cara mengatasi baterai laptop rusak

Sobat mungkin pernah menggunakan laptop yang sudah rusak baterainya atau bahkan sedang mengalaminya saat ini, menjengkelkan bukan??? Jangankan sudah rusak, yang masih bisa tapi tak bisa bertahan lama aja udah bikin gregetan kok, hehe... Tapi tenang sob, kali ini saya akan berbagi trik tentang cara mengatasi baterai laptop yang rusak. Tuh kan... Enak tho, mantep tho wkkkkkkkk... (malah jadi mbah surip gini???)

Mungkin solusi yang paling umum digunakan oleh kebanyakan orang adalah menggantinya dengan baterai baru, sudah pasti dong hasilnya tokcer dan jreng. Tapi pada kenyataannya tak selalu semulus dan semudah itu, bisa jadi karena baterai barunya tidak tersedia di daerah kita sehingga harus inden dengan waktu yang cukup lama, bisa jadi juga karena faktor harga baterai baru yang bisa dibilang cukup mengejutkan, atau bahkan karena keduanya benar, hehehe... Gimana nih kalau sudah begini??

Saya teringat akan pengalaman beberapa waktu lalu, ketika seorang saudara baru saja membeli laptop seken dengan harga yang menurut saya cukup murah tapi dengan catatan kalau baterainya sudah tidak bisa digunakan lagi. Dan saudara saya ini meminta tolong untuk dicarikan pengganti baterainya, hunting sana sini kok "ndilalahnya" di beberapa toko komputer kenalan yang saya tanya barangnya kosong alias not ready.

Kalaupun ada harganya pun lumayan tinggi jika dibandingkan harga seken laptop tersebut (menurut teman-teman yang notabene pemilik toko), memang ada yang bisa dibilang masuk akal di kantong tapi sayangnya bukan baterai orisinil melainkan kw. Dan bagaimanapun juga yang namanya kw jarang yang bisa benar-benar memuaskan, betulkan sob??? emangnya mas-mas mau sama cewek kw??? hayoooo

Setelah berpikir sambil nyeruput segelas White Cappuccino, akhirnya keluar ide untuk membongkar baterai laptopnya. Kan sudah soak juga, jadi tidak ada yang perlu dipikirkan lagi, resiko rusak sudah pasti nihil karena memang sudah rusak. benar kan sob??? Singkat cerita baterai sudah terbongkar dan LHOH....!!!!

Isi dalamnya sepertinya tidak asing, sangat mirip dengan baterai yang terdapat pada power bank yang pernah saya bongkar. Tanpa menunggu lama saya membongkar power bank saya yang sudah lama saya miliki. Jreng-jreng.... ternyata benar dugaan saya, sangat mirip dan memiliki output yang sama... 3,7V. Yang berbeda hanyalah kapasitasnya saja, selain itu sama semua.

http://kendhou.blogspot.co.id/2016/12/mengatasi-baterai-laptop-rusak.html
baterai laptop dan power bank

Akhirnya kami memutuskan untuk membeli 3 buah Power Bank dengan kapasitas diatas baterai bawaan laptop dengan harapan dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama. Bisa dilihat pada gambar di bawah bahwa baterai laptop memiliki kapasitas sebesar 1.800 mAh sedangkan baterai power bank berkapasitas 2.600 mAh. Susunannya adalah 3X2 baterai pararel. Maksudnya adalah 3 rangkaian seri dari 2 baterai yang dirangkai pararel.

http://kendhou.blogspot.co.id/2016/12/mengatasi-baterai-laptop-rusak.html
baterai power bank dan laptop

Gunakan solder untuk menyambungkan ketiga rangkaian pararel tersebut. Pastikan hasil solderan benar-benar kuat. Tujuannya agar tidak mengalami hilangnya arus saat digunakan. Lalu Bungkus dengan solasi agar setiap sambungan tidak mudah goyang dan lepas. Langkah terakhir pasang rangkaian baterai ke wadah baterai bawaan laptop yang tadi kita bongkar. Jika semua langkah benar maka hasilnya akan seperti gambar di bawah ini, ini adalah contoh dari laptop saudara yang ganti baterainya.


http://kendhou.blogspot.co.id/2016/12/mengatasi-baterai-laptop-rusak.html
Hasil baterai rubahan

Jika sudah hidup laptonya, coba lakukan pengisian / charging. Jika bisa mengisi dengan benar maka pekerjann telah selesai. Setelah saya hitung-hitung, biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah daripada harus beli baterai laptop yang sudah siap pakai. Hanya sekitar 25% - 30% dari harga baterai jadi. WOWWW...!!!! Bagaimana???

Rasanya cukup sekian artikel mengenai cara mengatasi baterai laptop rusak yang saya bagikan untuk sobat-sobat saya sekalian. Semoga bahasa penulisan saya dapat dipahami dan memberikan manfaat bagi semua yang membacanya. Jangan takut untuk mencoba, karena kegagalan adalah jalan menuju keberhasilan.
Salam Pintar

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "cara mengatasi baterai laptop rusak"

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel