Cara stel timing Pompa Injeksi Diesel

Banyak cara untuk menambah tenaga mesin diesel, bisa dengan menambah debit minyak, ovesize silinder, setting governor, nosel, klep, mengatur timing pembakaran hingga memasangkan tubocharger pada mesin. Kali ini saya akan membahas tentang bagaimana cara stel timing pompa injeksi diesel yang benar dan tepat.

Kenapa timing pembakaran dirubah/distel?

Pada posisi standar (tanda garis pada pompa injeksi behadapan lurus dengan garis pada mesin). Bahan bakar akan ditembakkan oleh pompa injeksi ke dalam ruang bakar beberapa saat setelah piston melewati TMA. Dan tujuan memajukan timing pembakaran adalah, agar bahan bakar dapat ditembakkan bertepatan dengan piston pada posisi TMA.

Berbahayakah hal ini dilakukan?

Semua ada ukurannya, ketika kita terlalu maju merubah timing pembakaran maka yang terjadi adalah pembakaran dini. Yaitu keadaan dimana bahan bakar terlebih dahulu ditembakkan sebelum piston mencapai titik TMA. Akibatnya adalah mesin menjadi lebih cepat panas (beresiko over heating) dan timbul suara yang kasar pada mesin.

Dampak terburuknya adalah ring piston menjadi lebih cepat aus dan kemungkinan rusaknya kruk as mesin. Sobat jelas tidak menginginkan hal ini terjadi pada mesin sobat kan?

Lalu ketika kita salah merubah arah timing (mundur/terbalik) maka pembakaran menjadi kurang optimal karena banyak bahan bakar yang tidak terbakar dengan sempurna (mentah). Akibatnya adalah mesin menjadi lebih susah dihidupkan dengan asap putih pedas yang keluar dari knalpot.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/cara-stel-timing-pompa-injeksi.html

Arah Penyetelan Timing

Banyak diantara teman-teman saya sesama mekanik (bedanya adalah mereka mekanik mesin) yang masih bingung dengan arah penyetelan timing pembakaran pompa injeksi yang benar. Kemana pompa injeksi atau timer digerakkan?

Saya menilai hal ini sebagai hal yang wajar, karena rata-rata pompa injeksi harus digeser ke arah dalam (mendekati blok mesin) untuk memajukan timing pembakaran. Tapi pada faktanya, tidak semua mesin diesel harus seperti itu. Ada beberapa pompa injeksi yang harus digeser keluar untuk memajukan timing pembakaran.

Lihat kode pada pompa injeksi, jika ada huruf L berarti mesin berputar ke arah kiri (dilihat dari depan pompa injeksi) dan jika hurufnya R maka putarannya adalah ke arah kanan. Untuk beberapa pompa injeksi dengan timer diluar (Hino Ranger contohnya) kita cukup melakukan starter mesin sebentar (sambil ditarik tuas chokenya) untuk melihat arah putaran mesin.

Pada Pompa Injeksi dengan timer gear (di dalam cover mesin) maka untuk memajukan timing pembakaran adalah dengan menggeser body pompa injeksi melawan arah putaran mesin.

Dan pada Pompa Injeksi dengan timer diluar lebih mudah lagi, cukup kendurkan 2 buah baut pengancing pada timer lalu geser timer searah putaran mesin. Body pompa injeksi tidak perlu dirubah kemana-mana ya sob.

Kesimpulannya adalah perhatikan terlebih dahulu kemana arah putaran mesin, sehingga kita dapat menentukan arah yang tepat untuk melakukan penyetelan timing pembakaran pada pompa injeksi. Semoga bermanfaat dan
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

67 Responses to "Cara stel timing Pompa Injeksi Diesel"

  1. Mksh bnget ilmunya sob..kita tgguin post nya lg..tetap smngat buka baut pasang baut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih supportnya sob Harvy...
      tetep semangat mandi solar hehehe...

      Delete
  2. Smoga sob gk ptnh bos3n membagi ilmu pngatahuan nya buat kita yg satu tujuan dn satu impian..

    ReplyDelete
  3. 100%TERPERCAYA TOKO ONLINE RESMI BUKAN PENIPUAN DI DELIMA PONSEL 100% KAMI JAMIN UANGX KAMI KEMBALIKAN APA BILA BARANGX TIDAK SAMPAI DALAN JANGKA 2 HARI ATAU KUNJUNGI WEBSITE RESMI KAMI DI http://delima-ponsel.blogspot.com
    PONSEL:HUB/SMS:0852-4004-4475 PIN BB:5B3C6CE6
    Ready Stock ! Apple iphone 5 32GB Rp.3.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 5S 32GB Rp.4.000.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 6 plus 32gb Rp.5.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S5 Rp.2.500.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S6 32GB Putih Rp.3.700.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy S4 I9500 Putih Rp.2.200.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note 3 PUTIH Rp.3.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Note 4 SM-N910H Gold Rp.3.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A3 A300H 16GB Rp.2.000.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy A5 A500F Silver Rp. 2.500.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E5 E500H Putih Rp.1.700.000
    Ready Stock ! Samsung Galaxy E7 E700H Putih Rp. 1.900.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 4 16GB - Black Rp.1.800.000,-
    Ready Stock ! Apple iPhone 4S 16GB (dari Telkomsel) Rp.2.200.000,-
    Ready Stock ! Samsung Galaxy Grand Prime SM-530H Rp.1.200.000
    Ready Stock ! Asus Zenfone 2 ZE551ML RAM 4GB-64GB Rp.2.700.000,

    ReplyDelete
  4. Numpang tanya nih sob!! Kalau menyetel menambah minyak utk hino dutro 130hd itu memundurkan apa memasukan drat penyetel? Dan penyetel dibagian belakangnya itu fungsinya utk apa? Mohon bantuanya!! Trimakasih

    ReplyDelete
  5. Oke sob... coba bantu ya
    Kalau untuk setel minyaqk gunakan baut 10mm (bagian depan). memundurkan/mengeluarkan untuk menambah debit minyak, sedangkan memasukkan/mengencangkan untuk mengurangi debit minyak.
    Baut setelan di bagian belakang (12mm) fungsinya untuk menyetel vacum turbo. semakin kita majukan maka debit minyak akan lebih banyak yang keluar saat turbo on. Agar debit minyak dan kompresi bisa seimbang.
    Good Luck...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih byk sob atas infonya. Semoga makin sukses.

      Delete
  6. Maaf sob mau tanya lagi tentang ulasan injeksi ford ranger doublecabin tourbo? Mohon dibantu! Trimakasih

    ReplyDelete
  7. Maaf sob mau tanya lagi tentang ulasan injeksi ford ranger doublecabin tourbo? Mohon dibantu! Trimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Injeksi Ford Ranger ya Sob...
      Mudah-mudahan secepatnya bisa terealisasi

      Delete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Sob bagi ilmu tentang penyetelan dan menambah tenaga injeksi pump truk mitsubishi type Fe 111 tahun 81

    Atas bantuan terimakasih
    Salam
    Alif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pompa Injeksi FE hanya memiliki baut setelan RPM yang berada di bagian belakang atas dengan baut pengancing 2pcs ukuran 12mm. Majukan sedikit saja, jika gas terlalu lambat kecilnya kurangi setelannya.
      Dari pengalaman yang sudah-sudah, Gigi timer FE banyak yang pemasangannya sebaiknya diloncatkan/dimajukan 1 mata, karena faktor usia sedikit banyak telah mengurangi tonjolan penekan pada Noken As/Shaft Drive.
      Terakhir adalah kita berikan tambahan O Ring pada tutup batang rek, gunakan kunci 19mm untuk membukanya. Hal ini dilakukan mengingat FE tidak memiliki setelan minyak (Fuel Load Aedjuster).
      Semoga bermanfaat sob...

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Bos..timer gear canter 125 hd bermasalah bisa bunyi gk enak dan deru mesin gk normal ya? Mekanik bilang hrus ganti gear timer..apa bgtu bro?

    ReplyDelete
  12. Bos..timer gear canter 125 hd bermasalah bisa bunyi gk enak dan deru mesin gk normal ya? Mekanik bilang hrus ganti gear timer..apa bgtu bro?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cukup memungkinkan sob, karena gear timer canter memang sering bermasalah. Tapi sebaiknya diperiksa kembali lagi sob, seecond opinion juga penting lho.
      Karena harga gear timer canter bisa dibilang lumayan mahal, makanya saya sarankan untuk memeriksakan kembali dan memastikan apakah permasalahan benar-benar dari ga=ear timernya.
      Semoga berhasil...

      Delete
  13. Sob mau tanya,setelan rpm pada hino dutro sebelah mana ya,trus buat nmbh tenaga muternya kemna,mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelan RPM pada Hino Dutro sama dengan setelan RPM pada Mitsubishi PS maupun Canter. Yaitu di bagian belakang PI, dengan tutup bulat di samping.
      Untuk nambah tenaga diputar ke dalam/ masuk, jangan terlalu banyak mutarnya karena resikonya cukup fatal.
      Good Luck...

      Delete
  14. Bos mau tanya untuk memajukan timing elf engkel 96 ke arah mana ya .didekatkan blok apa dijauhkan.trus irit borosnya diputar kiri apa kanan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya yang paling mudah adalah periksa kode pada pompa injeksi, jika R (Right) berarti pompa injeksi menggunakan putaran ke kanan, jika L (Left) berarti sebaliknya yaitu ke kiri.
      Untuk memajukan timing, geser pompa injeksi ke arah yang berlawanan. Jika R maka PI digeser kearah kiri begitu pula sebaliknya.
      Alangkah lebih mudah lagi jika ada gambar mesin dengan PI (pada mobil) untuk dijadikan contoh yang jelas.

      Delete
    2. Makasih sangat membantu gan.ini keluhan elf saya pada saat stasioner ada getaran keras.ketika di injak gas rpm tinggi gk terjadi masalah langsung lepas gas stasioner juga enak.tp setelah kira2 15 detik stasioner lgsung getar.kira2 apa ya gan.trimksh sbelumnya

      Delete
  15. Tipe Pompa Injeksinya VE/Rotary ya sob?
    Kalau memang benar, coba periksa stanggas (Shaft Sub Assy)... Ada kemungkinan lobang tempat per/spring lever di dalam pompa injeksi aus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bos mau nanya saya punya dutro x pawer kalo pas oper gigi mesin tiba2 mati dan
      susa idup dan gas lambat turun solar campur oli trima kasi pak

      Delete
    2. Saran saya sebaiknya pompa injeksi dibongkar sob, karena sangat memungkinkan bahwa plunger pada PI sobat sudah aus (kena).
      Jangan lupa sekalian noselnya, karena penyebab oli tercampur solar bukan hanya PI tapi juga nosel.
      good luck...

      Delete
  16. Mtrmakasih banyak bos.kemarin tk bawa ke tukang injeksi dibuka tutup atas katanya kerusakan pada rotari /plungernya.terus diakalin di ring pada yang ada pirnya ktanya gubernur.sembuh tp klo agak dikecilin lansung mati.terus klo hidupin juga harus digas.klo tdak digas hidup terus mati.klo ingin normal harus turun bospom.betulkah kira2 gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi sob, tapi jika proses hidupnya harus digas coba periksa setelan debit minyaknya. Mungkin kurang tau terlalu irit.
      Alangkah baiknya jika diperiksa pompa injeksinya secara keseluruhan agar hasilnya bisa lebih memuaskan.

      Delete
  17. Maaf bos... Mau mengomentari sedikit. Setahu saya pengabutan bahan bakar terjadi sebelum TMA. bukan setelah TMA. Mari kita sambil buka buku lagi. Biar tidak ada pembodohan publik...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sob Ahmad Nur Yakin untuk koreksinya...
      ada kesalahan dalam penyampaian saya, akan segera saya perbaiki. Karena sama sekali tidak ada niat pembodohan bagi siapapun apalagi sobat2 saya yang memang ingin bisa minimal tahu.
      Dan mohon maaf untuk setiap pengunjung yang telah membaca artikel ini. Mungkin ada maksud benar yang tidak tepat penyampaiannya. Penulis juga manusia yang tak luput dari salah, sekali lagi mohon dimaklumi dan dimaafkan.

      Delete
  18. Sob.. Bisa ga perjelas cara setting nya dgn gambar, agar tidak kebingungan. Terimakasih sob.

    ReplyDelete
  19. Sob cara menaikkan rpm fuso 220 gimana caranya

    ReplyDelete
  20. Sob cara menaikkan rpm fuso 220 gimana caranya

    ReplyDelete
  21. Sob cara menaikkan rpm fuso 220 gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara menaikkan RPM Fuso 220 kurang lebih sama dengan Colt Diesel PS maupun Canter
      Cek kembai di postingan-postingan saya yang lain.
      Good Luck

      Delete
  22. Sob..cara menyetel timing pembakaran untuk mitsu kuda gimana caranya, apakah meyetelnya mesin dalam posisi hidup / mati ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mitsubshi Kuda sama dengan PI tipe rotary yang lainnya, kendurkan 2 mur pengancing di bagian depan dan baut di plat dudukan di belakang bawah.
      Geser PI ke arah keluar Sob, perhatikan garis pada PI dan Cover mesin. jangan terlalu banyak akan berakibat suara kasar dan cepat panas.
      Good Luck...

      Delete
  23. Mau tanya bos,,,untuk mengiritkan bbm mobil truck mitsubishi 4×2 220ps itu gimana bos,,,? Maturthankyu,,

    ReplyDelete
  24. Boss mau tanya kenapa mobil rino 115 aku gak mau naik gas nya walau di gas.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cek semua jalur minyak, siapa tahu ada penyumbatan. Jangan lupa periksa saringan di bawah nipel in (jalur masuk bahan bakar) karena sering bermasalah (kotor).
      Jika disertai asap putih, kemungkinan besar As dan Camplate sudah aus. Harus diganti

      Delete
  25. Mau tanya gan klo untuk satuan timing injeksi dan mesin toyota dyna 125 ht th 2005 itu berapa ya timer tergeser lupa di topkan dulu anggota main copot aja mohon bantuannya gan Thx

    ReplyDelete
  26. Mau tanya nih sob, utk isuzu elf giga yang baru diganti sensor gas, tp suaranya jd kasar, dan tenaga nya jg agak berkurang,bagaimana cara memasang dan menyetel timing nya ya sob? Mohon petunjuk Donk. Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari cerita sobat, ada kemungkinan timing terlalu maju sob. standarkan terlebh dahulu

      Delete
  27. Bos saya punya canter125 thn2008. Mau tanya mobil saya tarikannya sangat berat saking beratnya tanpa muatan pun gas di injak naiknya lama. sampe yang biasa muat 12ton nanjak naik ini cuma 7ton gak ketanjak. Coba di akali solar semakin boros emang nambah enteng,tapi gak mau ngebul, di coba jalan tetep berat. Kayak nendang solarnya lemah. Tolong infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Canter 125 sering bermasalah pada noselnya sob. Ada kemungkinan terjadi kebuntuan pada lobang pengabut di nosel. cek nosel terlebih dahulu.
      Kemungkinan terakhir adalah kondisi Plunger yang sudah lemah sob.

      Delete
  28. Bagaimana posisi hear PD pompa saat mesin dalam keadaan top

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf sebelumnya, sebenarnya saya masih kurang seberapa paham dengan pertanyaan sob widia, tepat pada kata "hear PD".
      Jika tidak salah, mungkin yang sobat maksudkan adalah "gear pd pompa (injeksi)"
      Jika benar, jawabannya tidak hanya satu...
      untuk yang menggunakan Timing Gear, maka gigi PI akan bertemu dengan gigi penghubung tepat pada tanda pada masing-masing gigi.
      sedangkan yang menggunakan Timing Belt, biasanya ada tanda tersendiri pada COver mesin dan bertemu dengan titik pada gigi PI.
      Pastikan semua titik bertemu (gear PI, gear klep dan gear kruk as.

      Delete
  29. bos untuk menyetil minyk biar irit Hino 260 ti ,yang di putar baut
    10 ,di belakng injeksi
    atau bau 12 yang di depanya ,dan ke arah mana putaranya ,kedalam atau keluar

    ReplyDelete
  30. Bos setil hino 260 ti biar irit minyak ,baut mana yang di putar ada baut 10 ,di blakng injksipam,ada baut 12 di dpan ,dan ke arah mana ,?putar keluar atau kedalam

    ReplyDelete
    Replies
    1. baut 10 nya aja dulu diputar masuk. sementara baut 12 biarkan saja

      Delete
    2. Maaf bos mau nanya gimana cra nya stel hino fm260ti biar tenaga lebih kuat dan irit minyak

      Delete
  31. Bos mo nanya gmna cara stel loader supya irit apa sama dengan mobil

    ReplyDelete
  32. Mau tanya bos.gimana cara pemasangan injeksi pump nisan rg 8.dantanda2 top nya..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa kirim gambar pompa injeksinya?
      plus engine kalau boleh...

      Delete
  33. Sob l300 milik saya habis di putar bospomnya kok jadi ngasep banget dan oli jadi boros dulunya terlalu ngepur bila di gas pada rpm 2500 mesin bergetar sekarang gak bergetar tapi oli boros dan ngasep putih pekat mohon solusinya terima kasih sob..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asep putih bisa karena injeksi/bospom terlalu ngenah (kebalikan dari pur), nosel yang ngencing (kesampingkan faktor ini karena mesin tidak pincang/bergetar) dan bisa juga karena sudah "makan oli" alias ring piston dan liner piston aus.

      Delete
  34. Maaf bos mau nanya gimana cara nya stel hino fm 260ti biar tenaga lebih kuat,dan minyak irit

    ReplyDelete
    Replies
    1. lihat-lihat dulu artikel saya tentang cara mendongkrak tenaga mesin diesel, hampir semua mesin diesel menggunakan cara yang sama. mungkin bentuk dan letak penempatan uang berbeda-beda

      Delete
  35. Cara mngurangi minyak hino RK spaya brtambah irit yg di putar bAUT BRPA YA

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf, bisa kirim gambar pompa injeksinya ke email saya?
      alamatnya kendhou7@gmail.com

      Delete
  36. kijang diesel saya bos kalo jalan menanjak bunyi mesin ngelitik dan asap yang keluar agak kebiru biruan campur hitam, dan tenaga langsung loyo bos. tapi kalo pas jalan datar kok ga ada masalah ya bos, mohon pencerahan, thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar masalah ada pada klep dan noselnya sob.
      Kalau dari pompa injeksi kemungkinannya kecil meskipun bisa saja terjadi

      Delete
  37. Bos mohon dibantu gimana cara geser timing pada dutro 125 ,dan ukuran setelan yang aman

    ReplyDelete
  38. Bang mau tanya ,kalo hino RG di gas pol Rpm tdk naik ,kalo di lepas baru ada naik (telat naik) tdk sesuai dgn pedal gas ,apa penyebab nya bang ,jadi kalo mau nyalib di gas bukan nya maju malah diem kya narik kebelakang ,mohon pencerahan nya bang tetimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara, cek jalur bahan bakar... mulai dari tangki sampai filter solar. Selanjutnya setelan minyak (debit bahan bakar) mungkin terlalu miskin / sedikit

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel