9 Keuntungan menjadi blogger



9 Keuntungan menjadi blogger
Blogger adalah sebutan bagi orang yang mengerjakan atau melakukan aktifitas blogging. Kita sama-sama tahu bahwa ada begitu banyak blogger di dunia ini, dan tak semua blogger membuat blog dengan niat, tujuan dan maksud yang sama. Bahkan niat pun lama-lama bisa berubah dari niatan awal ketika memulai blogging, contohnya saya hehehe… Tapi sebenarnya ada 9 keuntungan menjadi blogger menurut versi saya, ini menurut versi saya lho sob Karena saya yakin blogger-blogger yang lain memiliki pendapat sesuai sudut pandang masing-masing, apalagi mereka yang sudah terlebih dahulu berkecimpung di dunia blogging alias para master…

Kenapa pada paragraph diatas saya menyinggung tentang niat yang berubah di tengah perjalanan blogging? Alasannya akan sobat ketahui sendiri setelah mengikuti artikel ini.

Karena topik kita kali ini adalah tentang keuntungan menjadi blogger, maka akan saya beritahukan langsung 9 keuntungan menjadi blogger (Sekali lagi… versi saya ya sob).

http://kendhou.blogspot.co.id/2018/01/keuntungan-menjadi-blogger.html
menjadi blogger

1. Semakin Mahir Menulis
Hal ini bukanlah hal yang mengada-ada karena aktifitas blogging adalah menulis. Namanya juga membuat sebuah konten berbentuk artikel (tulisan).  Karena faktanya adalah blogging tidak bisa lepas dari aktifitas tulis menulis meskipun itu hanya sebuah blog jual beli online, karena disitupun kita masih harus menulis tentang apa yang kita jual, lengkap dengan harga dan deskripsi dari jualan kita.

Apa benar situs / blog jual beli bisa mengasah kemampuan menulis?
Coba kita bandingkan beberapa situs atau blog jual beli online, beberapa bahasa yang dituliskan memiliki daya tarik tersendiri.  Hal ini adalah bukti bahwa penulisan dalam mempromosikan suatu dagangan tidak bisa dikerjakan dengan asal-asalan yang walhasil membuat pengunjung malas untuk mengetahui lebih lanjut apa yang ditawarkan.

Semakin banyak konten yang kita posting, secara otomatis kemampuan menulis kita semakin meningkat tanpa perlu kita sadari. Blogging melatih kita untuk menjadi penulis yang lebih baik lagi seiring waktu yang berjalan.

2. Memberikan Manfaat Bagi Orang Lain
Kita sadari ataupun tidak, apa yang kita tuangkan dalam setiap postingan telah memberikan manfaat bagi pembacanya. Dan kata “manfaat” ini bisa berarti banyak hal. Ketika seorang pengunjung memang membutuhkan sebuah solusi dari permasalahan yang sedang dihadapi, salah satu artikel kita membahas tentang hal yang sedang dicarinya.

Memberikan edukasi bagi pembaca yang merupakan seseorang yang selalu “haus” segala sesuatu yang baru atau belum diketahuinya.  Apalagi jika sedari awal kita membuat sebuah blog bertujuan untuk berbagi ilmu dan pengetahuan kita kepada orang lain. Niat untuk dapat menularkan pengalaman-pengalaman kita karena berbagi itu memang sangatlah indah.

Bahkan sebuah blog yang berisi cerpen atau cerita-cerita fiktif pun dapat memberikan manfaat bagi pembacanya. Membuat orang lain bisa terhibur, senang dengan cerita yang dibacanya dan banyak lagi perasaan yang terbawa oleh kisah yang mengalir dalam sebuah artikel.

3. Menjadi Lebih Pintar
Dengan menjadi seorang blogger, kita selalu mencoba agar setiap postingan yang kita unggah memiliki bobot dan dapat menyampaikan maksud dari uneg-uneg, idea tau apapun yang kita tulis ke dalam benak pembaca. Menjadi lebih baik dan lebih baik lagi ketika menerbitkan artikel-artikel terbaru adalah tujuan utamanya.

Dan semua hal itu, membuat kita untuk mencari referensi dari semua sumber yang ada. Terus menggali pengetahuan agar dapat menjadikan bahan yang hendak kita tulis menjadi lebih berisi. Bahkan mungkin pada hal-hal yang sebelumnya kita tak tahu pun akhirnya menjadi tahu ketika sedang mencari rujukan artikel.

Bukankah hal ini menjadikan kita lebih pintar???
Satu hal lagi yang selalu saya yakini selama ini, bahwa ilmu kita akan terus bertambah seiring kita membagi-bagikan ilmu yang kita miliki. Apalagi jika banyak pertanyaan mengenai hal-hal yang berhubungan dengan apa yang kita sampaikan, bukankah jawaban yang kita berikan membuat pengetahuan kita semakin paham? Belum lagi bila kita harus mencari tahu terlebih dahulu karena kita belum bisa menjawab pertanyaan tersebut.

4. Semakin Dikenal
Jika kita melakukan blogging dengan benar, meskipun tak selalu bisa memberikan konten yang lebih baik. Selama kita secara berkelanjutan manambah artikel-artikel baru di blog kita. Akan semakin bertambah orang yang mengunjungi blog, karena kita selalu membagikan sesuatu hal yang baru yang pastinya banyak orang lain yang membutuhkannya.

Dengan semakin banyaknya pembaca yang mengunjungi blog, secara ototmatis nama blog kita akan semakin diketahui orang yang berarti blog kita semakin dikenal banyak orang. Dengan semakin dikenalnya blog, maka sudah bisa dipastikan kita pun ikut semakin dikenal oleh orang lain, karena ada profil kita di dalam blog tersebut.

5. Semakin Banyak Teman dan Kenalan
Siapapun pasti setuju dengan poin yang ini. Semakin dikenal kita (poin 4)akan semakin banyak orang yang ingin berkenalan dengan kita. Mulai dari yang sekedar ingin tahu tentang kita sampai ke mereka yang memang membutuhkan kita untuk mencari pencerahan tentang hal-hal yang berhubungan dengan topic pada blog kita.

Banyak jalan untuk menambah pertemanan dengan kita, baik itu melewati kolom Tanya jawab din dalam blog, melalui contact person yang kita cantumkan di blog hingga melalui jejaring sosial yang terhubung dengan blog kita atau tidak.

Pun dengan teman-teman baru yang sengaja kita ajak berkenalan ketika kita sedang mencari pengetahuan baru untuk memperkaya ilmu kita dalam blogging. Karena teman adalah hal yang sangat penting dalam segala hal termasuk blogging.

6. Melek Teknologi
Sama pengertiannya dengan bertambah pintar, tetapi ini lebih spesifik karena aktifitas blogging selalu berhubungan dengan teknologi. Proses pembuatan konten hingga posting membutuhkan gadget bisa berupa laptop atau PC, smartphone atau bahkan kedua-duanya dan pastinya jaringan internet (modem). Tak sedikit dari blogger yang sebelum menggeluti dunia blogging tak akrab atau bahkan tak pernah memainkan laptop. Ini dari segi hardware ya sob…

Dari segi lainnya, dengan blogging kita jadi mengenal istilah Edit HTML, mengetahui  bagaimana cara menggunakan script,Css dan lain-lain untuk menjadikan blog lebih bagus lagi, jadi mengerti apa itu Tag Meta dan masih banyak yang lainnya. Sebelum terjun dalam dunia blogging, kita hanya tahu bahwa suatu artikel itu ditulis atau diketik baik menggunakan mesin ketik (nulis surat buat Starla dong, hehehe…) atau menggunakan laptop / PC lalu save dan print. Tak lebih dari itu…. Betul tidak sob???

7. Memiliki Jiwa Pencaritahu

Apa yang ingin diketahui?
Banyak sekali sob… Berkaitan dengan konten, kita selalu mencari hal-hal baru mengenai topik untuk blog kita, pelajari setiap hal dan akhirnya menjadi bahan untuk kita jadikan sebuah artikel yang akan kita posting nantinya. Mencari tahu sumber-sumber lain yang dapat membantu kita untuk memuaskan pengunjung yang bertanya dengan sebuah jawaban yang tepat.

Berkaitan dengan blog itu sendiri… Kita selalu mempelajari berbagai hal tentang bagaimana agar blog kita bisa tetap eksis, kalau bisa mendapatkan peringkat yang bagus di mata mesin pencari maupun pengunjung. Hal ini bukanlah hal yang mudah, karena kita harus tahu bagaimana strategi yang tepat, menggunakan kata kunci yang tepat, menargetkan semuanya dengan benar dan masih banyak hal lainnya yang bisa mendongkrak popularitas blog.

8. Selalu Mengikuti Perkembangan Jaman

Karena aktifitas kita tak jauh dari dunia maya, berkunjung dari satu website ke website lainnya, mampir di blog yang satu pindah lagi ke blog lainnya. Mempelajari berbagai hal terus menerus setiap saat, sehingga kita tak pernah ketinggalan dengan sesuatu yang baru.

Berita biasa hingga Infotainment bisa kita ikuti secara sengaja atau tidak sengaja selama kita menjelajah dunia maya. Algoritma baru yang digunakan google dapat terpantau melalui situs-situs ataupun blog-blog yang membahas tentang hal ini.  Pemberitahuan tentang adanya fitur baru, promosi baru ataupun yang lain-lain dapat kita ketahui secara langsung melalui email yang masuk di kotak masuk email kita.

9. Mendapatkan Penghasilan

Sudah bukan rahasia lagi bagaimana para blogger bisa membuat blognya menjadi lahan mengais pundi-pundi rupiah, dan banyak blogger sukses yang mampu menghasilkan ratusan juta bahkan milyaran per bulan dari blognya… Bayangkan sob, per bulan.

Darimana kita bisa mendapatkan penghasilan dengan blog kita?
Melalui banner iklan yang kita sediakan bagi siapapun yang ingin mempromosikan sesuatu melalui blog kita. Dengan syarat blog kita memang telah memiliki banyak pengunjung sehingga dapat membuat orang lain tertarik untuk beriklan di dalam blog kita.

Melalui layanan Google Adsense, sebuah layanan yang diterbitkan oleh Google bagi blog yang telah memenuhi standard, syarat dan kriteria yang dibuat oleh Google agar dapat menayangkan iklan dari klien-klien yang telah bekerja sama dengan pihak Google.

Banyak pihak yang awalnya meragukan bahkan tidak mempercayai bahwa menjadi blogger bisa menjadi sebuah profesi yang menguntunkan dan berpenghasilan lumayan sampai wah. Nggak perlu minder apalagi putus asa sob, banyak kok blogger Indonesia yang telah berpenghasilan menggiurkan dan mungkin hanya menjadi mimpi kita untuk saat ini. Tapi sebuah keseriusan pasti akan membuahkan hasil yang tak mengecewakan.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk menjadi seorang blogger?
Dan sudahkah sobat tahu alasan kenapa niat saya menjadi berubah? Yupz… Benar sekali, awalnya saya membuat artikel hanya untuk dijadikan dokumentasi agar saya dapat membuka kembali ketika lupa karena artikel di blog tak akan hilang ataupun rusak. Berbeda dengan artikel yang kita tulis dalam buku yang dapat hilang, atau juga rusak karena usia dan lainnya.

Itulah 9 keuntungan menjadi blogger versi saya yang dapat saya beritahukan pada postingan kali ini. Sebenarnya ada banyak menfaat atau keuntungan menjadi blogger, tetapi secara garis besar saya merangkumnya menjadi 9 poin diatas. Semoga bermanfaat dan…
Salam Pintar…

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "9 Keuntungan menjadi blogger"

Post a Comment

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel