Memasang komponen pada pompa injeksi berbeda

Selamat datang di blog kecil ini sobat blogger, rasanya sudah lama saya tidak membuat postingan mengenai Pompa Injeksi. Pada kesempatan ini saya akan menuliskan tentang Memasang komponen pada pompa injeksi berbeda. Loh...? 

Apa maksudnya?

Begini sob, pompa injeksi yang telah ada dan terpasang pada mesin-mesin saat ini, tidak semuanya benar-benar ready atau tersedia spare partnya. Terkadang harus pesan (indent) terlebih dahulu, itupun bisa sampai berbulan-bulan baru siap dipasang.

Bagaimana jika seumpama keadaan mendesak, misalnya mobil masih dalam masa angsuran dan harus secepatnya beroperasi untuk menghasilkan rupiah. Bagaimana bisa membayar angsuran jika mobil tidak bisa berjalan dengan normal?

Misalkan lagi terjadi pada mesin industri yang tidak mungkin untuk berhenti beroperasi dalam waktu berhari-hari, entah itu mesin produksi ataupun genset pembangkit listrik. Bisa dibayangkan berapa kerugian yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Maka solusi paling mudah adalah melakukan penggantian komponen yang rusak dengan yang sama tipenya, meskipun ukuran mungkin akan berbeda. Selama kita bisa menghitung semua kemungkinan, saya yakin tidak ada yang tidak bisa.

Plunger

Kita perhatikan ukuran silinder, dari panjangnya, bentuknya hingga diameter luarnya. Lalu Helix plunger, ke kanan atau ke kiri arah helix harus benar-benar sama. Hindari menggunakan plunger berdiameter lebih kecil dari aslinya. Baca artikel tentang plunger.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/memasang-pompa-injeksi.html

Saya menggunakan Plunger PS100 Colt Diesel untuk mengganti plunger Toyota Rhino 100 (13B) karena pada dasarnya keduanya memiliki jenis dan ukuran yang sama. Dan beberapa pelanggan telah menggunakan plunger PS120 pada pompa injeksi PS100 mereka, meskipun diameter plunger berbeda (PS120 lebih besar) tapi diameter luar silinder sama persis.
Nosel

Perhatikan lubang masuk bahan bakar pada nosel dengan lubang Pin nosel, jangan sampai salah. Sebisa mungkin untuk menggunakan nosel dengan jumlah lobang penyemprot yang sama, lebih banyak lebih baik. baca juga mengenai Nosel.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/memasang-pompa-injeksi.html

Saya sering menggunakan nosel PS untuk mengganti nosel Rhino (baik yang 13B maupun 14B) karena lobang penyemprot PS lebih banyak (dan harganya pun relatif lebih murah).

Dan beberapa komponen lain seperti penggantian Governor elektrik ke manual, Governor mesin mobil ke mesin industri, Stanggas pada pompa injeksi VE, dan masih banyak lagi komponen lain yang sangat mungkin untuk diganti dengan komponen pompa injeksi lain yang sejenis.

Pada beberapa kasus kita harus melakukan sedikit modifikasi dalam melakukan pemasangan komponen yang bukan asli peruntukannya. contohnya ketika kita harus memotong sedikit as rack pada pemasangan governor genset untuk Pompa Injeksi PS.

Intinya adalah gunakan perhitungan yang matang, agar tidak menimbulkan masalah baru bagi sobat nantinya. Melakukan penggantian dengan komponen persamaan atau yang sejenis merupakan solusi mengatasi kelangkaan komponen pengganti yang asli. Semoga bermanfaat
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

5 Responses to "Memasang komponen pada pompa injeksi berbeda"

  1. Nderek tanglet mas, kalau pompa injeksi coltdiesel fe111 tahun 80 bisa ndak di pasang plunger ps120??

    ReplyDelete
  2. Nderek tanglet mas, kalau pompa injeksi coltdiesel fe111 tahun 80 bisa ndak di pasang plunger ps120??

    ReplyDelete
  3. Solar sdh di pompa sampe full keluar tapi lsng turun lagi apa penyebabnya ya tolong di bantu

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyebabnya bisa bermacam-macam, klep pompa (biasa disebut "mata kucing")yang sudah rusak atau terganjal kotoran, selang yang bocor, ring solar yang sudah kurang bagus, pompa sudah rusak.
      Cari penyebabnya dengan sabar sob, karena masuk angin dan semacamnya terkadang bisa sangat menyita waktu, tenaga dan fikiran.
      Good Luck

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel