Cara menaikkan RPM Injeksi Rotary

Setelah sekian lama saya tidak mengisi blog ini karena beberapa alasan yang ada, saya akan kembali berbagi dengan sobat-sobat setia sekalian. Diawali dengan informasi mengenai menambah atau menaikkan RPM Injeksi Rotary atau disebut juga Pompa Injeksi VE. Dan mudah-mudahan akan segera menyusul informasi-informasi lain yang dapat saya bagikan selanjutnya, amiin...

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya untuk semua sobat yang tetap setia berkunjung, membaca bahkan melakukan tanya jawab mengenai berbagai informasi yang saya suguhkan dalam artikel-artikel saya.

Saya tergelitik untuk membahas mengenai hal ini karena cukup banyak sobat-sobat kita yang penasaran dengan cara mendongkrak performa mesin diesel khususnya pada bagian Pompa Injeksi tentunya. Maka dari itu untuk artikel kali ini saya akan memberikan informasi awal yaitu tune up PI pada bagian governor (RPM).

Kenapa Pompa injeksi Rotary?

Jawabannya adalah karena pada Pompa Injeksi jenis ini sepertinya akan mengalami kendala dalam pencarian setelan untuk RPMnya, entah itu berupa baut, mur dan semacamnya karena yang akan kita temukan hanyalah setelan debit minyak dan idle gas (stasioner).

Bagaimana cara menambahnya kalau begitu?

Tak usah risau dan tak perlu gusar ya Sob, masih mau terus membaca kan??? hehehe

Pada bagian governor Pompa Injeksi Rotary, terdapat beberapa part yang sudah menjadi satu set governor. Dan ada beberapa diantara bagian-bagian tersebut memerlukan kreatifitas kita sebagai bengkeler untuk merubahnya.

Penampakannya adala seperti pada gambar di bawah ini, dimana a adalah gambar governor yang sudah tersusun dan b adalah gambar governor yang dipisahkan bagian-bagiannya.

http://kendhou.blogspot.co.id/2016/08/cara-menaikkan-RPM-injeksi.html
http://kendhou.blogspot.co.id/2016/08/cara-menaikkan-RPM-injeksi.html

Nomer 1 adalah Housing Governor dimana bagian-bagian yang lain akan ditempatkan, bekerja dengan mengikuti putaran mesin melalui gigi-gigi yang terdapat pada bagian belakang dan berhubungan langsung dengan roda gigi yang terpasang pada shaft drive / as.

Nomer 2 adalah Governor Weight atau bisa dibilang dengan bahasa sederhananya adala "bandul" governor. Yang akan membuka dan menutup sesuai putaran mesin pada housing governor.

Nomer 3 dan 4 adalah Ring (Washer) dan Governor Sleeve. Bekerja dengan mengikuti dorongan dan tarikan Governor Weight saat mesin berputar, mengatur kerja Control Lever yang terhubung dengan Tuas gas dan Metering Sleeve pada Rotor Head.

Sudah tahu dong sekarang, apa saja bagian-bagian yang terdapat pada Governor PI Rotary atau VE.... Kita langsung lanjut ke topik " oprek-oprek kreatif " kita.

Prinsip kerjanya sebenarnya sangatlah sederhana, dimana kita harus bisa membuat governor lebih menekan Control Lever saat putaran mesin semakin tinggi. Solusinya dengan " memainkan " bagian 3 (Ring Sleeve) dan bagian 4 (Governor Sleeve).

Sebagaimana yang saya tuliskan pada paragraf sebelumnya, kita hanya perlu membuat Control Sleeve lebih mendorong Control Lever. Caranya adalah dengan mengganti Ring dengan yang sedikit lebih tebal, jangan terlalu tebal, sedikit saja... OK???

Atau kita berlakukan opsi kedua, yaitu merubah Sleeve pada Governor. Bagaimana merubahnya???

Gunakan Control Sleeve yang lebih panjang dari Sleeve bawaan yang ada pada Governor. Kalau tidak bisa menemukan yang lebih panjang maka kita harus membuatnya lebih panjang, gunakan kreatifitas sobat (mudah bukan?).

Hanya sekian dulu artikel mengenai cara menaikkan RPM Injeksi Rotary satau VE, selamat mencoba dan semoga sukses. Kegagalan hanyalah salah satu proses menuju keberhasilan.
Salam Pintar.....

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Cara menaikkan RPM Injeksi Rotary"

  1. Hello . Want to share your blog with the world? To find people who share the same passions as you? Come join us.
    Register the name of your blog URL, the country
    The activity is only friendly
    Imperative to follow our blog to validate your registration
    We hope that you will know our website from you friends.
    http://world-directory-sweetmelody.blogspot.com/
    Have a great day
    friendly
    Chris
    We follow your blog, please Follow our return
    All entries will receive a corresponding Awards has your blog

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel