cara mengatasi rem mobil ngempos

Rem adalah salah satu kelengkapan vital pada sebuah kendaraan, baik itu motor maupun mobil. Keselamatan kita dalam berkendara juga tergantung pada bagus tidaknya keadaan alat penghenti laju ini. Beberapa kendala bisa saja terjadi pada rem, seperti macet, tidak pakem, ngempos bahkan blong. Kali ini saya akan berbagi tips tentang cara mengatasi rem mobil ngempos. Dan hal ini benar-benar pernah saya alami sendiri.

Bagaimanakah rem yang dalam keadaan ngempos?
Rem kendaraan dikatakan ngempos ketika kita harus menginjak lebih dalam dari biasanya untuk dapat menghentikan laju kendaraan, bahkan pada beberapa kasus kita harus "mengocok" pedal rem pada kaki. Dan jika kita tahan injakan kita pada pedal, pedal tersebut akan terus turun perlahan sampai habis, kita harus mengisi kembali tekanan dengan cara mengocok (menginjak berulang-ulang) pedal rem.

Jika kita menemui hal seperti ini pada mobil kita, apa yang harus kita lakukan selain ke bengkel langganan atau dealer?

Perhatikan minyak rem pada tabung. 

Apakah menyusut atau bahkan habis?
Jika benar, berarti ada kebocoran pada sistem kerja rem mobil kita. Kita urutkan satu persatu dimana letak kebocorannya. Coba sobat ingat-ingat kembali apakah knalpot mobil pernah mengeluarkan asap putih yang cukup banyak (ngebul) kemudian hilang kembali...

Jika pernah, maka kebocoran berada pada master rem atas mobil kita. Asap putih timbul karena minyak rem bocor dari sil piston pada master dan masuk ke booster lalu masuk ke ruang bakar melalui booster tersebut. Untuk memastikannya lepas master rem dan periksa as pendorong yang menjadi satu dengan piston. Jika basah (minyak rem) maka bisa dipastikan hal ini adalah penyebab utama rem ngempos.

Ganti sil piston jika dinding dalam master rem masih mulus dan belum cacat, jika hanya sedikit cacat atau ada kerak tipis bisa dibersihkan dan diratakan menggunakan amplas ukuran 1000 (halus). Tetapi jika sudah cukup parah cacatnya maka harus dilakukan penggantian master rem secara lengkap seperangkat.

Perhatikan gambar di bawah ini

http://kendhou.blogspot.co.id/2017/11/cara-memperbaiki-rem-mobil-ngempos.html
Jika tidak pernah mengeluarkan asap putih pada knalpot tetapi minyak rem menyusut, periksa secara menyeluruh selang-selang rem, baut selang, baut pengancing piston, baut pembuangan (untuk bleding) hingga master rem bawah (pada rem tromol/tabung).

Kencangkan semua baut, ganti sil master bawah jika memang terjadi kebocoran atau ganti master rem bawah jika memang diperlukan.

Jika ternyata minyak rem masih banyak di tabung, periksa setelan rem pada rem tromol lalu setel ulang jika memang harus disetel. Jangan lupa untuk memeriksa keadaan kampas rem baik itu yang cakram maupun rem tromol.

Berikut adalah gambar master rem yang telah dibongkar dengan sparepart penggantinya.

http://kendhou.blogspot.co.id/2017/11/cara-memperbaiki-rem-mobil-ngempos.html

http://kendhou.blogspot.co.id/2017/11/cara-memperbaiki-rem-mobil-ngempos.html

Setelah semua pemeriksaan, perbaikan maupun penggantian sudah dilakukan. Pasang kembali master rem, isi minyaknya lalu lakukan bleding (membuang angin). Mintalah bantuan teman untuk hasil yang lebih baik karena langkah ini akan cukup menyulitkan jika dilakukan sendirian. Pastikan sudah tidak ada lagi gelembung angin yang keluar. Taraaaa... sobat sudah bisa melakukan sendiri perbaikan pada master rem mobil sobat.

Ini adalah penjelasan singkat tentang cara mengatasi rem mobil ngempos, saya melakukan hal ini pada mobil Avanza dan saya berhasil tanpa harus mengganti master rem secara komplit (seperti yang dikatakan oleh mekanik sebuah dealer). Hasilnya adalah selain rem mobil saya kembali normal seperti semual, saya juga menghemat uang dalam jumlah yang cukup besar.

Semoga bermanfaat bagi sobat-sobat saya yang melirik atau malah membaca artikel sederhana ini sampai tuntas. Tapi jika sobat ragu dan takut untuk melakukannya sendiri maka akan lebih bijaksana jika sobat menyerahkan pengerjaannya kepada orang-orang yang sudah ahli.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cara mengatasi rem mobil ngempos"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel