Trik setting mesin diesel kurang kering

Sobat bloggers sekalian... rasanya sudah cukup lama tidak mengisi blog ini dengan konten tentang pompa injeksi. Kali ini saya ingin berbagi trik setting mesin diesel yang kurang kering atau "galak", itu kalau pakai istilah sopir2 di daerah saya, hihi...

Kita asumsikan mesin diesel dalam keadaan sehat, terus bagaimana bisa suaranya tidak kering? Kita cari tahu sebabnya satu persatu ya Sob, dan sesuai dengan bidang saya yaitu Injection Pump.

Yang pertama kali kita periksa adalah setelan timing/saat pembakaran. Karena hal ini merupakan penyebab utama "lembeknya" suara mesin diesel dan yang paling sering adalah akibat kesalahan pada penyetelan (terbalik arah penyetelan timing pembakaran).

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/trik-setting-mesin-diesel-suara-lembek.html


Jika ternyata timing pembakaran sudah tepat tetapi suara mesin tetap lembek, apalagi ya kira-kira yang harus diperiksa? Kita lanjutkan dengan memeriksa Nosel Sob, karena tekanan nosel pun turut mempengaruhi hasil suara pada mesin, kita periksa adanya kemungkinan tekanan pada nosel yang rendah.

Okay, setelan timing sudah tepat dan tekanan nosel pun sudah sesuai ukuran seharusnya, kok masih kurang kering ya...? kalau sudah begitu apa lagi nih yang harus disetel Sob? Governor... apa ada pengaruhnya? Untuk beberapa tipe pompa injeksi hal ini memiliki pengaruh, khususnya jenis In Line.

Tambahkan setelan pada Governor, istilah yang biasa dipakai oleh mekanik-mekanik umum di daerah saya adalah setel RPM. Akibat Governor yang setelannya masih kurang dapat membuat tarikan mesin menjadi berat dan kurang "sodokan". JANGAN MENAMBAHKAN TERLALU BANYAK!!!, akibatnya bisa fatal sob...

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/trik-setting-mesin-diesel-suara-lembek.html

Untuk VE Injection Pump seperti Ford 6610, TS 90, MF dan John deer. Silahkan sobat memeriksa Cam Ring, ada kemungkinan Cam Ring telah aus sehingga tonjolan nok nya berkurang ketinggiannya.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/trik-setting-mesin-diesel-suara-lembek.html

Untuk VE Injection Pump pada kebanyakan mobil seperti panther, L300, Taft, Kijang dll. Coba periksa kedalaman pada bagian tengah Regulating Valve. Jika kurang dari 2 mm, ketuk agar semakin dalam lalu ukur kembali menggunakan sigmat.

Sepertinya semua sudah diset sebagus-bagusnya dan setepat-tepatnya... Kok nggak sembuh-sembuh ya? Banting aja Sob Pompa Injeksinya (bercanda lho..hahaha...). Pusing banget ya kalau dapat kasus seperti ini, apalagi semua cara sepertinya sudah digunakan.

Tenang dulu Sob, jangan berpikir sambil emosi ya, hasilnya bisa berantakan. Disinilah trik yang sesungguhnya akan kita gunakan, karena cara ini sudah diluar prosedur standar penyetelan Pompa Injeksi. Ssssttttt....

Pada Pompa Injeksi tipe In Line, turunkan Pompa Injeksi dari mesin dan periksa gigi timer. Kemungkinan besar sudah aus pada nok sehingga tidak bisa menggunakan top timer standar, kita loncatkan satu mata pada gigi timer pompa injeksinya. Lalu setel ulang timing pembakaran.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/11/trik-setting-mesin-diesel-suara-lembek.html

Jika masih ragu dengan cara diatas, Sobat bisa mencoba untuk menghabiskan setelan timing/saat pembakaran, jika ada perubahan dengan timbulnya suara mesin yang mulai lebih kering berarti... 

Sepertinya cukup sampai disini info tentang trik setting mesin diesel kurang kering atau lembek. Semoga memberikan manfaat
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

48 Responses to "Trik setting mesin diesel kurang kering"

  1. Sore mas, saya punya panther LS01, saya setel pengapian agak kering, tp kok asapnya tambah tebal tp kali serelnya agak Alus asapnya berkurang, apa ada masalah dengan bospomnya?

    ReplyDelete
  2. Sore mas, saya punya panther LS01, saya setel pengapian agak kering, tp kok asapnya tambah tebal tp kali serelnya agak Alus asapnya berkurang, apa ada masalah dengan bospomnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya penggeseran timing pembakaran (pengapian) tidak terlalu berpengaruh terhadap timbulnya asap hitam. tapi kalau yang keluar asap putih, bisa dipastikan timing terlalu jauh bergeser dari seharusnya (bisa kurang bisa kebanyakan).
      Apakah mesin benar-benar sehat wal afiat (hehehe)?
      Sudahkah nosel disetting dengan benar dan rata pada tekanannya?
      Filter udara juga berpengaruh pada ketebalan asap.

      Delete
  3. mas mau nanya ini ada temen ngobrolin soal mesin diesel yang bisa dibikin bertenaga tapi irit bahan bakar...
    itu emng bisa kah??
    sepengertianku klu bikin bertenaga ya harus dikit diborosi.
    minta tolong pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesin bertenaga dengan bahan bakar irit bisa-bisa saja sob...
      Jika keadaan awal mesin masih standar bawaan dealer, sangat memungkinkan hal itu.
      Alasannya...
      1. Nosel pada bawaan dealer masih bisa ditingkatkan tekanannya sampai batas tertentu (efeknya pembakaran semakin sempurna, walhasil tenaga ikut terdongkrak)
      2. Timing pembakaran standar dealer masih bisa dimajukan lagi ke titik 0 TMA (pembakaran pun menjadi benar-benar matang, suara menjadi kering da bertenaga)
      3. settingan Governor standar masih bisa dinaikkan untuk menambah "nafas"mesin
      4. ketiga cara diatas tanpa menambahkan debit minyak pada Pompa Injeksi
      5. Itu penjelasan singkat dari saya. Salam kenal

      Delete
  4. mohon petunjuk bos...
    gimana cara setting timing ketika mau pasang injeksi pomp ke mesin fuso 190 ps . ,6 slinder...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara paling sederhana adalah dengan menyamakan antara klep, seher dan pompa injeksi bekerja pada silinder nomer 1.
      Pastikan Seher/Piston no 1 berada tepat pada posisi TMA (bisa dicek menggunakan lidi dengan cara melepas nosel terlebih dahulu).
      Klep pada silinder 1 dalam posisi bebas/ tidak menekan (klep hisap dan buang).
      Pompa Injeksi dalam posisi punger nomer satu siap untuk memberikan tekanan.
      Good Luck

      Delete
  5. Makasih Mas Kendhou artikelnya bagus..salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob Imam Nur Hidayat
      Salam kenal kembali

      Delete
  6. Salam kenal mas..ken dhou.artikelny sangat membantu,,maaf..Saya Mau Tanya kalau Gimana mas cara setting Bosch pump Mitsubishi canter hd 125,,biar tanjakannny just..terimakasih sblmnya..

    ReplyDelete
  7. Untuk menambah performa mesin diesel melalui Pompa Injeksi pakai cara-cara yang standar dipakai juga udah cukup kok sob.
    Naikkan tekanan nosel menjadi 200 dari standar dealer yang di sekitar 170-180.
    Naikkan derajat pengapian sedikit saja sudah lumayan lho, jangan terlalu banyak.
    Tambahkan sedikit pada tekanan RPM di governor.
    Dan terakhir, tambahkan debit minyak pompa injeksinya.
    Selamat mencoba

    ReplyDelete
  8. Enter your comment...hardtop diesel asap putih tebal dan pedas, apakah timing pengabutan tidak pas atau membran governor yg jebol? makasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okey Sob Arpho
      1. Jika dari membran/Diaphragm yang jebol, seharusnya tidak terlalu pedas asapnya karena asap putih bukan dari solar yang mentah terbakar tapi karena oli yang ikut masuk ke ruang bakar.
      Hal inipun memiliki gejala yang sangat jelas berbeda, yaitu idle yang tinggi alias tidak bisa langsam.
      2. Timing pengabutan/pembakaran memiliki kemungkinan untuk menjadi penyebab hal ini karena timing yang tidak pas akan menyebabkan pembakaran menjadi mentah. akibatnya asap akan menjadi putih, pedas dan suara tidak bisa kering.
      3. Jangan lupakan Nosel ya sob, jika ada nosel yang hilang tekanan atau terlalu rendah akan memiliki efek yang sama. periksa juga 1 komponen ini.
      Salam kenal

      Delete
  9. Tulisannya sangat membantu saya mempelajari mesin , terimakasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih juga sudah berkunjung dan baca2 artikel sederhana di blog ini.

      Delete
  10. Sy beli fortuner 2008.. lalu saya ganti oli, filter udara, filter oli dan filter solar serta serta ganti timing belt n tensioner nya juga mesin sdh dibersih oleh bengkel .. solar yg gunakan solar dex ... namun fortuner saya asapnya msh hitam... mohon info penyebab asap hitam,?

    ReplyDelete
  11. Sy beli fortuner 2008.. lalu saya ganti oli, filter udara, filter oli dan filter solar serta serta ganti timing belt n tensioner nya juga mesin sdh dibersih oleh bengkel .. solar yg gunakan solar dex ... namun fortuner saya asapnya msh hitam... mohon info penyebab asap hitam,?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asap hitam paling sering disebabkan oleh konsumsi bahan bakar yang terlampau boros, setelan klep terlalu renggang dan filter udara yang sudah kotor ataupun lembab.

      Untuk fortuner, FIP yang digunakan sudah mengusung sistem Commonrail. alangkah baiknya jika discan ulang, karena sistem kerjanya sudah computerized sob.

      Delete
  12. Maaf mas numpang tanya dikit..
    Panther 2.3 sy swaktu mesin dingin dihidupkan ada silar yg netes dr katup yg 4 buah diujung masuknya solar sblm ke nosel..
    Trus saya perhatikan dr ujung nosel no 1 (paling belakang dr depan mobil) pada bagian tutup yg terhubung dgn nosel yg lain ada kaya' rembesan gitu..
    Klo dingin mesti di bantu stationer br mau langsam tapi klo tanpa bantuan stationer getarnya minta pun dan mesin langsumg mati
    Tolong dong dianalisa mas..
    Makasih banyak sebelumnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang pertama problem tentang rembesan solar, kalau memang sudah kencang mur selang noselnya. gunakan o ring berbentuk mangkuk (biasanya buat sendiri kalau saya) untuk dipasang diantara selang dengan nosel atau selang dengan holder injeksi.
      Yang kedua getar di waktu mesin dingin, bisa jadi karena noselnya yang kurang ngabut atau ngencing. atau bahkan nosel kehilangan tekanan.
      Good luck sob

      Delete
  13. Udah tiga bengkel ngakali, tapi nggak kunjung sembuh, gini ceritanya mobil mitsubishi ps100 ada suara tung-tung keluar dari poli masuk suaranya kedengeran sampai jarak 50m, padahal cuci injektor, pas di stel kelep sangat rapat suaranya agak ngilang, tapi pas udah jalan 30 menit balik lagi, dan stelan klep kembali kendor asap hitam tebel, gimana ya tolong dong master

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  15. Udah tiga bengkel ngakali, tapi nggak kunjung sembuh, gini ceritanya mobil mitsubishi ps100 ada suara tung-tung keluar dari poli masuk suaranya kedengeran sampai jarak 50m, padahal cuci injektor, pas di stel kelep sangat rapat suaranya agak ngilang, tapi pas udah jalan 30 menit balik lagi, dan stelan klep kembali kendor asap hitam tebel, gimana ya tolong dong master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya sob...
      Yang dimaksud poli masuk itu apa manifold ya?
      Kalau memang yang keluar dari manifold, harus dibuka silinder headnya atau biasa disebut juga deksel. Periksa sitting klepnya, bisa tipis, habis bisa juga lepas. Kalau memang begitu keadaanya akan sia-sia kalau hanya disetel klepnya.
      Mudah2an membantu

      Delete
  16. Maaf mas numpang nanya,
    Saya punya mobil isuzu elf nkr71 yang masih standart pabrik, saya ingin menambah debit solar dan mnyetel governor pada bos pomp, pertanyaanya di mana posisi baut penyetel dan bagaimana caranya!!! Makasih sebelumnya mas...!!!

    ReplyDelete
  17. Maaf mas numpang nanya,
    Saya punya mobil isuzu elf nkr71 yang masih standart pabrik, saya ingin menambah debit solar dan mnyetel governor pada bos pomp, pertanyaanya di mana posisi baut penyetel dan bagaimana caranya!!! Makasih sebelumnya mas...!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Elf NKR71n menggunakan Pompa Injeksi In Line, untuk menambahkan debit minyak gunakan setelan dengan baut 10mm di bagian samping belakang. Tepat dibawah tuas choke. Putar mundur baut 10mm untuk menambah / memboroskan debit minyak dan sebaliknya.
      Untuk penyetelan governor saya tidak merekomendasikan pengerjaan sendiri tapi tetep... DWYOR alias resiko ditanggung penumpang hehehe...
      Setelannya berada di bagian belakang PI, ditutup dengan plat aluminium, congkel terlebih dahulu plat penutupnya dan putar masuk baut setelan di dalamnya, kuncinya harus berkreasi ya sob

      Delete
  18. Salam kenal... Sy punya panther 04, yg sy rasakan mesin normal tarikan ok konsumsi solar 1:14 luar kota. Pada saat start kondisi iddle normal namun yg menjadi masalah ketika mesin sy naikan rpm dan sy lepas gas (injak kopling kalo lg jalan) mesin mberebet dan mati. Akan tetapi setelah lama dipake gejala teesebut hilang. Solusi sementara sy cabut jalur ke pompa solar lgs ke filter solar walhasil mesin tdk bermasalah alias mberebet/mati nya ilang. Apakah bermasalah di pompa solar ato injektornya lemah? Sy sdh coba kuras tank, cek saluran bahan bakar, ganti filter solar, ganti pompa solar, bersihkan baut OFR. Mohon pencerahan... Trims.

    ReplyDelete
  19. Pompa solar sudah ganti ya sob? karena kemungkinan besar dari situ.
    Kalao sdh diganti tp masih, bisa karena ada kotoran yang menyumbat di rotor head (saringan rotor head)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya om.. Kalo sudah lama dipake tdk ada masalah normal2 saja. Rotorhead posisi nya ada di IP ya? Berarti harus sekalian kalibrasi ya om..

      Delete
    2. Yupz...
      Rotor Head merupakan komponen paling utama pompa injeksi. Beberapa Rotor Head menggunakan filter/saringan pada jalur masuk bahan bakar, jika tersumbat maka supply bahan bakarpun terhambat, terutama pada rpm tinggi.
      Dahulukan memeriksa semua jalur bahan bakar dari tangki sampai PI (itu saran saya). Mulai dari tangki itu sendiri, selang-selang, filter dan pompa sampai nepel in pada PI.
      Good Luck...

      Delete
    3. Ok.. Trims untuk pencerahan nya om.

      Delete
  20. Mas saya mau nanya cara menyetel RPM mitsubishi canter itu gmamana ya? terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal buka tutup samping aja sob, yang berbentuk lingkaran dengan coakan ditengahnya. Di dalamnya akan terlihat governor yang nantinya kita setel, dengan memutar bagian tengahnya.
      Diputar kedalam untuk menambah RPM dn sebaliknya...
      Good Luck...

      Delete
    2. maaf numpang nanya mas,,,kalau RPM dutro di mana letaknya dan muternya berapa putaran mas,,,?

      Delete
    3. Mas sya mau nanya..cara menaikkan tenaga mesin mitsubishi fuso220 intercooler dan irit..gmana caranya maksih

      Delete
    4. Mas sya mau nanya..cara menaikkan tenaga mesin mitsubishi fuso220 intercooler dan irit..gmana caranya maksih

      Delete
  21. mas numpang tanya nih... saya punya mobil canter tahun 2007.. masalahnya asap putih sangat perih.. saya cek oli rutin tiap minggu normal aja olinya.. apakah itu dari pump atau dari ring piston..

    ReplyDelete
  22. Mas ada tutorial seting timing prmbakaran kuda diesel ?

    ReplyDelete
  23. Saya punya canter 2011. Asap hitam tdk bertenanga .
    Saringan sdh ganti semua termasuk oli.
    Jg turbo baru..
    Kenapa masih keluar asap hitam
    ..
    Cara menghilangkan asap hitam gmn bang...???
    Dan cara menambah kan tenaga maksimal..

    ReplyDelete
  24. Mas l300 suara mesin ginjal kenapa ya ? Padahal sudah saya bawa ke bengkel bospom tp gk kunjung sembuh

    ReplyDelete
  25. Mass... Numpang tanya truk dyna saya kalau pas masih dingin kok susah sekali hidupnya ya....? Tapi....Kalau sudah panas enak...dan kalau sudah hidup gasnya pas di sentak dikit masih kluar asap putih...... Tidak bisa hitam sterusnya.... Solusinya bagai mana ya mass....? Mohon bantuannya mas.. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari keluhan yang sobat pertanyakan, kemungkinan besar masalah ada pada nosel. Bisa karena ada nosel yang kurang ngabut (ngencing) dan bisa juga ada yang rendah tekanannya.
      Kemungkinan lainnya karena pompa yang sudah tidak bisa menahan sehingga bahan bakar turun setelah mesin berhenti/mati dalam waktu yang lama.
      Semoga berhasil sob...

      Delete
  26. Mas mau tanya klo Ford Ranger 2.9 bisa disetel irit gak ya? Gmn caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ingin mengritkan konsumsi bahan bakar, sebaiknya fokus di penambahan tenaga terlebih dahulu. Jika penyetelan benar akan berdampak pada konsumsi bahan bakar yang lebih irit.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel