Cara mengatasi masuk angin pada PS100

Bagaimana kabar sobat? semoga sehat dan baik-baik saja, bahasan saya kali ini adalah sebuah tips tentang mobil Colt Diesel PS 100 generasi pertama (tahun 1984 - 1987) yang kerap mengalami masuk angin/keanginan. Cara mengatasi masuk angin pada PS100 ini bisa dilakukan oleh siapa saja karena sama sekali tidak sulit, dan menurut saya memang mudah dan cukup sederhana.

Sebenarnya saya sendiri berpikir bahwa Mobil Colt Diesel jenis ini sudah jarang/langka di jalanan, sekalipun ada sepertinya sudah tidak punya permasalahan terkait dengan yang akan saya bahas pada artikel ini. Tapi nyatanya masih saja ada yang datang ke bengkel dengan problem masuk angin berulang-ulang dan tak kunjung sembuh/teratasi.

Awalnya saya pikir karena faktor filter bawah (yang di dekat tangki) karena hampir semua tipe Colt Diesel memiliki permasalahan pada bagian ini seperti yang pernah saya sebutkan pada artikel terdahulu tentang permasalahan-permasalahan bagian 1.

Tetapi ketika saya perhatikan lebih seksama, masalah ini timbul bukan karena filter bawah yang bermasalah tetapi dari skema selang pembuangan yang masih memakai skema lama. Jika ingin masalah masuk angin terselesaikan dan tidak mengganggu lagi di masa mendatang, skemanya harus dirubah.

Lho, skema selang bisa mempengaruhi masuk angin juga tho???

Begini sob, pada generasi  pertama selang pembuangan/pengembalian dari nosel masih menjadi satu dengan selang yang masuk ke dalam unit Feed Pump. Sedangkan pada generasi berikutnya hingga sekarang langsung mengarah ke tangki. Perhatikan gambar di bawah ini

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/mengatasi-injeksi-colt-diesel-sering-masuk-angin.html

Jika masih mengikuti skema diatas, seharusnya bisa diprediksi hasilnya seandainya selang pembuangan dari nosel berlubang meskipun kecil atau selangnya retak. Yups... sobat benar, akan ada angin yang ikut masuk ke dalam minyak yang dihisap oleh Feed Pump dan tercampur di dalam bahan bakar di dalam Pompa Injeksi.

Solusinya bagaimana?

Sangat mudah, kita hanya tinggal mengikuti skema yang dianut oleh Colt Diesel generasi berikutnya hingga sekarang. Dapat dilihat bahwa selang pembuangan tak lagi digabungkan dengan selang pemasukan ke Feed Pump, tetapi digabungkan dengan pembuangan dari Pompa Injeksi dan menuju ke arah tangki.


Sekarang perhatikan cara merubahnya ya Sob. Potong pada bagian-bagian yang saya tandai lalu gunakan langkah pengelasan untuk melakukan penyambungan, serta menutup bagian yang lainnya hingga menjadi seperti yang saya gambarkan. Dan nantinya ketika dipasangkan ke mesin kembali akan menjadi seperti gambar berikutnya.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/mengatasi-injeksi-colt-diesel-sering-masuk-angin.html

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/mengatasi-injeksi-colt-diesel-sering-masuk-angin.html

Bagaimana? Seperti yang saya katakan sebelumnya, sangat mudah dan sederhana bukan? Skema selang seperti gambar diatas akan menjadikan bahan bakar tak mudah disusupi oleh angin bahkan meski dilepaskan selang pembuangan yang ada pada nosel. Boleh dicoba kalau masih kurang yakin, hehehe...

Dan kini, jika sobat mendapati mobil dengan permasalahan yang sama maka sobat tinggal mengikuti langkah-langkah yang saya jelaskan, tidak perlu takut salah atau gagal karena kesuksesan besar dimulai dari kegagalan-kegagalan yang diperbaiki.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara mengatasi masuk angin pada PS100"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel