Top pompa injeksi strada mitsubishi

Top adalah harga mati bagi sebuah kendaraan, karena jika kita memasang komponen mesin tanpa mengikui aturan top maka mesin tidak akan pernah bisa hidup. Ini adalah sebuah aturan dimana semua komponen bekerja sama dan bertemu di satu titik yang sama untuk menciptakan sebuah pembakaran yang akan membuat mesin dapat berfungsi dengan normal.
http://kendhou.blogspot.co.id/2018/01/top-pompa-injeksi-strada-triton.html

Pada mesin diesel agak sedikit berbeda dengan mesin bensin karena ketiadaan busi sebagai pemantik api. Tetapi secara garis besar masih sama persis, dimana Piston berada pada posisi TMA (Titik Mati Atas) dan Klep benar-benar menutup sehingga kompresi benar-benar padat lalu Pompa Injeksi menendangkan minyak untuk disemprotkan oleh Nosel (Injector) di saat yang sama.

Sebenarnya (Seharusnya), untuk mengetopkan suatu mesin bukanlah hal yang sulit karena biasanya ada tanda-tanda tersendiri pada gigi timing setiap komponen untuk dipertemukan dengan gigi penghubung (tipe timing gear), yang lainnya diluruskan dengan tanda pada cover mesin seperti pada Mitsubishi L300 sebagai contoh (tipe mesin yang menggunakan timing belt).

Kesulitan muncul ketika dihadapkan dengan yang tidak memiliki tanda pada bagian depan gigi, seperti pada pompa injeksi Strada dari Mitsubishi. Beberapa saat yang lalu ada teman seorang mekanik bengkel mesin yang sedang kesulitan saat hendak memasangkan PI ke mesin.
http://kendhou.blogspot.co.id/2018/01/top-pompa-injeksi-strada-triton.html
Canter

Setelah diperhatikan...
Sebenarnya ada COAKAN khusus pada bagian dalam di salah satu mata gigi PI, persis seperti yang ada pada Mitsubishi Colt Diesel PS100/120 maupun Canter. Jadi... pemasangannya pun tak berbeda dengan pemasangan pada Colt Diesel PS atau Canter. Kuncinya adalah Coakan pada gigi tersebut.

Bagaimana memasangnya???
Gigi timing yang digunakan adalah gigi yang bermata miring (bukan lurus), sebelum dimasukkan ke mesin naikkan mata (dengan coakan) satu mata dari tanda panah pada cover PI. Sehingga ketika terpasang akan otomatis bergerak turun (karena bentuk giginya miring) dan berada tepat di depan tanda panah tadi.

Walhasil... Pemasangan pun selesai pada akhirnya, mesin pun dapat hidup dengan normal. Begitulah trik bagaimana cara memasang Pompa Injeksi Strada yang tidak memiliki tanda di bagian depan PI agar sesuai topnya.
Salam Pintar...

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Top pompa injeksi strada mitsubishi"

  1. kalau strada triton top injeksinya apakah sma dengan top kompresi ya mas...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. semua pompa injeksi topnya tidak pernah lepas dari top kompresi, perbedaannya hanya pada derajat timing. derajat timing dari pabrikan adalah setelan standar, kita rubah derajat / nahpurnya untuk menghasilkan pembakaran yang lebih optimal dengan efek suara mesin menjadi kurang halus lagi (kering atau bahkan kasar)/
      Semoga bisa dimengerti bahasa belepotan saya mas, hehehe...

      Delete
  2. kalo strada triton tipe 4M40 berapa derajat timing standarnya brooo?

    ReplyDelete

Terima kasih atas kunjungannya...
Pertanyaan, pendapat,serta saran dan masukan dapat sobat tuliskan pada kolom komentar yang tersedia. Harap menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
Mohon maaf, segala bentuk SPAM dan mengandung unsur SARA akan kami hapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel