Bongkar pasang Pompa Injeksi Trooper

Sobat pasti tahu kan mobil trooper, mobil keluaran chevrolet yang menggunakan mesin dari Isuzu ini pada dasarnya sama dengan Chevrolet LUV. Hanya saja menggunakan Pompa Injeksi tipe VE atau Rotary, sedangkan LUV masih menggunakan tipe IN LINE. Kali ini kita akan sedikit membahas tentang cara bongkar pasang pompa injeksi trooper. Untuk Chevrolet LUV kurang lebih sama meskipun bentuk dan tipe pompa injeksinya berbeda.

http://kendhou.blogspot.co.id/2016/09/pompa-injeksi-trooper.html


Sebenarnya tak berbeda dengan Isuzu Panther 2,3 pada cara-cara bongkar pasang pompa injeksinya, pun pada bongkar pasang noselnya. Karena seperti yang saya tuliskan diatas bahwa pada Trooper telah menggunakan pompa injeksi tipe Rotary atau VE. Tak perlu berpanjang lebar lagi ya Sob, kita langsung ke topik...

Lepaskan semua selang nosel yang terhubung antara pompa injeksi dengan nosel, sekaligus semua yang menghalangi pompa injeksi. Seperti dinamo AC, plat dudukan yang mengikat PI pada blok mesin, selang bahan bakar ( pemasukan dan pembuangan), kabel switch (selenoid). Jangan lupa juga untuk melepaskan seling gas yang terpasang pada tuas gas PI.

Kita lanjutkan ke bagian depan, kita lepaskan semua fan belt yang ada, tanpa tersisa ya Sob. Caranya dengan mengendurkan semua poli yang menggunakan baut setelan, rata-rata menggunakan baut ukuran 14mm. Jika sudah terlepas semua fan belt, kita buka tutup kecil yang menggunakan 4 baut 10mm, sedikit berbeda dengan isuzu panther yang dikunci dengan 2 baut 10mm. Hal ini bertujuan agar kita bisa mengintip gigi timer Pompa Injeksi.

Kita gunakan cermin untuk melihat posisi timer pada topnya, jika pada panther kita hanya melihat 1 gigi timer (timer PI) dan memposisikan topnya menggunakan tanda pada lobang intip sebagai pedoman, di trooper akan tampak berbeda karena ada 2 gigi yang terlihat yaitu gigi timer PI dan gigi penghubung. Hal ini memudahkan kita untuk menentukan posisi top, karena dapat terlihat dengan sangat jelas huruf-huruf penanda yang ada pada kedua gigi beradu.


http://kendhou.blogspot.co.id/2016/09/pompa-injeksi-trooper.html

Jika sudah terlihat dan tepat pada posisi top, lepaskan 2 mur 12mm yang mengikat PI pada Cover mesin lalu cabut Pompa Injeksinya. Lakukan langkah sebaliknya saat pemasangan nanti, mudah bukan??? Selamat mencoba dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Bongkar pasang Pompa Injeksi Trooper"

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel