Trik kanibal pompa injeksi

Sering kali kita menemui masalah ketiadaan suku cadang ketika hendak mengganti bagian yang rusak. Pusing sudah pasti, bingung apalagi, putus asa... No way dong sob. Karena sebenarnya beberapa part pada pompa injeksi yang berbeda pun bisa kita gunakan lho. Untuk itu saya akan berbagi sedikit tentang trik kanibal pompa injeksi pada postingan ini. Istilahnya lumayan serem ya... hehehe...

Yang paling mudah adalah NOSEL
Karena banyak nosel yang memiliki bentuk yang sama dan bahkan ukuran serta jumlah lobang penyemprot yang sama persis. Semakin banyak lobang penyemprotnya maka hasilnya akan semakin bagus, contohnya adalah menggunakan nosel Colt Diesel PS (5 lobang) untuk nosel Rhino 100 dan Rhino 115 (4 lobang). 

Yang harus jeli adalah saat hendak mengganti nosel berukuran besar seperti Fighter, Hino Ranger dan lainnya. Karena lobang masuk solar pada nosel jenis ini berbeda-beda posisinya, ada yang tepat di tengah, samping kanan/kiri. Patokan awal adalah posisi 2 lobang pin nosel. Bisa kita lihat pada gambar ilustrasi di bawah ini.

http://kendhou.blogspot.co.id/2017/03/trik-pompa-injeksi.html

Dan jika terpaksa, kita juga bisa gunakan nosel diesel genset "engkolan" (1 silinder) untuk mobil tapi biasanya ada konsekuensinya, yaitu suara mesin agak kasar dari biasanya. Harap diingat ya sob, jika "TERPAKSA"...

Bagaimana dengan suku cadang pada Pompa Injeksi itu sendiri???
Banyak kok sob yang bisa kita gunakan, contohnya adalah Noken As, Governor, Valve Holder..... Bahkan Plunger maupun Delivery Valve juga bisa lho dikanibal. Selama bentuk dan ukurannya sama maka saya bisa bilang sangat sangat aman untuk digunakan. 

Meskipun yang sobat perbaiki adalah Pompa Injeksi yang bisa digolongkan dalam jajaran Pompa Injeksi dengan spare part langka sekalipun. Sobat bisa tenang dengan adanya langkah kanibal seperti ini, tak ada yang baru pakai yang second atau bekas pun tak jadi masalah selama masih bagus dan layak digunakan.

Inti pada postingan kali ini adalah...
Selama kita mau berpikir dan pantang menyerah, kita pasti bisa menyelesaikan setiap masalah yang kita hadapi. Bereksperimen itu perlu lho sob, dan dari hal ini pula kita bisa menemukan pengalaman-pengalaman baru yang akan memudahkan kita di masa mendatang. Good luck dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Trik kanibal pompa injeksi"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel