Asap putih pada mesin diesel

Apa kabar sobat-sobat saya sekalian? semoga selalu dalam keadaan sehat wal afiat. Saat ini saya ingin berbagi pengalaman dan hal-hal yang saya tahu mengenai beberapa penyebab timbulnya asap putih pada mesin diesel. Karena masih banyak yang menanyakan tentang hal ini, sehingga sobat dapat mendeteksi sendiri sebelum ke bengkel, dan tidak salah mengarahkan kemana mesin diesel sobat harus diperbaiki.

Ada satu hal yang paling mudah untuk membedakan, apakah asap putih ini karena faktor kerusakan pada mesin (engine) atau pada bagian Pompa Injeksi (dan nosel pastinya). Yaitu menggunakan mata kita, jika mata kita terasa begitu pedih/pedas karena asap putih tersebut, hampir bisa dipastikan karena pembakaran bahan bakar yang kurang matang (Pompa Injeksi dan Nosel). Jika tidak terlalu pedih kita bisa mencurigai bagian mesin (Oli yang ikut terbakar di ruang pembakaran).

http://kendhou.blogspot.co.id/2016/09/asap-putih-mesin-diesel.html


Karena saya adalah teknisi / bengkeler Injection Pump, maka saya akan lebih fokus pada penjelasan mengenai berbagai penyebab asap putih pada pompa injeksi serta komponen-komponen yang berhubungan dengan PI. Cusss yok, simak bareng-bareng.

1. Nosel

Jika nosel sudah cukup parah atau bahkan sudah parah tingkat kerusakannya, akan sangat mudah dideteksi. Gejala pincang saat idle sudah pasti, bahkan ketika digas sekalipun. Ini diakibatkan adanya nosel yang tdak dapat mengabutkan bahan bakar dengan sempurna, bisa karena macet sehingga hilang tekanan, terlalu berkerak pada jarum nosel, nosel yang sudah sangat cekung pada permukaannya bisa pula karena adanya retakan atau pecah pada ujung nosel.

Untuk mencari tahu di nosel yang mana kerusakan terjadi, gunakan kunci (17mm atau 19mm) dan kendurkan bergantian selang noselnya saat mesin dalam posisi idle. Jika suara mesin tidak berubah saat selang dikendurkan maka nosel yang itulah yang sangat patut untuk dijadikan tersangka. Buka nosel tersebut lalu eksekusi, hehehe...

2. Pompa Injeksi

Ada cukup banyak yang bisa menjadi penyebab asap putih melalui pompa injeksinya...

A. Top Injeksi

Kemungkinan pemasangan Pompa Injeksi ke mesin yang tidak tepat top bisa mengakibatkan asap putih muncul, jika kurang 1 mata pada gigi timer terkadang masih bisa hidup mesinnya, tetapi sudah bisa dipastikan akan timbul asap putih dengan suara mesin yang basah (kurang kering dan galak). Kembalikan top pada tempatnya.

Bagaimana jika top sudah pas tapi memiliki gejala yang sama?
Beberapa pompa injeksi minta untuk diloncatkan/ dimajukan 1 mata pada pemasangan gigi timernya. Hal ini dikarenakan Noken As PI yang sudah aus, beberapa mekanik menyebutnya "nyelah". Khususnya pada pompa injeksi pada mesin-mesin yang telah berusia tua alias jadul, dari pengalaman yang sering mengalami hal ini adalah mesin Colt Diesel FE keluaran '83 ke bawah.

B. Timing Pembakaran

Beberapa teman-teman mekanik sering mengalami hal ini, asap putih yang disebabkan oleh terbaliknya peyetelan timing pembakaran. Untuk Pompa Injeksi yang menggunakan timer berplat penghubung sebaiknya memeriksa apakah plat piringan penghubung masih bagus atau pecah. Contohnya pada Pompa Injeksi Hino Ranger atau Container Built Up dan yang sejenisnya.

Untuk Pompa Injeksi yang menggunakan Timing Belt, seperti pada Mitsubishi L300, Toyota Hi Ace. Periksa apakah Timing Belt sudah mengendur, jika tidak bisa disetel ulang maka langkah penggantian adalah langkah yang paling tepat untuk dilakukan.

C. Minyak Kurang Lancar

Jika asap putih keluar bersamaan dengan gejala "mbrebet" pada putaran tinggi, sangat mungkin hal ini disebabkan oleh aliran bahan bakar yang tersendat atau kurang lancar. Ada beberapa hal yang harus kita periksa.

Pertama adalah Filter solar, pada beberapa kasus asap putih seperti ini kerap kali disebabkan oleh filter solar yang sudah terlampau kotor. solusinya adalah penggantian spare part, dan jangan lupa untuk membersihkan tangky bahan bakar.

Jika Filter solar bersih atau masih bagus tapi masih mengalami gejala yang sama. Periksa jalur minyak, ada kotoran yang menghambat aliran bahan bakar pada selang, pastikan semua bagian sampai ke tangki sudha benar-benar bersih. Terkadang hal seperti ini disebabkan oleh selang yang sudah lembek sehingga karet selang hancur dan menutup sebagian lobang jalur minyak.

D. Spare Part

Pada pompa injeksi, ada beberapa penyebab terjadinya asap putih. Tergantung tipe dan jenis Pompa Injeksi, karena ada beberapa PI yang memiliki "penyakit" khusus yang jarang dimiliki oleh PI yang lain.

Rino 115, mesin keluaran Toyota ini memiliki "penyakit khas" pada PI nya yang dapat mengakibatkan keluarnya asap putih, dan hal ini selalu diiringi dengan mbrebet dari RPM sedang hingga tinggi. Periksa bagian Camplate dan Shaft Drive, kemungkinan besar sudah aus dan harus diganti. JANGAN SEKALI-KALI MELAKUKAN PENAMBAHAN "DAGING" PADA 2 PART IN!!!

Pompa Injeksi dengan Pneumatic Governor, Mesin dengan pompa injeksi yang menggunakan angin pada governornya ini sangat mudah dikenali jika timbul asap putih dengan suara ngabur (tidak bisa posisi idle/langsam). Buka Diaphragmnya, jika tidak ada kebosoran (sobek ataupun retak) maka periksa kemungkinan adanya kebocoran pada cover diaphragm atau membran.

http://kendhou.blogspot.co.id/2016/09/asap-putih-mesin-diesel.html


E. Kesalahan Pemasangan Selang

Hal ini hanya terjadi pada Pompa Injeksi tipe VE, karena jarak antar selang pada Rotor Head sangatlah dekat dan mudah untuk saling tertukar. Selalu ingat urutan pemasangan selang yang menghubungkan antara PI dengan Nosel. Catat jika perlu, bahkan dalam bentuk gambar untuk mempermudah saat pemasangan.

Bagaimana mungkin bisa tertukar???

Jika hal ini yang sobat tanyakan, sangat mudah menjelaskannya. Ada 4 selang dengan posisi 2 diatas dan 2 di bawah, karena dekatnya jarak maka 2 selang yang diatas bisa dengan mudahnya tertukar bahkan tanpa perlu pemaksaan pada pemasangannya, begitu pula pada kedua selang yang ada di bagian bawah.

3. MESIN

Pada bagian mesin, penyebabnya bisa sangat bervariasi. Bisa dari adanya celah pada penghasil kompresi (Ring Seher/Piston yang sudah aus, blok yang cacat pada boringnya atau bahkan sudah aus), Klep yang bocor kompresinya (Butuh untuk disekir ulang, Sitting klep yang tipis atau bahkan lepas), Sil klep bocor sehingga oli mesin masuk ke ruang bakar dab ikut pada proses pembakaran dan lain-lain.

Tapi saya sangat minta maaf, karena bukan kapasitas saya untuk menjelaskan tentang penyebab-penyebab asap putih pada bagian mesin karena seperti yang saya tuliskan diatas, saya adalah mekanik Pompa Injeksi. Sehingga banyak yang lebih pantas untuk menjelaskan hal tersebut.

Akhirnya, hanya ini yang dapat saya jelaskan dan share ke sobat-sobat tentang beberapa penyebab timbulnya asap putih pada mesin diesel. Jika ada sobat lain yang ingin menambahkan maka saya persilahkan dengan senang hati, karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan saya.

Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

9 Responses to "Asap putih pada mesin diesel"

  1. Permisi gan saya barusan beli cevrolet luv disel. Tapi keluarnya asap sedikit putih. Apakah ini mesinya uda loklok/hancur apa ada hal lain. Mohon penjelasanya master

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cek dulu noselnya sob, tapi kalau asap putih keluar dengan RPM mesin yang tidak bisa kecil (idle) cek membran atau diaphragmnya.

      Delete
  2. Replies
    1. Bengkel saya berlokasi di Tulangbawang, Lampung sob

      Delete
  3. ada ps 100 mas,asapnya putih perih d mata,bunyinya kering,pas lamsam kalau kita gas mati dia mas,tapi kalau kita naikkan rpmnya sedikit ngak mati kalau di gas...kira kira apa ya mas...???

    sudah d coba di stel nahpurnya sampai mentok,asapnya masih putih dan bunyinya terlalu nyaring....

    nozelnya masih baru,dengan tekanan 180 bar saya bikin mas....

    kira kira apalagi masalahnya ya mas...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau suara mesin sudah bisa kering seharusnya tidak ada masalah dengan timing (nah pur), coba periksa bagian kompresi khususnya klep mesin karena saya berasumsi nosel sehat semua. good luck mas...

      Delete
  4. Mas,mau nanya, Ford ranger WL 2011 mesin pincang saat dihidupkan dan asap putih dari knalpot pada posisi low idle, jika digas maka suaranya bagus,asap pun hilang, pada saat kembali ke low idle maka pincang lagi disertai asap putih.mohon pencerahannya,tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemungkinan besar karena nosel yang bermasalah, tapi bisa jga karena ada masalah pada klepnya.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel