Cara mengatasi pompa yang bermasalah

Cara mengatasi pompa yang bermasalah. Diantara sobat-sobat saya pasti ada yang pernah mengalami peristiwa menjengkelkan akibat pompa bahan bakar yang tidak bisa bekerja dengan normal. Mulai dari susahnya menghidupkan mesin di waktu pagi, sampai mesin yang tiba-tiba mati sendiri disaat sedang bekerja.

Tak jarang pula pelanggan mengeluh karena pompa yang tak kunjung berat dan padat, padahal sudah cukup lama memompa dan yang dirasakan hanya ringan terus-menerus seolah-olah hanya memompa angin, bukannya bahan bakar. Bisa dibayangkan dong capeknya, ya capek tangan ya capek hati juga, hehehe...

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/memperbaiki-pompa-bahan-bakar.html

Apa yang terjadi diatas bisa disebabkan oleh 2 hal, masuk angin (keanginan) pada jalur bahan bakar dan feed pump yang memang sudah tidak bisa lagi bekerja dengan baik seperti seharusnya. Tips kali ini adalah cara memperbaikinya tanpa bantuan mekanik yang sesungguhnya alias bisa sobat lakukan sendiri.

Bagaimanakah ciri-ciri unit feed pump yang bagus dan baik?
Bagaimana cara memperbaikinya?
Mudahkah pengerjaannya?

Pompa yang masih baik dapat menghisap bahan bakar dari tangki dengan mudah dan dapat menahan bahan bakar yang telah terhisap tidak turun lagi dan kembali lagi ke tangki. Untuk pengerjaanya saya tidak bisa bilang mudah, tapi saya yakin bahwa hal ini seharusnya dapat dilakukan oleh siapa saja.

Pompa Injeksi In Line

Pada pompa injeksi tipe ini terdapat 2 buah katup/klep (beberapa menggunakan 4 buah) di dalam feed pump. Keluarkan klep (biasa disebut juga "mata kucing") dari feed pump, jika masih tebal bagian bawahnya dan cekungannya masih dalam, ratakan dengan cara diamplas diatas kaca menggunakan amplas halus.

Jangan lupa membersihkan bagian dalam feed pump dari kotoran, pasir/kerikil, pecahan karet atau gram serpihan logam (jika ada) agar tidak mengganggu fungsi pompa. Bersihkan semua bagian dengan solar lalu pasang kembali.

Untuk pengerjaannya menggunakan kunci ringpas 19mm, 24mm serta kunci shock 19mm dan 22mm

Pompa Injeksi Ve / Distributor

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/memperbaiki-pompa-bahan-bakar.html

Pada tipe ini ada beberapa macam bentuk feed pump dan tidak semuanya bisa diperbaiki, contohnya adalah feed pump pada mobil L300 atau Kuda dll. Sedangkan yang bisa diperbaiki beberapa diantaranya adalah.

Toyota Kijang

Feed pump pada mobil ini menggunakan 2 klep yang dibuat menyatu dengan spring dalam satu set (wadah), gunakan kunci 22mm dan 17mm untuk dapat mengeluarkannya. Cuci bersih kedua klep tersebut lu pasang kembali.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/memperbaiki-pompa-bahan-bakar.html

Panther

Lepaskan terlebih dahulu filter air pada feed pump, didalamnya akan terlihat adanya 1 buah klep yang terbuat dari plat tipis berbentuk sedemikian rupa. Lepaskan plat tersebut menggunakan obeng plus (kembang) dan cuci. Jika sudah tidak rata maka ratakan kembali plat tersebut.

Jangan lupa untuk membersihkan lobang jalur masuknya bahan bakar. Akan lebih baik jika menggunakan angin bertekanan (kompressor) lalu cuci bersih semua bagian dan pasang kembali.

Saya rasa cukup sampai disini yang dapat saya sampaikan menegenai cara mengatasi pompa yang bermasalah. Semoga bermanfaat dan
Salam pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara mengatasi pompa yang bermasalah"

  1. mas...kalau lansamnya ngayun.itu knapa ya mas....mobilnya colt diesel ps 100 mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsam ngayun biasanya karena nosel dan klep

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel