Fungsi dan penggunaan jump break untuk blog

Fungsi dan penggunaan jump break untuk blog. Hai sobat-sobat bloggers sekalian, bagaimana kabarnya hari ini? semoga semuanya dalam keadaan sehat wal afiat serta dalam lindungan-Nya. Postingan kali ini akan mengenalkan tentang fitur Jump break pada halaman entry artikel di blogger. Apa sebenarnya fungsi fitur ini serta bagaimana cara mengunakannya.

Sebenarnya postingan kali ini untuk menambahkan kelengkapan sebuah blog, jika pada artikel sebelumnya saya pernah mengulas tentang cara membuat menu navigasi responsive untuk bagian di atas kolom artikel, dan di bawahnya terdapat menu navigasi halaman blog bernomor. Maka fungsi dari jump break akan semakin terasa bagi blog sobat, karena tampilan halaman blog (khususnya homescreen) akan semakin segar dan nyaman di mata.

Masih tetap nyimak kan sob? monggo disruput bentar kopinya biar nggak ngantuk, sambil ngemil juga boleh kok... Tapi jangan tidur dulu ya, lah kalo tidur yang baca siapa coba??? hihihi...

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/mengenai-jump-break-blogger.html
sebelum dipasang jump break
Saya yakin beberapa sobat (khususnya yang masih baru dalam dunia blogging) mungkin mengalami hal seperti ini, keadaan dimana halaman homescreen sobat menampilkan beberapa artikel utuh berurutan dari atas sampai bawah dalam satu halaman tersebut (homescreen). Nggak enak banget kan ngeliatnya???

Coba deh cek homescreen masing-masing, bagi yang artikelnya sudah terpotong sebagian berarti aman, anda boleh tidur, boleh buka artikel yang lain, atau mau lanjutin baca artikel ini juga boleh, pakai banget malah. Yang belum terpotong alias masih utuh artikelnya mari dilanjut bacanya.

Perhatikan gambar dibawah ini

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/mengenai-jump-break-blogger.html

Pada gambar terdapat menu yang saya tandai dengan lingkaran warna merah, itulah yang dinamakan jump break atau yang biasa dikenal juga dengan nama read more. Fungsinya untuk memotong artikel menjadi 2 bagian, dan bagian paling atas (pertama) yang akan tampil pada halaman homescreen blog.

Tidak harus dibagi dua dengan perbandingan 50:50, Sobat bisa menentukan sendiri dimana jump break diletakkan. Setelah paragraf pertama, kedua atau bagian yang lain dari artikel bisa dipasangi jump break, tinggal sobat pilih letaknya, sangat mudah bukan.
Caranya bagaimana?
  • Buka halaman administrator blog sobat
  • Pilih menu Pos dan buka (klik Edit) artikel yang belum dipasangi jump break
  • Tentukan dimana kursor pengetikan diletakkan
  • Jika dirasa sudah pas tempatnya, klik insert jump break
  • Klik Perbarui untuk artikel tersebut, jika artikel yang masih baru dibuat maka klik Publikasikan

Sekarang lihat blog sobat, jika semua dilakukan dengan benar maka artikel yang telah dipotong akan tampak hanya sebagian saja pada halaman homescreen. Dan tidak utuh lagi seperti sebelumnya sehingga artikel berikutnya (dibawahnya) dapat terlihat tanpa harus scrol panjang ke bawah.

Persis seperti gambar berikut ini, antara artikel dengan artikel berikutnya berdekatan (lihat tanda merah yang menandai kedua judul artikel) antara nomer 1 dan nomer 2.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/mengenai-jump-break-blogger.html
setelah dipasang jump break

Sebagai saran sebelum saya menutup topik kali ini, usahakan pada paragraf-paragraf awal mengandung kata-kata yang menjelaskan isi artikel dan menarik minat pembaca untuk meneruskan bacaannya. Untuk lebih jelasnya sobat bisa membaca tentang tips membuat artikel bagi pemula.

Sampai disini penjelasan saya tentang fungsi dan penggunaan jump break untuk blog di blogger, semoga bisa dimengerti dan memberikan manfaat buat sobat-sobat saya yang setia membaca artikel sederhana ini.
Salam pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Fungsi dan penggunaan jump break untuk blog"

  1. Tutorialnya bermanfaat Gan, makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih kembali sob
      inilah blogging yang seharusnya, selalu berusaha membagi hal yang dapat bermanfaat buat sesama hehehe...

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel