Cara mengatasi oli mesin tercampur solar

Sobat blogger, saat kita sadar oli mesin kita telah tercampur solar. Pasti akan timbul kekhawatiran yang bermacam-macam akan dampak yang ditimbulkan maupun kerusakan-kerusakan yang memicu tercampurnya bahan bakar ke dalam oli. Saya akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi oli mesin tercampur solar pada artikel ini.

Bagi yang sudah pernah membaca postingan saya terdahulu mengenai tercampurnya solar dan oli mesin pasti sudah paham tentang penyebab-penyebabnya. Silahkan dibaca bagi yang belum tahu, dan silahkan mengulang bila sobat ingin lebih memahaminya. Monggoo...

Langsung kita ke penyebab-penyebab dan cara mengatasinya sob

NOSEL

Paling ringan adalah tekanan yang rendah dan cara menanganinya tinggal diset ulang ke tekanan seharusnya atau standar. Lalu kehilangan tekanan, hal ini bisa terjadi karena nosel memang sudah dalam kondisi terburuknnya (harus diganti) dan bisa juda hanya karena nosel kotor ataupun berkerak. Jika hanya karena faktor kerak atau kotoran masih bisa diakali dengan membersihkannya menggunakan Autosol maupun Brastosol (yang biasa saya pakai), pada gambar dibawah adalah contoh autosol yang saya gunakan.

http://kendhou.blogspot.co.id/2016/01/mengatasi-oli-mesin-tercampur-solar.html

Yang paling berat adalah Nosel memang minta diganti, beberapa kondisi yang mengharuskan penggantian adalah karena nosel cekung (indirect injection), karena retak atau pecah pada ujung body nosel (rata-rata terjadi pada tipe direct injection). Yang terakhir karena nosel sudah benar-benar tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan baik, selalu kencing dan meneteskan bahan bakar mentah.

PLUNGER

Kita harus melihat keadaan plunger terlebih dahulu sebelum memutuskan bagaimana mengatasinya, serta permintaan dari si empunya pastinya. Kenapa harus melihat keadaan plunger terlebih dahulu? Karena ini berkaitan dengan biaya yang harus dikeluarkan oleh si empunya, saya selalu berpikir kalau bisa meringankan kenapa tidak digunakan.

Bila keadaan plunger masih bagus belum aus, kita masih bisa mengakali dengan menambahkan solatip di leher silinder (body) plunger. Pasangkan solatip beberapa putaran, ini berfungsi untuk menutup celah yang ada diantara silinder plunger dengan housing pada pompa injeksi. Bisa juga menggunakan ring tembaga tipis yang memang khusus dibuat untuk silinder plunger tetapi agak susah mendapatkan ring ini.

http://kendhou.blogspot.co.id/2016/01/mengatasi-oli-mesin-tercampur-solar.html

Bila plunger memang sudah aus, satu-satunya jalan harus dilakukan penggantian. Sama halnya dengan plunger yang masih saja mengalami kebocoran solar setelah dilapisi solatip, hal ini bisa dengan mudah diketahui saat dilakukan pengetesan menggunakan testbench, akan terlihat rembesan solar yang mengalir membasahi control sleeve, plunger bahkan spring plunger.

Feed Pump

Jika hanya pistonnya yang aus, cukup menggantinya dengan piston baru atau yang masih bagus, idealnya adalah diganti karena harganya yang masih terjangkau. Jika kerusakan atau keausan sudah sampai pada bagian dalam feed pump maka tidak ada solusi lain kecuali mengganti dengan unit feed pump yang baru.

Beberapa feed pump menggunakan seal pada as pendorong piston, periksa seal tersebut. Jika sudah keras atau malah sudah rusak, ganti dengan yang baru. Saya pernah mengalami hal ini dan kebetulan sekali part penggantinya tidak ada, saya menggunakan seal yang kira-kira sesuai lingkar tengahnya tetapi diameter luar terlalu kecil, maka saya menggunakan plat yang seukuran dan pres pada bagian dalam dengan diameter luar seal. Intinya adalah gunakan akal kita untuk berpikir kreatif.

Seal Shaft Drive

Pada pompa injeksi tipe Ditributor (rotary), hal ini sudah biasa terjadi. Ganti saja dengan yang baru karena seal ini sudah menjadi satu set dengan semua karet packing yang tentu saja akan kita gunakan karena membongkar semua bagian pompa injeksi.

Pada beberapa kasus kerusakan seal diakibatkan oleh bos untuk shaft drive telah aus. paling sering terjadi pada Daihatsu Taft. Bisa diperiksa dengan menggoyang-goyangkan As / Shaft Drive atau menggoyangkan timer jika belum dibongkar dari mesin. Jika ini yang terjadi maka ganti sekaligus bos tersebut (terdapat 2 bos setiap pompa injeksi).

Itulah beberapa cara mengatasi oli mesin tercampur solar yang pastinya disebabkan oleh pompa injeksi dan temannya (nosel). Sedikit kreatifitas bisa sangat membantu dalam melakukan beberapa hal diatas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu sobat-sobat saya sekalian.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

6 Responses to "Cara mengatasi oli mesin tercampur solar"

  1. Trima kasih om info nya..ada masalah terkait hal ini
    Pada mesin perkins genset 6cylinder.
    Sudah diganti seal pada rotor head di fip..tapi masalah belum terselesaikan.
    Start engine normal
    Sewaktu si doi di running buat 8jam kapasitas oli di engine sudah 30lt ++..
    akbatnya oli nampak keluar dari mana2.
    Dan terkadang turbo charger sampai menyala berwarna merah..
    Mohon bantuannya semogq bertambah banyak pahala nya amiiin
    Nuwus sam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bercampurnya solar ke dalam oli bukan karena seal ( O ring ) pada rotor head sob. tetapi karena adanya kebocoran pada seal as PI, dan Nosel yang tidak bisa mengkabutkan bahan bakar.

      Delete
    2. Benar om maksud saya seal di pi bukan di rotor head maaf saya khilaf
      Itu udah d ganti
      Berarti sekarang ini problem cuma di nozzle saja?
      Kemungkinan di komponenen lain apa tidak ada?
      Matursembahnuwun om..

      Delete
    3. Kalau untuk PI jenis rotary (VE) hanya ada dua jalan bagi solar masuk ke oli mesin.
      1. Seal As (Shaft Drive) PI
      2. Nosel kencing (Tidak ngabut)

      Semoga membantu sob...

      Delete
  2. Mau nanya panther pic up 2001
    Mesin rpm naik sendiri kontak sudah di lepas tetap hidup full
    Asap hitam/putih campur oli menyembur di knalpot . 5 manit an kyak gas full habis itu mati sendri . 5 menit saya hidup kan lg mesin normal rpm . saya cek oli mesin kok banyak bertambah dari biasanya 5 ltr skarang 7/8 liter an :(

    ReplyDelete
  3. Mau nanya panther pic up 2001
    Mesin rpm naik sendiri kontak sudah di lepas tetap hidup full
    Asap hitam/putih campur oli menyembur di knalpot . 5 manit an kyak gas full habis itu mati sendri . 5 menit saya hidup kan lg mesin normal rpm . saya cek oli mesin kok banyak bertambah dari biasanya 5 ltr skarang 7/8 liter an :(

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel