ragu untuk saling berbagi.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

18 Responses to "Penyebab Oli Mesin Tercampur Solar"

  1. Replies
    1. terima kasih kunjungannya sob
      mudah2an laris manis dagangannya...
      N alam kenal

      Delete
    2. Saya ada mesin diesel kubota knd220, solar selalu masuk ke oli saat mesin berhenti. Sudah saya ganti plunyernta tp tetap saja.
      Mohon solusinya..... Terimakasih

      Delete
    3. Nosel sudah dicek belum sob?
      yang netes (kencing) juga berpengaruh
      pada campurnya bahan bakar ke oli.
      Jika nosel bagus dan masih tercampur, kemungkinan
      antara body injeksi dan plunger ada celah.Solusinya gunakan ring tipis yang ukurannya sesuai dengan barrel plunger (ada yang jualan khusus untuk ring plunger).
      Jika tidak dapat o ringnya, gunakan sealtape pada rumah plunger (silinder/barrel)

      Delete
  2. siiip mantabs penjelasannya mas, sangat membantu bagi yang sedang mengalami masalah yang sama seperti yang dijelaskan di atas.
    Salam Service Genset Semarang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob alias terima kasih kembali.
      Semoga apa yang sobat dapatkan bisa sobat bagikan kembali.
      Salam kenal

      Delete
  3. Terima kasih banyak master. Saya jg mendapat kasus yg sama. Yaitu oli campur solar. Langsung aja ke TKP. sekali lg makasih. Sukses selalu buat master 👍👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob
      Saya senang bisa membantu, dan maaf... jangan panggil saya master. Saya masih jauh dari titel itu.
      Sukses juga buat sob David

      Delete
  4. Bro, kl mesin gendut krisbaw 5000.
    Bak oli ya ada tekanan angin seperti kompresor. Apa masalahnya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periksa mesinnya sob...
      Kemungkinan besar ada kebocoran kompresi dari ruang bakar dan masuk ke ruang mesin. Periksa menyeluruh pada Liner (Boring), piston dan Ring nya. Jangan lupa sekalian klepnya.
      BTW, salam kenal Sob...

      Delete
  5. Mas sy ada masalah oil engine tercampur solar saat mesin hidup. Engine kami yanmar marine type 6HA2M-WDT. Mohon bantuannya kira2 apa yg hrs diperiksa. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oli tercampur solar bisa macam-macam penyebabnya.
      Jika diiringi asap putih periksa noselnya.
      Jika tidak ada asap putih (normal) periksa PI (bisa disebabkan oleh Pompa/feed pump dan Plungernya)

      Delete
  6. Saya mau nanya gan saya pake fortuner diesel 2010 pas pergantian oli nya jadi kurang 3 liter dan pas diperiksa solar nya jadi hitam kayak bercampur dengan oli gimana gan solusinnya apakah yg agan terangkan ini besok saya terangkan kebengkel nya trims

    ReplyDelete
  7. saya punya mesin weichai... pertama oli berkurang terus lama ke lamaan oli jdi bertambah sama solar di carter... asap putih pedas.... kira2 permasalahan apa aja ya... mohon bantuanya mas..

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. saya punya mesin weichai... pertama oli berkurang terus lama ke lamaan oli jdi bertambah sama solar di carter... asap putih pedas.... kira2 permasalahan apa aja ya... mohon bantuanya mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. JIka disertai asap putih pedas, kemungkinan besar karena ada nosel yang tidak mengabutkan bahan bakar dengan baik.
      Periksa nosel terlebih dahulu sob

      Delete
  10. bang... sya mau nanya nih.
    baut setelan minyak di pump udah ngelos dol.. terus saya ganti baut yg ulirnya kasar.. pas di pasang. bautnya patah.. apa bisa nyetel minyak dari dalam cover yg di pump.. terimakasih

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel