cara menggunakan transmisi matic

Bagi yang terbiasa menggunakan transmisi manual pasti akan mengalami kebingungan (meski sedikit) ketika harus menggunakan mobil dengan transmisi matic, seperti saya tempo dulu hehehe. Karena sangat berbeda dengan mobil manual dengan tiga pedal di bawah (gas, rem dan kopling) serta alur gerak tuas perseneling yang sedemikian rupa. Sedang pada mobil matic hanya ada dua pedal (gas dan rem) serta alur gerak tuas hanya ke depan dan belakang. Lalu bagaimana cara menggunakan transmisi matic pada mobil?
Tenang sob, akan saya jelaskan bagaimana caranya pada artikel tutorial kali ini. Dan untuk tutorial ini saya menggunakan mobil Jazz tipe S sebagai bahan penjelasan, sama dengan artikel terdahulu saya tentang cara mengganti lampu indikator transmisi. Masih inget dong??
Secara garis besar semua kendaraan (mobil) matic sama penggunaannya. Perbedaannya terdapat pada lokasi tombol pelepas / pemindah dan alur gerak tuas transmisi.
http://kendhou.blogspot.co.id/2018/01/cara-menggunakan-transmisi-matic.html
Sebenarnya pada mobil matic pun masih menggunakan gigi 1,2,3 dan seterusnya seperti pada mobil manual, tetapi perpindahan gigi akan bekerja secara otomatis sesuai putaran mesin.
Sebelum kita menjalankan mobil matic kita, alangkah baiknya terlebih dahulu kita mengenali arti dan fungsi dari beberapa indikator dan bagian pada tuas transmisi. Perhatikan gambar di bawah ini...

http://kendhou.blogspot.co.id/2018/01/cara-menggunakan-transmisi-matic.html
1. Indikator P Ini adalah posisi gigi netral tetapi mobil tidak akan bisa didorong maju maupun mundur. P artinya adalah Parking.
Posisi ini biasa digunakan untuk berhenti total ataupun parkir karena mobil tidak akan bergerak maju ataupun mundur.

2. Indikator R
artinya adalah Reverse atau mundur. Sudah paham dong dengan maksud dan fungsinya?

3. Indikator N
artinya adalah Neutral atau biasa kita sebut netral. Biasa digunakan untuk keadaan berhenti sejenak seperti ketika berada di lampu merah atau kemacetan biasa ( bukan macet total ya )

4. Indikator D
Artinya adalah Drive. Bisa diartikan mengemudi atau berjalan / menjalankan yang digunakan untuk menjalankan mobil.
Posisi ini adalah posisi yang bisa digunakan untuk semua keadaan perjalanan baik itu pelan, santai atau kencang/mengebut karena D menggunakan semua gigi pada gearbox mobil matic.

5. Indikator D3
Posisi tuas yang tepat untuk berakselerasi seperti ketika hendak membalap atau ingin mengebut dan di daerah pegunungan. Hampir mirip fungsinya dengan indikator S (Sport) pada transmisi matic yang lainnya, bedanya adalah pada D3 dibatasi hanya sampai di gigi 3 pada gearbox. Jangan lupa perhatikan selalu RPM meter agar tidak terjadi overheat pada mesin.

6. Indikator 2 dan 1
Digunakan untuk menghadapi medan jalan yang semakin berat, seperti tanjakan dan turunan yang semakin curam / terjal. seolah-olah menggunakan gigi rendah (2 dan 1) pada mesin transmisi non matic. Gunakan sesuai kebutuhan ya sob...

7. Tombol pelepas / pemindah
Ini adalah bagian dari tuas transmisi yang kita pergunakan ketika hendak memasukkan gigi transmisi ( P, R , D atau lainnya).

Setelah mengetahui arti dan fungsi dari semua indikator tuas transmisi. Sekarang kita langsung mempraktekkan bagaimana cara menggunakan transmisi matic mobil kita.
Pertama-tama hidupkan mobil sobat, lalu injak pedal rem. Karena tombol pelepas/pemindah pada tuas tidak akan bekerja jika pedal rem tidak ditekan.

Masukkan ke transmisi yang diinginkan ( D untuk maju atau R untuk mundur), angkat pedal rem secara perlahan maka mobil akan bergerak kemudian injak gas. Lalu bagaimana dengan kaki kiri?
Pada mobil matic kaki kiri tidak digunakan karena tidak ada pedal kopling. Catatan...: Jangan pergunakan kaki kiri, karena gaya injak berbeda dengan kaki kanan. Jika menggunakan kaki kiri untuk mengerem, tak perlu kaget jika pengereman tidak bisa terasa halus.

Bagaimana... Sudah bisa kan menjalankan mobil matic? Ternyata sangat mudah jika kita sudah memahami semuanya, sobat pun bisa membantu atau mengajari saudara, pasangan, teman atau siapa saja dengan mudah setelah ini.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat video di bawah ini

Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "cara menggunakan transmisi matic"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel