Penyebab bahan bakar tidak keluar dari injeksi

Salam semuanya, semoga dalam keadaan sehat dan segar badan dan pikiran. Saya ingin memberikan beberapa informasi tentang penyebab bahan bakar tidak keluar  injeksi. Siapa tahu suatu saat (atau mungkin saat ini sedang) mengalami atau menemui masalah dimana pompa injeksi tidak menyemburkan bahan bakar.

Saat sedang dalam perjalanan mobil tiba-tiba mati secara mendadak, atau setelah dimatikan mesin tidak mau hidup lagi dan beberapa kasus yang lainnya. Setelah diperiksa ternyata bahan bakar tidak keluar dari pompa injeksi sehingga Nosel tidak dapat supplai solar untuk dikabutkan. Disini ada beberapa informasi yang dapat sobat jadikan refrensi saat menemui masalah seperti ini.

Sebelum kita membahas sesuai tipe masing-masing pompa injeksi, ada tips untuk semua jenis pompa injeksi.

Periksa apakah pompa injeksi telah terisi padat oleh bahan bakar. Jika terjadi masuk angin pada jalur bahan bakar maka pompa injeksi akan mengalami kekosongan (khususnya setelah berhenti beberapa lama), sehingga tidak ada bahan bakar untuk ditembakkan oleh plunger atau rotor head.

Cari kemungkinan adanya selang yang bocor (semua selang bahan bakar, sampai selang bertekanan tinggi antara pompa injeksi dengan nosel). Bagi pompa injeksi yang masih menggunakan kawat seling untuk tuas choke, periksa seling dan tuasnya, apakah bisa berfungsi dengan baik saat dikontak dan dimatikan.

Pompa Injeksi Distributor

http://kendhou.blogspot.co.id/2016/01/penyebab-pompa-injeksi-tidak-menembak.html
Pompa Injeksi Distributor

1. Coba sobat periksa Switch Cut-Off Selenoid, yaitu switch yang berfungsi untuk membuka dan menutup jalur minyak dari pompa injeksi ke nosel. Jika mati atau putus maka lakukan penggantian. Jika keadaan mendesak dikarenakan ketiadaan part pengganti, bisa diakali dengan melepas isi didalam switch, tapi segera diganti dengan yang baru atau normal.

2. Rotor Head patah bisa menjadi penyebab tidak keluarnya bahan bakar dari holder PI Distributor. Hal ini terjadi karena adanya kotoran atau gram logam yang mengganggu putaran pada rotor head lalu macet dan hasil akhirnya adalah PATAH. Solusinya hanyalah penggantian pada unit Rotor Head.

3. Stanggas atau Shaft Sub Assy, pada beberapa kasus terjadi kerusakan pada lobang dimana governor spring penghubung antara stanggas dengan tension lever dipasang telah aus atau rusak, sehingga spring terlepas dan tidak dapat menarik tension lever. Solusinya adalah GANTI stanggas...

Pompa Injeksi In Line

1. Macet, bisa terjadi pada beberapa bagian
  • Plunger, jika kemacetan terjadi pada bagian ini, meskipun hanya satu plunger yang macet maka yang lainnya akan otomatis berhenti. Hal ini karena semua plunger terhubung oleh as control rack. Bila macet pada saat posisi mati maka bahan bakar tidak akan bisa keluar dan sebaliknya.
  • As Control Rack, paling sering terjadi bila as tersebut bengkok atau tidak lurus lagi. Keadaan ini membuat as menjadi tidak bisa bergerak maju mundur untuk mengatur debit minyak.
  • Tappet, kemacetan pada tappet hanya akan membuat plunger yang berada pada posisi tappet tidak b isa mengeluarkan bahan bakar. Sedangkan plunger yang tappetnya tidak macet maka plunger tersebut masih bekerja dengan normal dan bisa menembakkan bahan bakar tanpa masalah.
2. Feed pump tidak bekerja juga berpengaruh, karena tidak dapat mensupplai bahan bakar ke dalam pompa injeksi.

3. Tuas choke yang tidak bisa kembali, bisa karena seret atau tidak lancar. Sehingga as control rack tidak dapat menambahkan debit minyak untuk ditendangkan ke arah holder dan nosel.

Itulah beberapa hal yang dapat saya bagikan untuk dapat mengetahui dimana letak permasalahan yang mengakibatkan bahan bakar tidak dapat ditembakkan keluar oleh pompa injeksi. Beberapa membutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk menemukannya.

Satu hal lagi, ada satu penyebab lain yang bisa mengakibatkan bahan bakar tak bisa ditembakkan oleh plunger ataupun rotor head. Yaitu sepi pada As pompa injeksi (Shat Drive maupun Cam Shaft), bisa jadi sepi tersebut rusak bisa juga terlepas karena mur pengancing timer kendur.

Saya berharap apa yang saya sampaikan kali ini dapat memberikan manfaat bagi sobat-sobat saya sekalian. Salam Pintar...


Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Penyebab bahan bakar tidak keluar dari injeksi"

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel