Pompa Injeksi Minimec

Ada beberapa pompa injeksi dengan tipe In Line yang diaplikasikan pada traktor atau bajak, contohnya adalah Pompa Injeksi Minimec, lalu ada pompa injeksi traktor kubota yang pernah saya ulas sebelumnya. Dan masih ada beberapa lagi yang lainnya seperti beberapa traktor buatan negeri tirai bambu, China.

Sedangkan yang paling banyak kita dapati adalah pompa injeksi dengan tipe Distributor atau VE. Sebut saja MF, lalu berikutnya ada Jhon Deer, ada lagi 6610, Ford TS 90 New Holland, TS 6000 dan masih banyak lagi lainnya. Tapi kali ini saya ingin membahas sedikit tentang Minimec.


http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/pompa-injeksi-minimec.html
injeksi minimec
Diatas adalah gambar Pompa Injeksi Minimec, bagian-bagian yang saya tandai adalah :
  1. Holder (membukanya menggunakan kunci khusus holder)
  2. Baut L pengikat rumah plunger set
  3. Control Sleeve
  4. Fuel Load Adjuster
  5. Tuas choke
Peletakan Governornya tak seperti pompa injeksi kebanyakan yang berada di bagian belakang dari pompa injeksi. Pada Minimec governor berada pada bagian depan pompa injeksi, hal ini menjadikannya unik (menurut saya), belum lagi bentuk dari governornya sendiri yang menggunakan "bandul" berbentuk seperti roda besi yang berjumlah 4 buah.

http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/pompa-injeksi-minimec.html
injeksi minimec

Bagaimana cara membongkarnya?
Sangat mudah sekali Sob, cukup sediakan kunci 13mm, kunci shock 11mm dan kunci L serta kunci khusus untuk holder.

  • Yang pertama kali kita lakukan adalah melepaskan pompa dan tutup plunger menggunakan kunci ringpas 13mm. Dan semua selang serta baut nipel (jika masih terpasang pada pompa injeksi).
  • Berikutnya yang kita buka adalah rumah plunger set (dengan delivery valve) yang berada di bagian atas pompa injeksi. Gunakan kunci L untuk melepaskan ke 8 bautnya.
  • Lalu gunakan kunci shock 11mm untuk melepaskan 4 baut yang mengikat cover governor pada pompa injeksi. Jangan lupa untuk melepaskan sepi Camshaft sebelum melepaskan cover tersebut.
  • Gunakan kunci khusus untuk melepaskan holdernya, hal ini dikarenakan bentuknya yang sangat berbeda dengan holder pada pompa injeksi lainnya. Pada minimec holdernya menggunakan kontur yang bergerigi, bukan persegi 6 berukuran kunci 19mm, ataupun 22mm.
  • Tinggal sobat lakukan pemeriksaan pada fisik plunger dan delivery valve, jika memang sudah aus, lakukan penggantian agar performa pompa injeksi dapat pulih kembali seperti pemula.
http://kendhou.blogspot.co.id/2015/12/pompa-injeksi-minimec.html
Kunci Holder

Ada satu cerita tentang Minimec, berdasarkan pengalaman seorang teman yang juga seorang mekanik mesin. Dia memiliki traktor 6610, ketika sudah dirasa melemah tenaganya dia berasumsi bahwa pompa injeksi sudah lemah. Dan ternyata benar, karena setelah saya periksa rotor headnya telah aus dan tidak kuat "menendang" bahan bakar pada putaran langsam.

Alih-alih memangkas biaya perbaikan pompa injeksi dan dapat menekan biaya perawatan kedepannya, dia bereksperimen dengan memasang pompa injeksi Minimec (tentu dengan beberapa modifikasi pada gearset untuk timing), sukses alias berhasil.

Tak hanya dapat hidup secara normal, mesinnya bahkan menjadi lebih bertenaga dari sebelumnya ketika masih menggunakan pompa injeksi 6610 bawaannya, operator bajaknya pun mengamininya. Awalnya memang kurang yakin, tetapi setelah mendengar suara mesin yang dihasilkan saya hanya bisa bungkam. Kering dan galak Sob... it's really... WOW...!!!!

Video cara membongkar (Plunger) pompa injeksi ford Minimec dapat sobat lihat lewat link dibawah ini
 
Dari pengalaman ini saya mendapatkan sebuah pelajaran lagi, bahwa banyak hal yang bisa kita hasilkan selama kita mau berimprovisasi dan sedikit "gila". Tak ada yang tak mungkin selama perhitungan kita tepat, keberhasilan pada sesuatu yang baru akan memberikan kepuasan yang lebih besar. Semoga bermanfaat...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Pompa Injeksi Minimec"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel