Cara kerja nosel mesin diesel

Nosel mesin diesel dan cara kerja

Hai sobat-sobat semuanya, sudah cukup lama saya tidak memposting artikel tentang hal-hal yang berhubungan dengan Pompa Injeksi. Pada postingan kali ini saya akan share tentang nosel dan cara kerja nosel mesin diesel. Untuk melengkapi postingan-postingan saya sebelumnya mengenai hal ini.
Masih inget dong, dengan artikel sebelumnya dimana saya memberikan beberapa penjelasan tentang Nosel. Disitu saya memberitahukan tentang diagnosa kerusakan dan cara penyetelan nosel. Bagi yang belum baca atau mungkin sudah lupa bisa meluncur ke artikel mengenai nosel pada pompa injeksi.
Dari penjelasan pada artikel tersebut, kita bisa tahu bahwa Nosel bisa dibagi menjadi 2 tipe menurut lobang pengabutnya. Single Hole (Satu Lobang) dan Multiple Hole (beberapa/banyak Lobang). Untuk contoh tipe single hole adalah nosel L300, Panther 2,3, Mitsubishi Kuda, Toyotaa Kijang, Ford Ranger dan banyak lagi yang lainnya. Sedangkan untuk tipe multiple hole bisa kita temukan pada Mitsubishi Colt Diesel PS 100/120, Toyota Rhyno, Panther 2,5, dan lain-lain.
Meskipun tipe sesuai lobang pengabut berbeda, tetapi cara kerjanya masih sama. Nosel bekerja dengan tiga langkah. Sebelum penginjeksian, Saat penginjeksian dan setelah penginjeksian. Perhatikan gambar di bawah ya sob...

http://kendhou.blogspot.co.id/2017/12/cara-kerja-nosel-mesin-diesel.html

1. Sebelum Penginjeksian
Ini ada lah tahap awal dimana bahan bakar dengan tekanan tinggi yang dipompa oleh Pompa Injeksi masuk ke dalam nosel melalui jalur minyak (oil passage) sampai ke body nosel dan berakhir sementara di Oil Pool. Siap untuk ditembakkan dalam bentuk kabut ke ruang bakar.

2. Saat Penginjeksian
Dengan semakin tingginya tekanan bahan bakar di dalam oil pool dan melampaui kemampuan Pressure Spring untuk menekan Nosel, maka jarum nosel (nozzle needle) akan terdorong masuk dan membuka jalur pengabutan bahan bakar sehingga terjadilah pembakaran pada mesin (penginjeksian).

3. Setelah Penginjeksian
Pada tahap ini tekanan pada oil pool turun disebabkan berhentinya debit minyak dari pompa injeksi serta telah disemprotkannya bahan bakar, membuat jarum nosel terdorong oleh pressure spring dan menutup kembali jalur pengabutan.
Bahan bakar sisa pembakaran pada oil pool masuk melalui celah antara jarum nosel dan body nosel ke dalam perumahan nosel melumasi semua part didalamnya. Kemudian kembali lagi ke dalam tangki mobil melalui Overflow Pipe.

Begitulah langkah-langkah yang terjadi dalam sistem kerja nosel, dan bila ada kerusakan-kesusakan yang terjadi pada nosel sobat dapat melihat kembali ke artikel mengenai cara mengatasi nosel yang pernah saya posting sebelumnya.
Untuk penjelasan dalam bentuk Video bisa sobat lihat dibawah ini

Semoga postingan kali ini dapat memberikan manfaat bagi sobat-sobat sekalian. dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara kerja nosel mesin diesel"

  1. Nozzle kijang diesel yg single hole apakah bisa memakai nozzle multiple hole, untuk kijang kapsul cocoknya nozzle yg tipe gimana?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel