Cara membuat blog di blogger terbaru

Cara membuat blog di blogger terbaru. Saya mengambil topik ini pada postingan kali ini karena saya ingin berbagi info kepada sobat-sobat kita yang mungkin belum memiliki blog tapi tertarik untuk membuatnya. Beberapa blog sudah banyak yang mengulas tentang hal ini meskipun dengan bahasa-bahasa yang berbeda.

Sebagai informasi pembuka, alangkah baiknya kita mengerti dahulu apa itu blog. Kutipan singkat dari Wikipedia menjelaskan, bahwa Blog atau Web Log adalah bentuk aplikasi web yang berupa tulisan-tulisan (posting) pada sebuah halaman web. Seringkali dimuat dalam urutan dari postingan terbaru dan diikuti postingan yang lebih lama, meskipun tidak selalu demikian. Biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet serta sesuai dengan topik dan tujuan dari pembuat blog.

Sebelum kita membuat blog dengan subdomain blogger/blogspot, kita harus terlebih dahulu memiliki akun gmail, bagi yang belum punya silahkan membuat akun gmail. Jika sudah memiliki kita bisa langsung melanjutkan ke tahap berikutnya.

1. Silahkan masuk ke web blogger.com untuk melakukan pendaftaran (pada menu login), atau bisa juga menggunakan daftar aplikasi google pada tampilan akun gmail sobat. Yaitu pada menu dengan gambar kotak di antara nama akun dan notifikasi google, klik terus pada lingkaran nomer 1 dan 2, hingga sobat temukan aplikasi blogger (lingkaran no 3).

cara membuat blog diblogger
 2. Sobat akan menjumpai jendela layar selamat datang dari blogger, pilih salah satu profil blogger yang akan sobat gunakan. menggunakan blogger saja atau dengan google plus. Saya gunakan google+ pada contoh ini dan akan tampil seperti gambar selanjutnya.


3. Klik Lanjutkan ke blogger, jika semuanya benar maka sobat akan dibawa ke halaman utama akun blogger, pilih menu Blog baru untuk membuat atau mendaftarkan blog sobat.

4. Berikutnya sobat akan melihat tampilan seperti di bawah ini. Pada gambar 1 terdapat 2 kolom dan 1 menu pilihan.
  • Judul : isikan judul blog sobat, usahakan judul tersebut sesuai dengan topik yang akan dibawakan oleh blog nantinya.
  • Alamat : Monggo diisi dengan nama blog sobat. Karena masih menginduk di blogger maka nama blog akan berakhiran .blogspot.com. Jika pilihan nama tidak tersedia akan ada peringatan tanda seru kuning dengan tulisan 'Maaf, alamat blog ini tidak tersedia' (seperti gambar 2). Coba cari nama lain sampai dapat yang tersedia dan pas dengan keinginan sobat.
  • Template : Tampilan atau theme yang akan sobat gunakan pada blog sobat. Pilih yang menurut sobat sesuai dengan isi blog.
  • Terakhir klik Buat blog.

cara membuat blog di blogger terbaru
5. Setelah berhasil membuat blog baru, Judul blog akan tampil pada halaman utama blogger sobat. Perhatikan tulisan "Blog kita" tepat diatas lingkaran paling pertama. Adapun penjelasan dari kedua lingkaran (terdapat pada menu setelan) pada gambar di bawah adalah.
  • Judul : judul blog yang sobat buat tadi, bisa sobat rubah jika kurang berkenan dengan nama yang sudah ada.
  • Deskripsi : Isikan penjelasan singkat (sampai dengan 500 karakter maksimal) yang berkaitan dengan isi blog.
  • Klik Simpan perubahan


Pembuatan Blog telah selesai, tugas selanjutnya adalah membuat artikel sembari mengenal satu persatu menu yang terdapat pada menu utama administrasi blog seperti tombol entry, menu pos, menu laman, menu komentar/google + dan sebagainya.

Sampai disini penjelasan dari saya mengenai cara membuat blog terbaru blogspot. Semoga dapat dipahami dan bermanfaat. Mari ngeblog...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara membuat blog di blogger terbaru"

  1. Are you looking for free Google+ Circles?
    Did you know you can get these AUTOMATICALLY & TOTALLY FOR FREE by registering on Like 4 Like?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel