Tune Up Mesin Diesel

Sebenarnya saya sudah pernah memposting artikel yang seperti ini, dengan judul yang berbeda. Berhubung banyak sobat-sobat kita masih bingung dengan beberapa cara tune up mesin diesel, maka saya akan menambahkan sedikit penjelasan mengenai artikel saya yang terdahulu. Semoga bisa memberikan pencerahan dalam pemahaman sobat-sobat saya mengenai hal ini.
http://kendhou.blogspot.co.id/2017/03/tune-up-mesin-diesel.html

Yang pertama adalah cara stel timing atau derajat pembakaran mesin. Sebenarnya bukanlah sebuah hal yang sulit jika kita sudah mengetahui teorinya. Karena pada dasarnya semua mesin diesel menggunakan cara kerja yang sama, hanya putarannya saja yang berbeda. Kita harus tahu terlebih dahulu kemana arah putaran mesin yang akan kita majukan timing pembakarannya, ke arah kiri atau kanan.

Pada kebanyakan Pompa Injeksi, sudah ada kode arah putaran PI pada nomer seri yang terpasang di bodynya. Jika kita perhatikan dengan seksama, akan ada huruf R atau L, dari huruf yang ada kita dapat mengetahui bahwa L menunjukkan bahwa putaran PI adalah kiri (Left) dan sebaliknya R adalah kanan (Right).mudah bukan?

Untuk lebih jelasnya, sobat dapat membuka kembali artikel lama saya yang menerangkan lebih detil tentang penyetelan timing pompa injeksi. Ada resikonya jika sobat menyetting timing terlalu maju, mesin akan lebih cepat panas (over heat) dan timbul suara kasar pada mesin. Semoga ada pencerahan bagi keingin tahuan sobat-sobat sekalian.

Kedua kita dapat mendongkrak tenaga mesin dengan cara menambahkan putaran mesin (RPM), untuk melakukan hal ini terletak pada bagaimana kita menyetel governor pompa injeksi. Karena pompa injeksi memiliki konstruksi governor yang berbeda-beda maka cara settingnya pun tak sama.

Pada intinya kita menambahkan tekanan pada governor sehingga akan menaikkan batas putaran pada mesin. Tetapi ada yang harus sobat ingat, bahwa kita tidak bisa asal-asalan menambahkan tekanan governor karena dapat berakibat fatal pada mesin sobat. Contohnya adalah patahnya kruk as mesin... nggak mau dong kalau sampai kejadian.

Ketiga menambahkan debit minyak, untuk hal ini tak perlu lagi saya jelaskan ya sob. Karena siaapun pasti sudah tahu, jika debit minyak ditambahkan maka tenaga pun akan bertambah. Sekali lagi jangan terlalu banyak, akan ada harga yang dibayar ya sob.

Keempat adalah Nosel, Kita bisa menaikkan tekanan nosel dari angka standar bawaan. Sehingga pembakaran akan lebih matang dan sempurna. Apalagi jika memang nosel pada mesin sobat sudah lama tidak disetel, pasti tekanannya sudah di bawah standar. Ada trik lain untuk nosel lho... pasti mau tahu kan, kira-kira apa ya triknya????

http://kendhou.blogspot.co.id/2017/03/tune-up-mesin-diesel.html

Santai aja sob, pasti saya kasih tahu. Kita bisa gunakan nosel yang setipe tapi dengan lobang pengabut lebih banyak. Sebagai contoh adalah nosel pada Rhino 100 dan 115, serta beberapa tipe panther 2,5 yang memiliki 4 lobang penyemprot. Menggunakan nosel milik Colt Diesel PS yang memiliki 5 lobang pengabut.

Kelima mengganti plunger atau rotor head dengan plunger berdiameter lebih besar, tapi jangan sampai menggunakan yang terlalu besar perbedaan diameternya. 0,5 mm sudah cukup kok untuk menambah tenaga mesin sobat. Jika ukuran diameter plunger aslinya adalah 9 mm, sobat dapat menggunakan plunger dengan diameter 9,5 sebagai penggantinya.

Keenam, perlancar semua jalur udara yang masuk ke ruang bakar. Pastikan filter udara dalam keadaan bagus ya sob. Bersihkan jika kotor, dan ganti dengan yang baru jika memang diperlukan. Jangan lupa untuk memeriksa juga jalur bahan bakar dari tangki sampai pompa injeksi, perlancar selang-selang (ganti bila perlu) dan periksa juga filter solarnya.

Yang terakhir, untuk yang lebih serius lagi dalam tuning up. Bisa mencari spare part kompetisi atau biasa disebut racing. Sobat bisa mencari sendiri informasi mengenai point yang terakhir ini. semoga bermanfaat dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tune Up Mesin Diesel"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel