Apa itu setel timing

Mungkin sobat-sobat saya bingung, kenapa artikel ini saya beri judul apa itu setel timing. Karena sebenarnya pada postingan saya kali ini, saya ingin mengiformasikan beberapa hal mengenai penyetelan timing atau lebih dikenal oleh mekanik umum sebagai penyetelan nah pur. Tak lain dan tak bukan karena beberapa kali saya menemui beberapa pelanggan dan kenalan sesama bengkeler yang masih salah menyimpulkan dan bingung dalam hal ini.

Kita langsung ke topik ya Sob...
Dasar pengertian dari setel timing adalah memajukan atau memundurkan waktu (timing) pembakaran, dengan cara merubah waktu penyemprotan bahan bakar pada nosel FIP atau Pompa Injeksi. Pada pembahasan kali ini kita merubah derajat pembakaran pada Pompa Injeksi, akan berbeda jika pada FIP jenis Commonrail. Semoga bisa dipahami sampai disini...

Tujuan dari penyetelan timing adalah untuk memaksimalkan pembakaran pada mesin (ruang bakar), dimana bahan bakar disemprotkan bersamaan dengan terjadinya TMA (Titik Mati Atas) kompresi mesin. Sehingga bahan bakar dapat terbakar dengan sempurna. Hasilnya adalah Efisiensi bahan bakar karena benar-benar terbakar secara maksimal dan pastinya tenaga yang bertambah.

Selama ini banyak pelanggan yang berfikir bahwa setel nah pur adalah untuk memboroskan atau mengiritkan bahan bakar. Maka jawabannya adalah salah, irit ataupun borosnya bahan bakar adalah dampak dari penyetelan timing, bukan tujuan utama. Maksudnya adalah jika penyetelan dilakukan dengan benar maka secara otomatis konsumsi bahan bakar pun menjadi irit karena bahan bakar terbakar dengan sempurna dan menjadi tenaga secara maksimal. Pun sebaliknya...

Sekarang yang jadi pertanyaan adalah, bagaimana cara menyetel timing yang benar???

Yang pertama kali harus kita ketahui adalah kemana arah putaran mesin yang akan kita rubah timing pembakarannya. Karena untuk dapat menentukan arah maju mundurnya timing adalah arah putaran mesin.
Coba kita perhatikan gambar sederhana di bawah ini...

http://kendhou.blogspot.co.id/2017/01/cara-setel-timing.html
Arah timing pembakaran

Tanda panah dengan tepian warna merah adalah arah penggeseran. Ada 2 tanda panah di setiap gambar, tanda panah pada Badan Pompa Injeksi dan tanda panah pada Timer pompa injeksi. Jika mesin berputar ke arah kanan maka kita bisa memajukan timing pembakaran dengan cara menggeser timer searah putaran mesin (kanan) atau menggeser badan pompa injeksi ke arah yang berlawanan (kiri). Begitu juga pada mesin dengan arah putaran mesin ke kiri.

Bagaimana kita bisa tahu arah putaran mesinnya???
Pada Pompa Injeksi terdapat kode yang menunjukkan arah putaran mesin. Jika pada no seri pompa injeksi terdapat huruf R maka putaran mesinnya ke arah kanan, dan jika yang terbaca adalah huruf L maka arah putaran mesinnya adalah kiri.

Bagaimana??? Mudah bukan???
Cukup sekian pembahasan kita mengenai timing pembakaran kali ini, semoga dapat bermanfaat untuk sobat-sobat saya sekalian dan tidak bertanya-tanya lagi, apa itu setel timing??? Karena sobat-sobat saya sudah paham. Sampai jumpa di lain pembahasan dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Apa itu setel timing"

  1. Pak kalau asap hitam tebal sama ada suara krang krang itu terlalu ngepur ya?
    Kalau terlalu ngepur mundurin nya perkiraan ato ada stelan nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. suara "krang" / kering adalah hasil pengepuran (stel timing dimajukan), selama tidak kasar / suara "krak..." dan mesin tidak cepat panas sepertinya masih aman.

      Kebanyakan menggunakan perkiraan karena tergantung keadaan shaftdrive PI, akibatnya tidak semua PI dengan tipe yang sama ukuran nahpurnya juga sama.

      Delete
  2. Gan, ane ada problem sm mesin d4bb alias l300 ginseng...abis overhaul stengah, cyl head baru, klep ga diganti pdhl sdh mulai lancip dan disetel di 0.30mm (warm ato mrsin dlm kondisi anget) semua, timing gear bospom loncat 2 gigi searah jarum jam, bodi bospom atas 90% ngarah ke blok mesin (mnrt ane ini pur ato advance timing)...suara kasar ada bunyi tek tek tek sm ga ad tenaga di tanjakan...bospom sdh overhaul ganti packing set dan dicek semua oke...kondisi nozzle sih msh cukup oke...kira2 apa ya sebabnya kurang banget tenaga di tanjakan...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang jadi pertanyaan saya...
      kenapa timing gear bospom diloncatkan 2 mata?
      dan kenapa masih ditambah dengan settingan timing maju (pur)?

      untuk penyebab suara kasar, cek beberapa kemungkinan dibawah ini:
      - nosel macet
      - bospom terlalu pur (bisa karena gigi terlalu banyak dimajukan
      - regulating valve diketok terlalu dalam
      - klep mesin

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel