Mengganti bearing Minimec

Bagaimana kabarnya sobat-sobat saat ini? Karena masih sibuk mengurus usaha baru yang sedang dirintis, saya jadi tidak bisa untuk update catatan apapun disini. Tapi kali ini saya mencuri-curi waktu untuk menulis sebuah artikel tentang mengganti bearing Minimec lama yang rusak.

Ada beberapa macam bearing (atau disebut juga Laher) yang dipergunakan pada Pompa Injeksi diesel. Tapi yang umum digunakan pada PI yang banyak beredar sampai saat ini adalah 3 macam bearing ini.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/Tips-mengganti-bearing-injeksi.html

Bearing yang pertama (biasa disebut laher bambu) adalah yang paling banyak digunakan oleh PI jenis apapun, meskipun menggunakan kombinasi ukuran yang berbeda-beda pada As/Camshaft. Bearing no 2 digunakan pada PI Colt Diesel FE (terpasang pada unit governor). Dan yang terakhir adalah bearing yang digunakan pada sedikit PI, termasuk Minimec yang akan saya bahas kali ini.

Minimec sendiri memiliki 2 varian yang berbeda, dari body Pompa Injeksinya sudah bisa diketahui perbedaanya. Cukup perhatikan bagian diatas cover plunger. Jika terdapat dua buah baut (tepat di depan rumah plunger) maka itu adalah PI tipe lama.

Perbedaan selanjutnya apalagi? perbedaannya terdapat pada pembahasan kita kali ini, yaitu BEARING. Pada PI tipe lama bearing yang digunakan adalah tipe Ball atau yang menggunakan Pelor berbentuk bola. Sedangkan tipe yang lebih baru telah menggunakan Laher Bambu.

Nah, sobat-sobat saya yang ganteng-ganteng dan cantik-cantik. Bagaimana bila terjadi kerusakan pada bearing-bearing tersebut? Jika kerusakan terjadi pada PI keluaran yang lebih baru tidak akan sulit untuk melakukan penggantian karena bearingnya banyak tersedia. Kalau yang tipe lama?

Disinilah saya sejenak berpikir ketika ada PI Minimec lama pelanggan yang mengalami kerusakan pada bearing, bola-bola bearing telah hancur pecah menjadi banyak bagian. Alasannya tak lain adalah susahnya mencari part penggantinya, dan untungnya si pemilik menyerahkan segala keputusan kepada saya, yang penting PI bisa digunakan kembali. Phiuh....

Setelah saya periksa tempat dudukan Cup (Kones) bearing dan mengukurnya. Sepertinya sama persis dengan ukuran PI Minimec yang menggunakan Laher Bambu, untuk bagian tengah bearing pun sama persis sehingga sudah bisa dipastikan akan terpasang pada As/Camshaft dengan presisi.

Setelah mendapatkan bearing pengganti (laher bambu), tak sabar saya memasangnya untuk memastikan kebenaran perhitungan saya. Dan hasilnya adalah... Eng Ing Eng... Benar-benar pas. Keuntungannya adalah, kemudahan dalam mencari part pengganti di masa mendatang.

Mungkin akan diperlukan penambahan atau pengurangan shim agar Camshaft dapat berputar dengan lancar tanpa "kocak/oblak" sama sekali. Tetapi ini bukanlah hal yang sulit karena karena pada PI yang lainpun dibuthkan hal yang sama jika mengalami "oblak" atau seret pada putaran Camshaft.

Sepertinya hanya ini yang dapat saya informasikan pada postingan ini, semoga penjelasan singkat mengenai tips mengganti bearing minimec lama ini bermanfaat. Dan dapat menginspirasi sobat-sobat  untuk lebih berani memikirkan alternatif pengganti saat mengalami kelangkaan part pengganti.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Mengganti bearing Minimec"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel