Menambah tenaga Isuzu Elf

Beberapa postingan terakhir saya lebih sering membahas hal-hal diluar Pompa Injeksi, dan dikarenakan cukup banyak sobat-sobat kita yang menanyakan kepada saya tentang cara menambah tenaga Isuzu Elf baik melalui Email, pesan singkat, WhatsApp hingga BBM. Maka kali ini saya akan membahas tentang cara tuneup pada pompa injeksi Isuzu Elf. Dan saya lebih menitik beratkan pada pompa injeksi jenis In Line karena untuk tipe Distribusi atau VE tak jauh berbeda dengan kendaraan lain dengan tipe PI yang sama.

http://kendhou.blogspot.co.id/2017/12/cara-menambah-tenaga-isuzu-elf.html

Pompa Injeksi tipe ini lazim digunakan pada kendaraan Isuzu dengan mesin NKR 66 dan sejenisnya. Dengan bentuk PI yang berkonfigurasi sebaris untuk plungernya (In Line) seperti pada Colt Diesel dan beberapa mesin lainnya.

Oke Sob...
yuuuk kita chussss ke TKP

Hal yang pertama kali dilakukan dan sama persis dengan dengan PI pada mesin lainnya yaitu Stel Timing. Saya katakan sama karena kita hanya perlu menggeser posisi PI untuk memajukan derajat pembakarannya. Karena kode pada PI adalah L berarti putarannya adalah kiri, dan dari bentuk dan menghadapnya PI maka untuk memajukan timingnya maka PI kita geser ke arah dalam sehingga garis pada body PI berada diatas garis pada Cover. Gunakan kunci 14mm dan 17mm untuk mengendurkan baut yang mengancingkan PI dengan Covernya.

Selanjutnya adalah menambah debit minyak pompa injeksi, baut setelannya berada di samping ( bukan di atas seperti umumnya PI ) berupa baut 10mm. Cara menambahkannya dengan memutarnya mundur, jika ingin mengurangi kita majukan baut 10mm tersebut. Selalu perhatikan asap yang keluar dari knalpot untuk mengukur setelan yang sesuai.

http://kendhou.blogspot.co.id/2017/12/cara-menambah-tenaga-isuzu-elf.html

Jangan lupa untuk mengatur ulang tekanan Nosel, pastikan pengabutan pada nosel normal dan bagus.  Angka tekanan yang tepat untuk setelan nosel berkisar antara 180 sampai 200 bar. Jika nosel tidak bisa mengabutkan bahan bakar dengan bagus dan menetes (kencing) sebaiknya nosel diganti agar hasil bisa lebih memuaskan.

Langkah terakhir adalah menyetel RPM pada pompa injeksi dan hal ini selalu berhubungan dengan Governor karena yang kita setel sebenarnya adalah governor tersebut. Bagi beberapa mekanik ( bengkel mesin ) langkah ini cukup membingungkan dan membuat kepala lumayan pusing. Sebabnya adalah tidak ditemukannya baut setelan pada body PI. Perhatikan gambar diatas sob, baut setelan terdapat di dalam tutup aluminium yang saya lingkari. Gunakan paku atau kawat jari-jari yang sudah dibentuk sedemikian rupa untuk bisa membuka tutup tersebut. Penampakan dalamnya seperti gambar di bawah ini.


Gunakan plat atau buatlah kunci khusus untuk mengendurkan mur kancing yang di samping. Lalu putar baut setelan didalamnya ( dengan obeng plus/+ ) untuk menyetel RPMnya. Putar ke dalam untuk menambahkan dan sebaliknya untuk mengurangi.

Sekian artikel mengenai cara menambah tenaga Isuzu Elf yang dapat saya tuliskan. Semoga dapat bermanfaat bagi sobat-sobat sekalian. Terus belajar dan berbagi dan...
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

14 Responses to "Menambah tenaga Isuzu Elf"

  1. kalau stelan rpm canter Gmana mas??

    ReplyDelete
  2. Di dalam sob, persis dengan Colt Diesel PS 100/120.
    Coba "keliling-keliling" dulu di blog saya. sepertinya saya pernah membahas tentang ini kok.
    Salam kenal BTW

    ReplyDelete
  3. Isuzu elf nkr 71 punyaq th 2009, kl di pakai nanjak tenaga loyo bnget.. Di gas tenaga lsg ngedrop.. Gmn cara ngatasinya y.. Mkasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Periksa terlebih dahulu jalur bahan bakar sob (mulai dari tangki, selang dan filter solar). Jangan lupa periksakan noselnya ke bengkel pompa injeksi.
      Jika dirasa masih kurang bisa disetel pompa injeksinya, bagian RPM, timing dan debit minyaknya.
      Good luck

      Delete
  4. Ms, elf sya thn 2009, gejala nya solar telat.. selang sdh diurut, filter sdh ganti masih sering mati kehabisan daya.. apanya ya ms?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa karena feed pump pompa ijeksi sudah lemah sehingga tidak sanggup mencukupi supply bahan bakar yang dibutuhkan. Coba dilangsungkan terlebih dahulu tanpa filter dan priming pump (pompa manual), tapi jangan terlalu lama...

      Delete
  5. Tanya mas,elf sya thn 2012 Tp blm macan msih baut roda 5,setelan angin pda injeksi itukan didalamnya ad semacam karet untuk memompa apa menghisap sya kurang paham,pas sya buka itu robek mas,jd sya mau menggantinya Tp gx tau namanya ap,trus udah sya Tya beberapa toko ktanya gx ad jualannya.jd mau tanya dan sekedar tau aj karet apakah namanya itu..

    ReplyDelete
  6. Mau tanya pak punya saya dumo truk isuzu elf th 2010, sudah ganti nozel baru dan disetel sm mekanik timing,rpm,dll Tp tenaga masih loyo. Apa penyebabnya ,mungkin bospom sdh terlalu tua ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bospom tua atau muda bukan penyebab hilangnya tenaga, tapi keadaan bospom yang mempengaruhi. Beberapa hal yang berpengaruh pada tenaga adalah...
      Bospom : Timing, debit minyak, regulating valve (bospom tipe VE/rotary), setelan governor/RPM (bospom tipe inline), nosel
      Mesin : Klep, turbo (jika menggunakan turbo)
      Sebagai catatan, mesin dan bospom harus dalam keadaan sehat karena jika ada part yang lemah atau rusak maka langkah-langkah penyetelan tetap tidak dapat memberikan hasil yang maksimal.

      Delete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel